Investasi Saham buat Para Pemula, Kenapa Tidak Coba?

produk investasi

Ada banyak cara untuk bisa mencari keuntungan. Salah satunya adalah dengan bermain saham. Dari dulu hingga sekarang, saham adalah salah satu bentuk investasi yang paling populer karena potensi keuntungan yang dimilikinya dan juga bagaimana saham terus digunakan sebagai salah satu bentuk investasi di masa modern ini. Oleh sebab itu, banyak orang terus melakukan investasi saham, mulai dari pemula hingga berpengalaman. Hal ini tentu saja untuk mencari keuntungan tambahan.

saham investasi

Tentang Investasi Saham

Dengan melakukan investasi yang benar, saham yang Anda miliki bisa membawa potensi keuntungan yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, tidak heran kalau sampai sekarang banyak orang terus melakukan pembelian saham dengan harapan bisa meningkatkan kemakmuran finansial mereka.  

Para pemula disarankan untuk memikirkan investasi jangka panjang sejak awal ketika membeli saham, dengan harapan mereka bisa menjadi lebih mawas diri ketika bermain saham. Seperti menanam dan merawat pohon, para investor saham perlu mengelola saham mereka dengan telaten sehingga investasi tersebut bisa mendatangkan keuntungan dalam jumlah yang banyak.

risiko investasi

Tips Bermain Saham

Kalau begitu, apa saja tips investasi saham untuk pemula yang bisa mereka ikuti supaya investasinya bisa sukses?

Pahami tujuan investasi Anda

Kenapa Anda ingin membeli saham? Dengan persetujuan Anda sendiri, Anda akan tahu bagaimana caranya untuk membeli saham yang benar untuk keperluan investasi di masa mendatang.  

Apakah investasi itu untuk pendidikan? Pernikahan? Membeli rumah baru? Pahami betul supaya Anda nanti bisa mencari saham yang bisa membantu membiayai tujuan masa depan Anda.

Ketahui langkah-langkah awal bermain saham

Sebagai seorang pemula, cobalah untuk memahami langkah-langkah awal ketika ingin bermain saham. Salah satunya melalui pemahaman istilah-istilah yang berkaitan dengan saham, seperti RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham), emiten, dividen, dan lain sebagainya.

tata cara investasi reksadana

Pelajari cara analisis saham

Setiap detiknya, nilai saham bisa meningkat atau berkurang. Ketika pengalaman analisis saham Anda masih kurang, coba mintalah bantuan pada broker saham yang lebih berpengalaman supaya Anda mendapatkan ilmu tentang proses analisis saham yang lebih signifikan.  

Dengan kemampuan tersebut, Anda bisa menganalisis portofolio saham dan juga pasar saham yang Anda ikuti setiap harinya.

Jangan investasi di satu saham saja

Ada pepatah yang mengatakan “Jangan masukkan semua telur dalam satu keranjang”. Pepatah ini cocok sekali dengan investasi saham, di mana Anda sebaiknya tidak berinvestasi di stu saham saja supaya investasi Anda tidak akan anjlok ketika nilainya sedang berkurang.

Sebagai contohnya, cobalah untuk berinvestasi di lebih dari satu sektor ekonomi, seperti sektor energi, manufaktur, dan lainnya. Selain menjamin keamanan investasi Anda, banyaknya saham ini bisa juga memperbanyak keuntungan Anda di masa depan.

Hindari spekulasi!

Meski spekulasi terlihat menggiurkan, jangan coba-coba untuk melakukannya! Hanya karena ketika harga saham sedang naik, jangan tiba-tiba berspekulasi bahwa membeli saham tersebut akan langsung bisa mendatangkan keuntungan dalam waktu dekat.  

Daripada kecolongan, cobalah untuk memahami karakteristik badan usaha yang ingin Anda masuki seperti tingkat likuiditas dan pengelolaannya supaya Anda tidak mengalami kerugian akibat spekulasi.

investasi saham

Pahami saham IDX30 dan LQ45

Ketika masih pemula, Anda harus tahu istilah-istilah penting dalam dunia saham, seperti LQ45 dan IDX30. Sederhananya, LQ45 adalah indeks pasar saham yang digunakan di Bursa Efek Indonesia yang terdiri dari 45 perusahaan di dalam negeri yang telah memenuhi serangkaian kriteria tertentu untuk bisa terdaftar dalam indeks pasar saham ini.  

Sementara itu, IDX30 adalah indeks saham yang tergolong ke dalam golongan indeks yang dipakai untuk mengukur harga dari serangkaian saham yang memiliki likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar, dan performa perusahaan yang baik.

Komitmen

Tips yang terakhir dan tidak kalah penting adalah untuk memiliki komitmen yang kuat dan utuh ketika ingin bermain saham. Sebagian saham yang menguntungkan tidak akan lantas mendatangkan keuntungan dengan cepat sehingga Anda butuh kesabaran dan komitmen yang tinggi untuk bisa bersabar dalam bermain saham.

Kesimpulan

Kalau bisa mengikuti semua kiat-kiat di atas, para pemula pun pasti bisa mendapat awal yang baik ketika sedang melakukan investasi saham. Selamat bermain saham!

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick