Seperti Apa Tren Pemasaran Digital Terbaru 2024 Ini?

Pemasaran Digital

Berkembangnya teknologi digital telah mengubah banyak hal. Bisnis konvensional berusaha beradaptasi dengan mengubah pola bisnis mereka. Perilaku konsumen pun berubah. Mereka merasa lebih nyaman dengan pelayanan yang cepat dan efisien. Karena itulah, pemasaran digital makin diminati.

Pemasaran Digital

Sekilas Mengenai Pemasaran Digital Terbaru

Pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan platform berbasis digital. Harapannya, strategi pemasaran ini dapat menjangkau target pasar yang lebih luas.

Dengan makin banyaknya penawaran digital, maka konsumen dapat menikmati layanan terpersonalisasi. Transaksi juga dapat berjalan lebih cepat dan efektif. 

Nah, seperti apa tren pemasaran dengan cara ini di tahun 2024? Dengan makin banyaknya pilihan bertransaksi, semoga hal ini makin memakmurkan rakyat. Para pengusaha juga akan makin mendapatkan keuntungan.

10 Tren Pemasaran Digital Terbaru 2024:

Untuk tahun 2024 ini, nikmati sepuluh tren yang akan meramaikan digital marketing terbaru, seperti: 

Metaverse dan Virtual Reality Lanjutan

Metaverse memberikan peluang bagi kita untuk menciptakan ‘keberadaan digital’ (digital presence) serta pengalaman interaktif dengan memanfaatkan teknologi AI. Strategi ini menciptakan personalisasi yang lebih terpoles secara digital.

Konsep virtual reality lanjutan atau yang lebih advanced juga membuka peluang bisnis bagi mereka yang tengah mencari penghasilan tambahan. Contoh: virtual assistant, profesi parttime atau freelance yang tengah dipromosikan di media sosial. 

AI-Powered Personalization

Nikmati teknologi AI (artificial intelligence) yang mulai banyak dipakai untuk memprediksi keputusan bisnis. AI bisa membantumu memperoleh data yang lebih terpersonalisasi dan dengan cakupan luas. 

Integrated AR (Augmented Reality) 

Masih ingat event turnamen “Pokemon GO” di ruang public, seperti museum, yang pernah tren? Strategi pemasaran marketing digital ini masih menjadi tren. Bahkan, banyak yang memanfaatkan strategi ini untuk menjual pesona wisata secara digital, seperti wisata visual bagi yang tidak bisa bepergian jauh, tetapi ingin menikmati pengalaman hampir mirip dengan mereka yang di lokasi.

Privacy-First Marketing

Karena makin banyak perilaku konsumen yang membutuhkan layanan terpersonalisasi, maka privacy~first marketing juga akan menjadi tren 2024 ini. Layanan ini berupa langganan premium bagi mereka yang ingin membeli atau menikmati berbagai fitur khusus tertentu dalam satu platform media sosial atau e~commerce yang tidak bisa dinikmati pelanggan gratisan.

Selain itu, keamanan data juga menjadi isu serius yang lebih ditanggapi pemasar digital agar pelanggan merasa lebih aman dan nyaman.

NFT Marketing

Tren cryptocurrency (pembayaran digital dengan mata uang kripto) dan blockchain telah menciptakan NFT Marketing, platform pemasaran digital yang seakan ‘punya semesta sendiri’. Banyak pebisnis dan pekerja kreatif, seperti musisi, seniman, dan penulis, yang merilis karya mereka dalam format NFT.

Meskipun strategi ini belum menjangkau banyak pasar lokal, keuntungan dari NFT Marketing adalah konten yang lebih terjaga keasliannya dan tidak mudah dicuri maupun diplagiasi orang sembarangan.

Machine Learning untuk Pemahaman Konsumen

Machine Learning banyak digunakan untuk menyaring kumpulan data yang sangat besar demi identifikasi pola serta wawasan pengguna. Dari sini, kamu bisa lebih banyak memahami konsumen, termasuk yang kira~kira mereka butuhkan. 

Visual Search

Untuk bagian ini, pemasaran digital banyak mengandalkan gambar dan konten visual. Makanya, periklanan di media sosial sudah tidak begitu banyak menggunakan caption, apalagi yang panjang~panjang.

 Bahkan, kini video pendek makin diminati. Apa daya, kini daya menyimak dan kesabaran manusia tidak seperti dulu. Kita harus berhasil menarik perhatian target pasar dalam setidaknya tiga detik pertama. Konten video pendek menjadi caranya.

Keamanan dan Keaslian Konten

Pemasaran digital juga semakin memperhatikan keamanan dan keaslian konten. Terlebih lagi, dunia maya sangat rentan dengan penipuan dan pembobolan data~data penting. Makanya, verifikasi sebelum transaksi sangat penting. Jangan sampai kita mudah tertipu saat bertransaksi secara digital.

Banyak cara mengecek plagiasi konten, seperti Google Search. Bila menemukan konten yang mirip namun terbukti milik orang lain, maka tuntutan hukum dapat dilakukan. Bahkan, konten visual kini banyak yang memakai semacam ‘digital watermark’. Misalnya: menambahkan nama kreator secara samar di atas karya visual mereka.   

Pembayaran Digital Inovatif

Kehadiran dompet digital atau aplikasi fintech (financial technology) juga makin diminati. Tidak hanya untuk urusan menjual dan membeli barang, bertransaksi antar perusahaan pun sudah dengan pembayaran digital. Pembayaran digital inovatif juga membantu memperlancar transaksi hingga nyaris tanpa batas, seperti transaksi antar negara. 

Nachat dan Audio Interaction

Ibarat pasar tradisional, toko digital makin diminati bila pembeli dapat bercakap~cakap dulu dengan penual lewat fitur chat. Fitur audio interaction juga dapat jadi pilihan strategi pemasaran digital. Misalnya: banyak yang memanfaatkan fitur X Space (dulu Twitter Space) untuk mempromosikan produk mereka sebelum produk tersebut launching untuk dijual.

Nah, inilah sepuluh (10) tren pemasaran digital terbaru yang akan meramaikan 2024 ini. Sebenarnya, masih banyak pilihan lain untuk strategi pemasaran dengan pendekatan ini. Yang mana yang menurutmu paling menjanjikan?

Seperti biasa, jangan lupa lakukan cek dan ricek saat hendak bertransaksi secara digital. Ingat, bahaya berupa penipuan mudah mengintai di dunia maya. Waspadalah!

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick