Begini Pentingnya Meningkatkan Hubungan Sosial Pasca Idulfitri

Hubungan Sosial

Bersyukurlah kepada Allah Swt. bahwa hingga saat ini, kita masih diberikan nikmat. Tahun 2024 ini, kita kembali bertemu Ramadhan, bulan suci saat umat Islam berpuasa. Selama bulan puasa hingga Hari Raya Idulfitri, kita juga diharapkan mempertahankan hubungan sosial yang baik.

Nah, seperti apakah hubungan sosial yang baik, terutama pasca Idulfitri?

Hubungan Sosial

Sekilas tentang Hubungan Sosial

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan hubungan sosial? Hubungan ini tercipta karena adanya interaksi antara satu manusia dengan manusia lain, baik berjumlah satu atau lebih. Interaksi ini bisa berjalan dalam waktu singkat maupun waktu lama.

3 Penyebab Umum Hubungan Sosial Terbengkalai Pasca Idulfitri

Mempertahankan dan terus memelihara hubungan sosial antarsesama manusia merupakan proses berkesinambungan. Ini bukan perbuatan dengan hasil instan yang tidak akan mudah berubah. Mengingat hati manusia mudah berubah, inilah penyebab umum relasi sosial antarsesama terbengkalai pasca perayaan Idulfitri:

1. Mereka memperlakukan ibadah secara formalitas

Sesungguhnya, hal ini sangat disayangkan. Bayangkan, sudah berpuasa menahan lapar dan haus selama sebulan penuh, tetapi masih tidak bisa menjaga lisan. Mereka masih menyakiti hati orang lain, apalagi dengan alasan klise “kebebasan berpendapat”.

Makanya, jangan heran bila relasi sosial mereka terganggu dengan sesama. Walaupun ada acara saling memaafkan saat Lebaran, belum tentu hati orang yang pernah mereka sakiti benar-benar ikhlas memaafkan.

2. Tidak punya tujuan jelas dalam beribadah

Tujuan ibadah paling jelas dan satu-satunya hanyalah ridha Allah Swt. Selain itu, pastinya tujuan jadi tidak jelas. Misalnya: hanya biar tidak dimarahi orang tua, terlihat alim di mata sesama manusia, dan lain sebagainya.

3. Adanya rasa sakit hati dan dendam yang masih membara

Ini masih terkait dengan poin pertama. Mungkin, kamu pernah disakiti oleh seseorang, baik dekat maupun jauh. Ada ucapan mereka yang tidak sepatutnya atau perilaku mereka yang merugikan kamu, baik secara material maupun psikologis. Merasa kecewa, sedih, dan sakit hati itu wajar.

Namun, mau sampai kapan menyimpan dendam? Bukankah semua manusia tidak luput dari kesalahan, termasuk kamu sendiri?

Tips Meningkatkan Hubungan Sosial Pasca Idulfitri

Apakah setelah mengalami gangguan pada hubungan sosial pasca Idulfitri berarti tidak ada harapan lagi? Jangan menyerah dulu. Allah Swt. tidak akan membebani kaum-Nya melebihi dari kemampuan mereka. Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Selain berdoa, ikhtiar atau berusaha semaksimal mungkin juga sebuah kewajiban.

Nah, inilah tips untuk meningkatkan relasi sosial setelah perayaan Idulfitri. Semoga sesudah ini, kamu tidak akan lupa lagi untuk terus melakukan kebaikan ini.

1. Meminta maaf kepada semua yang pernah kita sakiti, baik sengaja maupun tidak

Sebelum semangat menunjuk-nunjuk kesalahan orang lain, lihatlah diri sendiri dahulu. Berkacalah dan terima kenyataan bahwa kita pun tidak sempurna. Kita tak luput dari kesalahan, sekecil apa pun kesalahan itu. Kita pasti juga pernah menyakiti orang lain, baik sengaja maupun tidak.

Oleh karena itu, segeralah meminta maaf kepada mereka dengan tulus. Tak hanya itu, berjanjilah bahwa kamu akan berusaha tidak mengulangi kesalahan serupa.

2. Memaafkan mereka yang meminta maaf kepada kita dengan tulus, baik atas kesalahan yang disengaja maupun tidak

Allah Maha Pengampun. Untuk itu, patutlah kita meneladani-Nya dengan memaafkan mereka yang meminta maaf dengan tulus. Bahkan, lebih baik lagi bila kita sudah bisa memaafkan mereka, tanpa harus menunggu permintaan maaf dari mereka.

Setelah memaafkan mereka, jangan ungkit-ungkit lagi kesalahan mereka yang lalu, apalagi mereka sudah berjanji akan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik. Cukup ingatkan mereka dengan sopan bila ada gelagat mereka akan mengulangi kesalahan yang sama lagi.

3. Terus berusaha memperbaiki diri sendiri agar menjadi pribadi lebih baik

Setelah beribadah puasa dan merayakan hari kemenangan Idulfitri, jangan berhenti memperbaiki diri. Justru inilah saat yang tepat untuk meningkatkan kualitas ibadah lagi. Pribadi yang lebih baik akan disenangi lebih banyak manusia sehingga menaikkan kualitas hubungan sosial dengan sesama manusia.

4. Terus menjaga hubungan sosial dengan keluarga, kerabat, dan teman-teman yang baik

Sesudah saling memaafkan, teruslah menjaga relasi sosial dengan keluarga, kerabat, dan teman-teman yang baik. Sempatkan bertemu dan berkumpul bersama, meskipun hanya sebentar. Rajinlah saling bertukar kabar dan mendoakan. Bantulah mereka yang sedang kesulitan. Terimalah bantuan dari mereka yang ikhlas saat kamu juga membutuhkannya.

5. Terus berbuat baik kepada sesama manusia

Setelah berhasil mempertahankan dan menjaga hubungan sosial dengan keluarga, kerabat, dan teman-teman baik, jangan berhenti sampai di situ. Teruslah berbuat baik kepada sesama manusia. Kita tidak pernah tahu, bisa saja perbuatan kita menginspirasi orang lain untuk tertarik mengenal agama Islam.

Nah, jangan kita lupakan pentingnya mempertahankan dan menjaga hubungan sosial, terutama pasca Idulfitri. Manusia adalah mahluk sosial yang senang berbagi dan membutuhkan sesamanya. Hindari sifat sombong karena kita tak mungkin selamanya hidup sendirian.

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick