5 Langkah Meningkatkan Kebugaran Mental dan Fisik

Kebugaran Mental

Kebugaran mental penting bagi kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan. Kondisi mental memengaruhi cara manusia berpikir, bertindak, menentukan pilihan, menjalin hubungan, mengatasi stres, menghadapi tantangan, dan bertahan setelah melalui kesulitan. Memperhatikan kebugaran mental sangat penting dalam menjalani kehidupan.

Dalam hal ini, orang yang memiliki kebugaran mental berarti sehat secara kognitif, emosional, dan sosial. Jika ketiga aspek itu sehat, fisikmu juga akan sehat. Bagaimana bisa? Simak penjelasannya di bawah!

Kebugaran Mental

Keterkaitan Antara Kebugaran Mental dan Fisik

Pribadi yang memiliki kesehatan mental yang baik cenderung memiliki kondisi fisik yang baik, begitu juga sebaliknya. Hal inilah yang menjadi dugaan awal bahwa terdapat keterkaitan antara kesehatan mental dan fisik.

Kebugaran fisik dapat berdampak negatif pada kesehatan mental karena beberapa alasan, termasuk:

  1. Gen yang diturunkan dari keluarga
  2. Kurangnya motivasi karena kondisi fisik atau pengobatan tertentu
  3. Dukungan yang kurang baik sehingga sulit untuk melepaskan diri dari kebiasaan buruk. dan
  4. Tidak mendapatkan akses kesehatan yang memadai.

Selain itu, banyak penelitian yang sudah menunjukkan bahwa kebugaran mental yang baik dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Sementara kesehatan mental yang buruk dapat merangsang munculnya kebiasaan buruk yang bisa memengaruhi kondisi fisik seseorang.

Baca juga: Menghadapi Krisis Kesehatan Global: Varian COVID-19 dan Strategi Vaksinasi Terbaru

5 Langkah Meningkatkan Kebugaran Mental dan Fisik

Setelah mengetahui bahwa kondisi mental dan fisik saling memengaruhi, sudah jelas bahwa menjaga kebugaran keduanya sangat penting. Di bawah ini, kamu bisa belajar cara meningkatkan kebugaran mental dan fisik agar dapat menjalani hidup dengan baik.

  1. Memperhatikan Kesehatan Fisik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kondisi mental dan fisik amat saling berkaitan. Jadi, untuk memperbaiki kondisi mental, latihan fisik juga perlu dilakukan. Apa saja sih, latihan fisik yang perlu dilakukan?

  1. Melakukan Aktivitas Fisik

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan aktivitas fisik dapat meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi kecemasan dan depresi serta meningkatkan kepercayaan diri dan fungsi kognitif.

Kamu hanya perlu menyediakan waktu 30 menit sehari beberapa kali dalam seminggu. Aktivitas fisik yang bisa dilakukan mencakup bersepeda, berjalan, dan berlari.

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang kamu konsumsi dapat memengaruhi kondisi fisik. Makanan yang tinggi gula, lemak jahat, dan garam dapat berdampak buruk pada otak, suasana hati, pola tidur yang bisa membuatmu mudah lelah dan melemahkan sistem imun.

Kurangi mengonsumsi makanan tinggi gula dan garam. Ganti dengan makanan yang tinggi nutrisi dan lemak sehat, seperti sayuran, buah, dan kacang-kacangan. Makanan itu dapat memberi energi lebih tinggi dan memperbaiki pola tidurmu.

  1. Istirahat yang Cukup

Menjalani kehidupan yang sibuk dengan mengurangi waktu tidur adalah kebiasaan manusia yang hidup di era moderen. Kenyataannya, kebiasaan seperti ini dapat memengaruhi suasana hati, energi, dan kemampuan mengatasi stres. Tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam adalah kewajiban. Jika kurang, hal itu akan membawa dampak buruk pada kesehatan dan penampilanmu di kemudian hari.

Baca juga: Mengenal Pemasaran Influencer dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

  1. Belajar Mengelola Stres

Stres adalah hal normal dalam hidup dan kamu perlu belajar untuk mengelolanya dengan baik agar stresmu tidak mengganggu kesehatan jasmanimu. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol stres:

  1. Menuliskan rasa syukur. Kamu bisa menuliskan tiga hal yang patut disyukuri setiap hari dalam buku harian.
  2. Menulis diari. Menulis diari adalah cara sehat untuk mengekspresikan diri dan memahami emosi, pikiran, dan perilaku.
  3. Belajar relaksasi. Relaksasi dapat dilakukan dengan mengikuti kelas yoga, melatih pernapasan, dan relaksasi otot.
  4. Berfokus pada hal positif. Kamu harus ingat bahwa pikiran bukanlah fakta dan kamu bisa menghilangkan pikiran yang mengganggu itu dengan bertanya, “Memang benar begitu?”
  5. Mencoba Hal Baru

Belajar hal baru dapat meningkatkan kebugaran mental dan fisik dengan meningkatkan kepercayaan diri dan membantumu menemukan tujuan hidup. Kamu bisa menemukan kegiatan yang disenangi dan menjadikannya bagian dari hidupmu.

Kamu bisa mengikuti kursus di kampus lokal dan mencoba belajar bahasa baru. Kamu juga bisa mencoba hobi baru yang cukup menantang, seperti melukis atau bermain alat musik.

  1. Fokus pada Masa Kini

Berfokus pada masa kini (mindfulness) dapat menenangkan pikiran dan membentuk gambaran yang lebih realistis. Hal ini termasuk perasaan dan pikiran, sensasi yang dirasakan oleh tubuh dari sentuhan dengan alam atau dunia sekitar. Memfokuskan diri pada saat ini adalah salah satu teknik meditasi yang paling populer dan terbukti dapat mengurangi stres, depresi, dan kecemasan.

  1. Menemukan Tujuan Hidup

Merasa dihargai dan memiliki arti serta tujuan hidup adalah hal penting bagi semua orang. Tujuan hidup dapat memberikan motivasi untuk menghadapi rintangan. Menemukan tujuan hidup akan terasa sulit jika dilakukan tanpa pengalaman. Berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk membantumu menemukan tujuan hidup.

  1. Ikut serta dalam kegiatan yang bermakna bagi orang lain dan diri sendiri, seperti mengikuti workshop, menggambar, atau berkebun.
  2. Menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang untuk menjalin hubungan yang bisa membuatmu tetap berpikir positif.
  3. Melakukan kegiatan sukarelawan sebagai wujud kebaikan untuk memperkaya hidup dan membuatmu lebih bahagia.

Itulah kelima cara meningkatkan kebugaran mental dan fisik guna melatih diri untuk menekan kemungkinan depresi dan stres berlebihan yang bisa mengganggu kehidupan.

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick