Pasti Untung! Tips Investasi Crypto Bagi Pemula, Apa Saja?

Investasi Crypto Bagi Pemula

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “makin tinggi risiko yang dihadapi, maka akan makin tinggi juga keuntungan yang akan diterima”. Pepatah ini sering kali ditemukan oleh mereka yang ingin mendapat keuntungan yang besar dengan cara investasi di tempat yang mungkin tidak biasa. Sebelumnya dianggap sebagai sebuah investasi yang tidak biasa, sekarang investasi crypto adalah salah satu bentuk investasi yang menarik perhatian banyak orang karena unsur kebaruannya dan juga potensi keuntungan yang bisa didapat dari investasi ini.

investasi jangka pendek

Tentang Investasi Crypto

Pada dasarnya, cryptocurrency bisa diartikan sebagai sebuah mata uang digital dan dibuat untuk mempermudah investasi dan transaksi keuangan. Orang-orang bisa melakukan transaksi jual beli aset crypto di tempat exchange keuangan yang biasanya berbentuk marketplace. 

Karena seluruh investasi ini dilakukan di media digital, investasi ini bisa dilakukan secara langsung oleh kedua belah pihak yang ingin melakukan investasi tanpa perantara. Oleh karena itulah, investasi modal ini bisa menjadi begitu populer dalam beberapa tahun terakhir.

Investasi Crypto

Tips dan Trik

Meski populer dan menguntungkan, bukan berarti Anda bisa tiba-tiba langsung memulai investasi begitu saja tanpa tahu tips dan triknya. Memahami dua hal tersebut menjadi cara Anda untuk memperoleh untung maksimal. Lantas, seperti apa tips investasi crypto yang perlu Anda lakukan sebagai seorang pemula?

Siapkan strategi jangka pendek dan panjang

Karena harga koin crypto yang tidak main-main, para pemula bisa jadi tergiur untuk membeli koin pada saat harga rendah dan akhirnya melakukan apa yang disebut sebagai panic buying. Oleh karena itu, jangan jadi gampang tergiur untuk membeli koin ketika harganya sedang rendah. 

Pastikan membeli koin pada saat harga dan waktu yang tepat supaya nilai koin-koin Anda akan tetap bernilai tinggi dalam jangka panjang.

crypto indonesia

Kenali broker yang tepercaya

Untuk melakukan investasi, Anda perlu memilih broker atau crypto exchange yang tepercaya dan pastinya digunakan oleh banyak orang juga. Jika reputasinya baik dan orang lain juga menggunakannya dalam jumlah banyak, Anda bisa memastikan bahwa itu adalah marketplace tepercaya.  

Setelah memilih salah satu marketplace tepercaya, lakukan pendaftaran untuk membuat akun di sana dan cari tahu bagaimana caranya untuk melakukan investasi di broker tersebut.

Pahami ciri-ciri tiap koin

Selain bitcoin, contoh-contoh mata uang crypto lain yang terkenal adalah ethereum, dogecoin, tron, monero, tether, cardano, stellar, dan masih banyak lagi.  

Memahami ciri-ciri dari tiap mata uang crypto adalah kunci untuk bisa menentukan mana yang nilainya sedang naik daun dan mana yang diperkirakan bisa menguntungkan di masa mendatang.

Perkaya portofolio crypto

Setelah tahu kalau ada banyak mata uang crypto di luar sana, cobalah untuk memiliki investasi paling tidak di lebih dari dua jenis koin crypto.  

Dengan melakukan investasi di lebih dari dua koin crypto, investasi Anda tidak akan tiba-tiba anjlok semuanya. Ketika salah satu dari koin tersebut mengalami fluktuasi harga yang signifikan, Anda masih memiliki cadangan investasi.

Tips Investasi Crypto

Jangan jadi gampang panik

Karena sifatnya yang fluktuatif, pasar crypto cenderung membuat investor merasakan  FOMO (fear of missing out) dan FUD (fear, uncertainty and doubt).  

Keduanya adalah jenis emosi yang berdasarkan oleh rasa takut. Oleh karena itu, sadarilah bahwa investasi yang menguntungkan itu membutuhkan kesabaran tingkat tinggi sehingga Anda menghindari perbuatan-perbuatan irasional ketika melakukan investasi crypto.

Konversi aset volatil ke stablecoin 

Untuk memastikan harga aset coin crypto Anda tetap stabil, coba konversi koin-koin Anda yang sifatnya volatil ke dalam stablecoin.  

Berbeda dari kebanyakan coin crypto yang harganya volatil, stablecoin punya harga yang tetap dan tidak berubah sehingga ini bisa menjadi penyelamat Anda ketika industri sedang fluktuatif.

koin crypto

Lakukan pembelian dengan otomatis

Seperti saham konvensional, semua pembelian uang crypto menggunakan mode otomatis ketika sedang melakukan transaksi. Beberapa website untuk investasi seperti Coinbase dan Gemini bisa membantu Anda untuk melakukan otomatisasi pembelian crypto.  

Dengan melakukan otomatisasi, Anda tidak perlu menghabiskan waktu Anda setiap harinya hanya untuk memperkirakan perkembangan harga tiap koin dan waktu untuk membelinya.
Itulah tadi beberapa tips dan trik dalam berinvestasi crypto. Dengan mengikuti tips-tips investasi crypto di atas, investor pemula tidak perlu takut untuk memulai berinvestasi.

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick