Bagaimana Visualisasi Data Menjadikan Berita Lebih Informatif

Visualisasi Data

Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan selalu terpapar oleh berita. Berita merupakan salah satu sumber informasi yang berisi data atau fakta yang aktual dan terkini. Berita tersebut bisa disajikan melalui media cetak, media elektronik, dan juga media online. Agar memudahkan audiens mengikuti beragam berita terkini, penerapan visualisasi data sudah tak asing lagi digunakan oleh berbagai media.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini berita tak hanya disajikan dalam bentuk teks dan angka saja. Bila kita telaah lagi, tujuan dari adanya berita adalah menyampaikan informasi yang objektif kepada publik agar memperoleh pemahaman yang baik mengenai suatu isu tertentu.

Untuk memudahkan audiens dalam memahami informasi, jurnalis akan menyampaikan berita dalam metode visualisasi data. Terkadang, berita yang disampaikan dalam bentuk teks akan lebih sulit dipahami dibandingkan dengan penggunaan visual seperti infografis. 

Lantas, bagaimana metode visualisasi data dapat menjadikan berita lebih informatif? Yuk, simak artikel di bawah ini untuk ulasan lengkapnya!

Visualisasi Data

Apa itu Visualisasi Data?

Dikutip dari laman IBM, visualisasi data adalah representasi data melalui penggunaan grafis, seperti diagram, infografis, dan bahkan animasi. Dengan kata lain, visualisasi data merupakan metode yang mengubah informasi yang kompleks menjadi gambaran visual agar lebih mudah dipahami oleh audiensnya.

Metode ini merupakan salah satu cara terbaik dalam penyajian berita agar lebih menarik dan memudahkan audiens dalam memahami konteks berita yang ingin disampaikan. Pernyataan tersebut berdasarkan oleh penelitian yang menunjukkan bahwa 80% orang lebih mudah memahami sesuatu yang dilihat, sedangkan 20% orang memahami sesuatu melalui tulisan.

Meskipun terkesan lebih mudah, penerapan metode ini harus diikuti dengan data yang sesuai fakta serta penjelasan lengkap mengenai konteks yang ingin disampaikan. Dengan demikian, berita yang akan disampaikan menjadi lebih informatif dan mendalam.

Jenis Visualisasi Data pada Berita

Ada beberapa jenis visualisasi data yang umumnya ada pada sebuah berita. Setiap jenisnya memiliki tujuan dan kelebihannya masing-masing dalam menyajikan suatu data. Apa sajakah visualisasi data  yang umum digunakan dalam penyampaian berita? Berikut ini informasinya.

1. Grafik

Grafik merupakan salah satu cara penyajian data yang sangat sering dijumpai ketika melihat berita. Baik berita di media cetak, televisi, maupun di media online. Grafik digunakan untuk menyajikan data numerik, variable tertentu, atau untuk menunjukkan perubahan data dalam suatu periode tertentu.

Grafik dapat berupa grafik batang, grafik lingkarang, grafik garis, dan masih banyak lagi.

2. Geospasial

Geospasial merupakan salah satu metode visualisasi data untuk menunjukkan lokasi dan persebaran dalam bentuk peta. Umumnya, visualisasi data dalam bentuk geospasial ini merupakan wujud asli dari suatu benda atau area yang memiliki data untuk disajikan. 

Visualisasi data geospasial dapat digunakan untuk menyajikan data seperti lokasi bencana, persebaran penyakit, curah hujan, dan lain sebagainya.

3. Infografis

Infografis merupakan kombinasi antara gambar, teks, dan juga grafik untuk menyajikan informasi atau berita secara komprehensif. Infografis merupakan salah satu metode visualisasi data yang terbilang efektif untuk menyajikan data yang lengkap dan kompleks.

Manfaat Visualisasi Data pada Berita

Ketika melihat berita di media elektronik seperti di TV atau melalui media online, kita akan lebih mudah memahami konteks dari berita tersebut apabila disertai dengan visual, bukan? Maka, metode ini kerap digunakan karena dianggap dapat menyampaikan informasi dengan efektif. 

Penggunaan metode visualisasi data pada berita memiliki beberapa manfaat, yaitu:

1. Berita menjadi lebih mudah dipahami

Manfaat pertama yang paling signifikan saat menyajikan berita dengan menggunakan visualisasi data adalah mempermudah audiens dalam memahami konteks berita.

Hal ini dikarenakan visualisasi data menyorot informasi penting di dalam berita, sehingga lebih sederhana saat disajikan. Maka tak heran apabila audiens lebih mudah mencerna berita yang disajikan dengan menerapkan metode visualisasi data.

2. Menarik perhatian pembaca

Berita yang disajikan dengan visualisasi data akan lebih menarik untuk disimak oleh pembaca. Hal ini disebabkan karena berita yang dilengkapi dengan elemen grafis akan terlihat lebih menarik, seperti menambahkan gambar yang relevan atau infografis.

3. Memberi informasi dengan lebih cepat

Salah satu manfaat visualisasi data adalah menyorot informasi penting pada berita. Nah, apabila berita tidak menerapkan metode visualisasi data, maka audiens akan lebih lama dalam menyerap informasi yang disampaikan, sebab mereka harus memperhatikan dengan seksama mengenai konteks berita tersebut.

Namun apabila berita disajikan dengan visualisasi data, maka audiens pun akan lebih cepat menerima indormasi dan cenderung lebih mengingat informasi yang disajikan dalam bentuk visual. 

Kesimpulan

Akhir kata, dapat disimpulkan bahwa visualisasi data pada berita yaitu informasi berita yang disajikan dalam bentuk grafis. Dalam penerapannya, ada berbagai jenis visualisasi data yang umum digunakan dalam tayangan berita, seperti grafik, geospasial, dan juga infografis.Penggunaan metode visualisasi data dalam tayangan berita memiliki banyak manfaat bagi audiens untuk dapat memahami konteks berita dengan lebih efisien.

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick