7 Solusi Pembayaran Terbaik untuk Bisnis Online Anda

7-Solusi-Pembayaran-Terbaik-untuk-Bisnis-Online-Anda

Transaksi dalam bisnis online belakangan ini memang makin beragam karena adanya perkembangan digital yang sangat pesat. Banyaknya pilihan untuk sistem pembayaran dalam bisnis online bertujuan agar para konsumen dapat menentukan jenis pembayaran yang sesuai dan tepat.

Selain karena kemudahan yang bisa didapatkan oleh konsumen, jenis pembayaran untuk bisnis online yang beragam juga memungkinkan konsumen dalam mendapatkan promo dari jenis pembayaran tertentu. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk memberikan solusi pembayaran untuk bisnis online yang Anda miliki. Simak pembahasan lengkapnya dalam artikel ini.

Transfer ATM

Solusi pembayaran dalam bisnis online yang paling populer adalah Transfer ATM. Mayoritas toko-toko online di Indonesia menjadikan Transfer ATM sebagai salah satu metode pembayaran untuk para konsumennya. Selain sistem pembayarannya yang mudah, Transfer ATM juga dapat dilakukan oleh semua orang, dengan syarat memiliki rekening bank.

Meskipun termasuk ke dalam metode pembayaran yang populer, Transfer ATM ini juga memiliki kekurangan jika memilih pencocokan secara manual. Hal ini dapat dilihat dari pembeli yang harus melakukan konfirmasi kepada penjual bahwa sudah melakukan pengiriman uang.

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan beberapa rekening bank. Oleh karena itu, cobalah untuk menyediakan juga metode Transfer ATM dengan sistem pencocokan secara otomatis.

Kartu Kredit

Kartu Kredit juga termasuk ke dalam salah satu solusi pembayaran untuk bisnis online yang banyak digunakan konsumen. Kelebihan yang dimiliki oleh metode pembayaran ini adalah verifikasi pembayaran secara otomatis yang membuat pesanan lebih cepat diproses oleh penjual. Tidak hanya itu, konsumen juga ditawarkan cicilan untuk pembelian dengan harga yang cukup besar.

Gerai Minimarket

Melakukan pembayaran untuk bisnis online juga dapat dilakukan di gerai minimarket, seperti Alfamart dan Indomaret. Hampir semua marketplace menyediakan metode pembayaran ini karena banyak konsumen yang lebih nyaman menggunakannya, meskipun biaya administrasinya lebih mahal dibandingkan dengan metode pembayaran yang lainnya.

Selain karena memudahkan untuk konsumen yang tidak memiliki rekening bank, gerai minimarket ini juga dapat ditemukan hampir di setiap daerah sehingga lebih mudah untuk menjangkaunya. Akan tetapi, kekurangan lainnya dari metode pembayaran ini adalah konsumen harus datang ke gerai minimarket secara langsung baru kemudian melakukan pembayaran.

Bayar di Tempat

Solusi pembayaran untuk bisnis online yang lainnya adalah Bayar di Tempat atau Cash on Delivery (COD) yang kini banyak diminati oleh para konsumen. Metode pembayaran ini sangat memudahkan konsumen yang tidak memiliki rekening bank dan berjarak jauh dengan gerai minimarket. Akan tetapi, kekurangannya bagi pelaku bisnis adalah Anda dapat menerima uang transaksi hanya saat konsumen mengonfirmasi pesanannya setelah tiba di tangan mereka.

Dompet Digital

Metode pembayaran lainnya yang juga diminati adalah Dompet Digital atau E-wallet. Dompet digital kini sudah menjadi metode pembayaran baik di toko online maupun di toko offline. Selain itu, banyak dompet digital yang menawarkan promo dan diskon jika digunakan sebagai metode pembayaran sehingga banyak digemari konsumen. Meskipun dapat meminimalisir peredaran uang palsu, metode pembayaran ini dinilai berpotensi meningkatkan gaya hidup konsumtif.

Paypal

Paypal juga termasuk ke dalam metode pembayaran yang banyak digunakan oleh konsumen dalam bisnis online, terutama yang berbelanja di e-commerce luar negeri. Jenis pembayaran ini memungkinkan penggunanya terhubung ke kartu kredit pelanggan atau rekening giro.

Sehingga, platform ini memiliki jaringan yang kuat dan dapat melayani transaksi dalam lingkup global. Tidak hanya itu, metode pembayaran ini memiliki sistem keamanan yang baik dan tersedia banyak opsi untuk sumber pendanaan.

Mobile Banking

Solusi pembayaran yang terakhir adalah mobile banking atau yang disingkat dengan m-banking. Dengan bantuan ponsel pintar dan koneksi internet, konsumen sudah bisa melakukan transaksi tanpa perlu mendatangi kantor cabang bank. Metode pembayaran yang satu ini juga dinilai efektif dan juga banyak digunakan oleh konsumen karena kemudahan yang ditawarkannya.

Itulah tujuh solusi pembayaran untuk bisnis online Anda yang dapat dijadikan sebagai referensi ketika akan membuka bisnis. Pertimbangkan terlebih dahulu mengenai kelebihan, kekurangan, dan cara kerjanya agar Anda dan calon konsumen dapat sama-sama mendapatkan keuntungan.

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick