7 Cara Memasarkan Bisnis Rumahan yang Efektif dan Terbukti Meningkatkan Penjualan

cara memasarkan bisnis rumahan

Sudah banyak pelaku bisnis yang menjalankan bisnis rumahan baik untuk penghasilan utama maupun tambahan. Akan tetapi, sebagian pelaku bisnis masih kesulitan untuk mengembangkan bisnis yang tergolong kecil tersebut. Jika Anda salah satunya, Anda wajib melakukan pemasaran dengan tepat agar bisnis Anda berkembang.

Memasarkan sebuah bisnis dapat dilakukan dengan cara tradisional dan modern. Kedua jenis cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda melakukan kedua jenis cara pemasaran tersebut. Berikut tujuh cara tradisional dan modern yang efektif untuk memasarkan bisnis Anda.

blog dan website

Menyebarkan Brosur

Meskipun cara pemasaran yang satu ini tergolong sangat tradisional, menyebarkan brosur nyatanya masih sangat efektif dan sering digunakan bisnis-bisnis yang sudah besar sekalipun. Anda dapat mencetak brosur dalam jumlah banyak dan menyebarkannya ke tempat-tempat ramai agar bisnis rumahan Anda makin dikenal.

Usahakan untuk membuat brosur yang indah dan menarik untuk dibaca. Jika perlu, tambahkan promo menggiurkan yang hanya bisa didapatkan oleh calon pelanggan yang memiliki brosur tersebut. Dengan itu, kemungkinan calon pelanggan tertarik untuk mendatangi bisnis Anda. Imbasnya, bisnis akan terus berkembang.

Mengenalkan Bisnis Rumahan dari Mulut ke Mulut

bisnis rumahan

Dari awal pembukaan usaha rumahan, biasanya pelaku usaha mendapatkan pelanggan dari keluarga, tetangga, dan teman-teman terdekat. Anda bisa meminta bantuan kepada kerabat-kerabat Anda tersebut untuk mengenalkan bisnis Anda kepada orang-orang yang mereka kenal.

Anda juga bisa menawarkan bonus bagi kerabat yang mampu mendatangkan pelanggan baru dengan jumlah tertentu. Untuk strategi ini, usahakan untuk selalu memberikan yang terbaik kepada pelanggan. Jika pelanggan puas, mereka akan menyebarluaskan bisnis Anda bahkan saat tidak Anda minta sekalipun.

Mengikuti Acara Pameran

Di waktu tertentu, suatu tempat sering mengadakan acara pameran atau bazar sebagai wadah para pelaku bisnis rumahan memamerkan produk dari usaha mereka. Untuk itu, Anda harus memanfaatkan kesempatan tersebut karena banyak pengunjung pameran yang datang dari daerah lain.

Selain dapat mengenalkan bisnis Anda dengan lebih luas, Anda juga berpeluang mendapatkan relasi baru dengan mengikuti pameran. Dari pengunjung yang datang, mungkin terdapat investor yang tertarik untuk membesarkan bisnis yang Anda jalankan.

acara pameran

Menitipkan Produk ke Toko-toko

Bekerja sama dengan toko-toko yang sudah memiliki banyak pelanggan dapat menjadi salah satu cara memasarkan bisnis rumahan secara efektif. Bukan hanya untuk menjual, Anda juga bisa sekaligus memperkenalkan produk usaha. Setiap pembelian produk oleh pelanggan di toko tersebut berarti satu lagi orang yang mengenal bisnis Anda.

Membuat Konten Media Sosial

konten media sosial

Cara pemasaran modern satu ini sudah banyak diterapkan oleh para pelaku bisnis. Banyaknya waktu yang dihabiskan orang-orang untuk aktif di media sosial menjadikan platform ini sebagai media yang cocok untuk memasarkan produk bisnis rumahan Anda.

Buatlah konten-konten menarik tentang produk Anda yang menunjukkan keunggulan dari produk tersebut. Konten dapat berupa foto dengan desain dan kata-kata menarik atau video yang tidak membosankan. Jika bersedia mengeluarkan biaya lebih, gunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk Anda.

Membuka Toko di Marketplace

Sebagian orang saat ini lebih memilih untuk berbelanja secara daring melalui marketplace. Hal ini dikarenakan kegiatan tersebut dinilai lebih praktis dan hemat. Oleh sebab itu, sangat disayangkan jika Anda tidak membuka toko di marketplace. Toko daring juga dapat dikombinasikan dengan toko luring agar lebih efektif.

toko marketplace

Memanfaatkan Blog dan Website

Jika sudah memiliki akun media sosial dan toko di marketplace untuk bisnis rumahan, Anda perlu melengkapinya dengan situs web Anda sendiri. Situs web akan menyediakan segala informasi tentang produk atau bisnis Anda secara keseluruhan kepada calon pelanggan.

Bisa dikatakan bahwa situs web merupakan toko daring yang sesungguhnya sehingga Anda harus memperhatikan kelengkapannya. Anda bisa menambahkan artikel-artikel tentang produk Anda agar dibaca oleh calon pelanggan. Selain itu, Anda juga dapat mengiklankan situs web Anda melalui blog atau situs web lain.

Bisnis rumahan memang merupakan usaha yang tergolong kecil. Akan tetapi, jika Anda menerapkan seluruh strategi pemasaran di atas dengan tepat, bisnis kecil Anda akan mampu bersaing dengan bisnis-bisnis yang lebih besar dan menjadikan Anda pengusaha yang sukses.

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick