Pengaruh Ekonomi Digital dalam Bisnis dan Ekonomi Global

Ekonomi Digital

Perkembangan teknologi dapat dirasakan pada berbagai aspek, ekonomi digital salah satunya. Selain berdampak pada pertumbuhan suatu negara, ekonomi ini juga memengaruhi ekonomi global. Di sini ada penjelasan lengkapnya.

Mengenal Ekonomi Digital

Ekonomi digital adalah jenis ekonomi yang segala aktivitas terjadi secara online. Teknologi yang membantu dalam menggerakkan ekonomi ini, yaitu WiFi, 5G, AI, Internet of Things (IoT), quantum computing, blockchain dan augmented serta virtual reality. Menurut World Bank, jenis ekonomi ini berkontribusi sebesar 15% pada Produk Domestik Bruto (PDB) dunia.

Manfaat Ekonomi Digital pada Bisnis

Ekonomi Digital

Beberapa manfaat yang diberikan jenis ekonomi ini terhadap bisnis:

Mengurangi Biaya

Perusahaan dapat menekan biaya operasi dan sewa dengan bantuan teknologi digital. Operasi bisnis dapat dilakukan secara online, contohnya dengan membuka toko online dengan produk sendiri atau dropshipping.

Tidak adanya gedung atau kantor membuat perusahaan tak harus mengeluarkan biaya sewa gedung, perawatan, transportasi sampai fasilitas. Karyawan perusahaan dapat melakukan pekerjaan mereka di mana saja.

Fleksibilitas Pekerja

Tidak jarang perusahaan kehilangan calon pekerja penuh potensial karena masalah tempat kerja. Ditambah juga terbatasnya sumber daya manusia jika hanya terpaku pada satu tempat saja. Ekonomi digital memberikan fleksibilitas untuk pekerja dan perusahaan.

Dalam hal ini, perusahaan dapat menemukan pekerja berkualitas dari berbagai tempat karena jangkauan yang luas. Pekerja pun dapat memilih untuk bekerja secara daring apabila jarak tempat tinggal mereka terlalu jauh. 

Meningkatkan Produktivitas

Dari segi produktivitas, teknologi digital dapat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah. Aplikasi manajemen pekerjaan memudahkan pembagian pekerjaan dan menentukan tenggat waktu untuk karyawan. Otomatisasi melancarkan pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual sehingga meningkatkan produktivitas.

Contoh lain dapat dilihat pada chatbot. Perusahaan dapat memanfaatkan chatbot untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar yang sering ditanyakan oleh konsumen. Nantinya, pertanyaan yang lebih kompleks customer service manusia yang profesional.

Memudahkan Pengumpulan Data

Banyak data yang dibutuhkan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Data-datanya melingkupi data efisiensi pekerjaan, perilaku pelanggan, perubahan pasar sampai tren terbaru.

Semakin banyaknya pelanggan dan meluasnya jangkauan bisnis, data yang dikumpulkan semakin banyak. Agar tidak kewalahan, semua data itu dapat dikumpulkan dan dianalisis dengan mudah oleh teknologi analisis data.

Pengaruh Ekonomi Digital dalam Bisnis dan Ekonomi Global

Ekonomi Digital

Dalam praktiknya, ekonomi digital memberikan pengaruh pada bisnis dan ekonomi global. Apa saja itu?

Memperluas Lapangan Pekerjaan

Dulu, seseorang mencari pekerjaan di mana mereka tinggal. Belum banyak fasilitas yang memungkinkan mereka untuk mencari pekerjaan di tempat lain. Hal ini dapat meningkatkan angka pengangguran karena lapangan pekerjaan yang terbatas. Belum lagi sulitnya menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan latar belakang.

Dengan transformasi digital, seseorang bisa menemukan pekerjaan dengan lebih luas. Sekarang sudah tersedia platform pencarian kerja di penjuru dunia. Mereka tidak lagi terkekang dengan daerah karena bisa mencari pekerjaan hingga keluar negeri.

Pekerjanya pun tak harus pindah karena ada sistem WFH (Work From Home) dan Work From Anywhere). Sistem kerja ini memungkinkan seseorang bekerja dari rumah atau tempat lain secara online. Bahkan sebuah perusahaan bisa saja beroperasi tanpa kantor fisik bila memanfaatkan sistem kerja ini.

Memudahkan Perluasan Koneksi

Bisnis kecil layaknya startup lebih sulit mendapatkan koneksi dibandingkan bisnis-bisnis besar. Padahal koneksi sangat penting untuk mengembangkan bisnis mereka. Karena itu, ekonomi digital sangat penting untuk startup.

Jika startup berhasil mengenalkan bisnis mereka ke jaringan yang pasar dan jaringan yang lebih luas, mereka bisa menarik perhatian investor. Startup juga dapat berkesempatan untuk menemukan pemasok, partner hingga klien.

Menambah Akses Bisnis

Bisnis lokal sering kali terhambat pertumbuhannya karena hanya bergelut di daerah tertentu saja. Tidak hanya merugikan bisnis, akses terbatas juga menyulitkan konsumen untuk menemukan produk. Sebagai contoh, saat produk hanya tersedia di beberapa negara saja.

Digitalisasi pada ekonomi akan membantu bisnis untuk menjangkau konsumen dalam skala global. Bisnis dapat menemukan pasar dan pelanggan baru yang mendorong pertumbuhan ekonomi.

Perusahaan dapat menggunakan ecommerce, seperti Amazon, Shopee, WooCommerce dan Shopify, untuk menunjukkan produk mereka pada konsumen tanpa batas wilayah. Karena platform ecommerce terbuka untuk semua jenis bisnis, usaha kecil yang baru dibuka pun dapat ikut berkontribusi pada ekonomi global.

Menambah Lanskap Kompetitif

Sebelum digital meluas, ekonomi dikuasai perusahaan yang sudah berdiri lama. Tanpa adanya penantang baru, mereka merasa lebih aman dengan kedudukannya sehingga kurang berevolusi. Dampaknya, konsumen jadi tidak bisa menemukan produk atau layanan terbaru hingga harus menerima produk atau layanan yang biasa saja karena terbatasnya pilihan.

Keberadaan ekonomi digital akan mengenalkan pendatang baru yang dapat menambah kompetisi dalam ekonomi global. Dari bisnis kecil sampai besar, semuanya dapat berpartisipasi. Perusahaan pun akan tergerak untuk terus berinovasi demi menjaga ketahanan bisnis mereka dan tidak kalah dari kompetitor.

Para konsumen juga dapat merasakan manfaatnya karena pilihan mereka semakin meluas. Mereka dapat membandingkan bahan yang digunakan, harga, kualitas produk secara keseluruhan sampai layanan yang diberikan perusahaan.

Penutup

Pengaruh ekonomi digital pada ekonomi global cukup besar. Itu sebabnya, perusahaan perlu memanfaatkan teknologi digital dalam bisnis mereka agar bisa berpartisipasi dalam ekonomi global.

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick