Cara Efektif Mempromosikan Bisnis Online Tanpa Investasi Besar

Cara-Efektif-Mempromosikan-Bisnis-Online-Tanpa-Investasi-Besar

Di era digital sekarang ini, banyak bisnis online baru, khususnya skala kecil menengah, makin bermunculan dan bahkan berkembang pesat. Ini tak lain dan tak bukan dikarenakan para konsumen yang makin melek teknologi dan juga Internet.

Alhasil, banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan Internet dan media digital sebagai salah satu cara untuk mempromosikan bisnis online atau layanan mereka. Tujuannya tentu saja untuk menjangkau target pasar yang jauh lebih luas.

Berikut beberapa cara kreatif dan efektif mempromosikan produk atau jasa secara tepat sasaran bahkan dengan modal yang tidak terlalu besar atau bahkan terbatas.

1. Manfaatkan Media Sosial

Cara mempromosikan bisnis online yang pertama adalah dengan menggunakan dan memaksimalkan media sosial. Memanfaatkan beberapa platform – seperti Facebook, Instagram atau bahkan Youtube – sebagai sarana promosi adalah hal wajib bagi para pelaku bisnis secara daring.

Media sosial memungkinkan Anda untuk memasarkan produk secara kreatif dan bahkan personal dan interaktif kepada para pelanggan maupun calon pembeli. Beberapa platform, contohnya Facebook, bahkan menawarkan kampanye iklan dengan harga sangat terjangkau.

2. Optimalkan Penggunaan “Hashtag

Media sosial memang makin menjadi salah satu sumber penjualan terbanyak jika dibandingkan dengan beberapa saluran online lainnya. Ini artinya banyak target konsumen yang menjelajah media sosial untuk mencari dan menemukan produk atau merek tertentu sebelum membeli.

Penggunaan hashtag atau tagar yang menarik dan kreatif (atau bahkan viral) akan memberikan kesempatan lebih besar bagi para calon pembeli untuk menemukan bisnis atau produk Anda.

3. Buat dan Kelola Blog Bisnis Online Anda

Membuat blog bisnis atau business blogging adalah cara selanjutnya untuk mempromosikan bisnis online bahkan dengan anggaran yang tidak terlalu besar. Anda hanya membutuhkan konten yang tepat sasaran dan tentu saja harus menarik serta bermutu tinggi.

Mengelola blog memungkinkan pelaku bisnis untuk memperkenalkan dan bahkan merinci produk atau layanan yang mereka tawarkan. Media ini juga memberikan kesempatan tanya jawab kepada pengunjung blog, memberikan penawaran atau bahkan intensif khusus, dan masih banyak lagi.

Arahkan lalu lintas blog ini ke situs web bisnis online Anda untuk hasil yang lebih efektif.

4. Adakan atau Ikuti EventEvent Khusus

Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional adalah salah satunya. Hari ini identik dengan tanggal cantik dan biasanya diadakan pada penghujung tahun. Banyak e-commerce sekarang ini bahkan sering mengadakan acara atau penawaran khusus bagi para pengguna mereka pada hari khusus tiap bulannya.

Anda juga dapat mengadakan sendiri atau menjadi sponsor suatu event tertentu untuk lebih memperkenalkan bisnis, produk, atau merek Anda.

Cara efektif lainnya adalah mengadakan kontes kreatif dengan hadiah menarik bagi para pemenang. Selain itu, Anda bahkan dapat membagikan produk secara cuma-cuma atau melalui giveaway.

5. Mempromosikan Bisnis Online Lewat Email

email-marketing

Pemasaran via email atau surat elektronik masih merupakan salah satu strategi promosi paling efektif tanpa membutuhkan modal besar. Bangun daftar email (mailing list) target pasar dengan mendorong pengunjung atau pembaca blog Anda untuk melakukan subscribe.

Anda dapat menerapkan email marketing ini sebelum atau saat meluncurkan produk atau layanan tertentu. Tujuannya adalah untuk membangun hubungan yang baik dengan para pembeli atau pelanggan potensial ke depannya.

6. Kumpulkan dan Bangun Data Pelanggan

Selain melalui mailing list, Anda juga dapat mengumpulkan data konsumen dan pelanggan bisnis online Anda ketika mereka melakukan pembelian suatu produk, khususnya ketika penjualan sedang berlangsung.

Data tersebut akan berguna saat Anda ingin atau akan menerapkan strategi pemasaran selanjutnya atau promosi produk baru.

7. Buat video ulasan bisnis atau produk

content-video-marketing

Manfaatkan platform yang menawarkan konten video seperti Youtube untuk menerbitkan video ulasan sebuah produk atau layanan. Anda juga dapat memanfaatkan kesempatan live streaming untuk mengulas bisnis dan produk tertentu dan berinteraksi secara langsung (real time) dengan para audiens.

Tautkan lalu lintas video ini ke situs web Anda atau jadikan video ini konten dalam blog bisnis yang Anda kelola.

Apakah Anda sudah menerapkan salah satu atau bahkan beberapa cara mempromosikan bisnis online di atas? Tidak hanya kreatif dan efektif, mereka juga mudah dan bahkan tidak membutuhkan anggaran atau modal besar. Para pelaku bisnis dapat menginformasikan atau memperkenalkan suatu produk untuk lebih meningkatkan minat membeli.

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick