Maraknya Pemasaran Interaktif dengan QR Code

Pemasaran Interaktif

Quick-response codes atau QR Code hampir ada di mana-mana sekarang ini. Bahkan di lingkungan terdekat, QR code bisa kita temukan di penjual makanan kaki lima, restoran, toko, hingga gedung perkantoran. Tanpa keluar rumah pun kita masih bisa melihat kode QR dari email, website, dan platform sosial media.

Keberadaan kode QR kini telah memiliki beragam fungsi. Mereka dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti sarana pembayaran tanpa uang fisik, berbagi konten, mendaftar untuk suatu acara, dan juga yang cukup penting saat ini adalah sebagai alat pemasaran interaktif dan efektif.

QR code sangat efektif dan efisien dalam pemasaran dan membuat orang terlibat langsung. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai QR code di era digital saat ini dan pemanfaatan mereka dalam pemasaran interaktif, baca terus artikel ini.

Pemasaran Interaktif

QR Code di Era Digital

QR code merupakan barcode dua dimensi yang menyimpan banyak informasi. QR code bisa memindai lebih cepat. Peralatan yang kita butuhkan hanyalah ponsel pintar yang memungkinkan konektivitas cepat antara kamera dan aplikasi yang sudah terinstal.

Kalau saat ini, QR code lebih populer dipakai untuk proses pembayaran seluler. Di masa pandemi, banyak orang memilih metode pembayaran ini karena dinilai lebih aman dan tanpa kontak. Bahkan saat pandemi sudah berakhir seperti sekarang ini, lebih banyak orang menggunakan kode QR untuk pembayaran karena pengguna dapat melakukan transaksi dengan cepat, tanpa perlu mengeluarkan uang fisik atau kartu.

Namun, fungsi QR code tidak hanya sebatas itu. Salah satu yang cukup populer saat ini adalah pemasaran interaktif dengan QR code. Ada banyak sekali informasi yang bisa kita simpan dalam kode QR. Standarnya, QR code bisa menyimpan hingga 3 KB (kilobyte) data, yaitu setara dengan 4289 karakter. 

Pemanfaatan QR Code dalam Pemasaran Saat Ini

Kini, banyak pelaku bisnis menggunakan kode QR pada kampanye pemasaran mereka. Berikut ini beberapa strategi pemasaran interaktif menggunakan QR code:

Mengarahkan pelanggan ke landing page atau website 

Hanya dengan memindai kode QR, kita dapat mengarahkan calon pelanggan ke halaman website bisnis, tanpa harus terlebih dahulu membuka halaman pencari dan mengetik alamat website. 

Menghubungi nomor bisnis 

Sering kali pengusaha akan menghadiri acara atau jamuan yang melibatkan interaksi dengan banyak orang, misalnya saja pameran produk. Dengan menempatkan kode QR di stan atau booth, pengunjung atau mitra bisnis cukup memindai kode QR dan mereka bisa langsung menerima detail bisnis seperti kontak bisnis kita.

Mengirim pesan

Strategi pemasaran interaktif berikutnya sangat menarik. Pengguna hanya akan menerima pesan setelah memindai QR code. Mengirimkan pesan melalui kode QR sangat menguntungkan misalnya dalam penjualan dan pendaftaran keikutsertaan.

Mengunduh Aplikasi

Kita bisa dengan mudah mengarahkan calon pelanggan untuk mengunduh aplikasi hanya dengan mengarahkan ponsel ke kode QR. Orang juga bisa dengan mudah membagikan atau merekomendasikan aplikasi dengan menggunakan kode QR.

Melihat Lokasi Bisnis

Apabila pengunjung ingin datang ke kantor atau tempat bisnis kita, mereka cukup mengeluarkan ponsel dan memindai kode QR. Cara ini lebih praktis dan spesifik dibandingkan mencari alamat secara manual. 

Mengarahkan ke halaman sosial media

Customer, yang menyukai produk atau jasa kita, bisa mengikuti sosial media kita hanya dalam sekali scan. Kita juga bisa menawarkan diskon atau promo apabila mereka mengikuti sosial media kita.

Belanja dan e-Commerce

Cara paling populer untuk menggunakan QR code pada bisnis adalah untuk diskon dan promo. Dengan memberikan kode unik QR, konsumen dapat menerima menu dan promo-promo apa saja yang sedang tersedia melalui ponselnya.

Mengapa Harus Menggunakan QR Code dalam Pemasaran Bisnis?

Dengan menerapkan strategi-strategi pemasaran interaktif tadi, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Apa saja manfaat QR code dalam pemasaran?

Transaksi lebih cepat

Salah satu teknologi QR code yang paling menonjol adalah sebagai pembayaran. Hanya menggunakan ponsel, pelanggan bisa menyelesaikan pembayaran tanpa perlu memberikan uang fisik, mengeluarkan kartu, atau menunggu kembalian. 

Melacak Progress

Fitur pengumpulan data pada QR code membantu kita mengetahui seberapa berhasil upaya pemasaran yang dilakukan terhadap keuntungan bisnis. Setiap kali kode dipindai, kode tersebut bisa mengenali kapan, di mana, dan dengan perangkat apa kode tersebut di-scan

Memperbaiki kesalahan kapan pun

Kesalahan informasi atau salah ketik sering kali terjadi. Dengan kode QR, kita bisa lebih fleksibel memperbaiki kesalahan tadi secara efisien kapan saja. 

Dapat disesuaikan

Salah satu keuntungan menggunakan kode QR adalah kita bebas menyesuaikan warna dan bentuk logo sesuai kreativitas kita. Hal ini karena kode QR telah menghilangkan ciri monokromatiknya.

Mobile-friendly

Kode QR memiliki desain persegi yang memungkinkannya dipindai secara horizontal dan vertikal, sehingga kompatibel dengan ponsel pintar. 

Mendorong keterlibatan

Kita bisa mengubah iklan bisnis menjadi pengalaman yang interaktif dan mengesankan bagi pengguna. Saat mereka memindai kode, mereka langsung dibawa ke toko, halaman sosial media, atau promo menarik. Hal ini mendorong engagement dengan pelanggan. 

Hemat biaya

Pemasaran digital maupun cetak bisa memakan biaya yang tidak sedikit. Dengan menggunakan QR code, kita bisa mengurangi biaya cetak pemasaran. Misalnya, kode QR Instagram yang bisa mengarahkan pelanggan ke konten di media sosial atau video YouTube bisnis kita.

QR code sebagai media pemasaran interaktif telah banyak membantu pelaku bisnis. Kode QR juga membantu mengukur kampanye pemasaran karena mereka menyediakan data yang tepat dan akurat.  

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick