Investasi Penampilan vs. Investasi Keuangan: Apa Bedanya?

investasi keuangan

Istilah investasi kini sudah melebar, tidak lagi hanya terkait soal keuangan. Banyak yang memasang kata tersebut dengan soal lain, seperti emosional hingga penampilan. Saat pandemi Covid-19 pun, kata ini ramai menjadi topik hangat publik. Sayangnya, banyak yang salah kaprah dengan artinya sehingga mereka mengalami kerugian.

Menurut website resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) di ojk.go.id , investasi adalah kegiatan perekonomian dengan cara menanamkan modal pada suatu instrumen. Strategi keuangan ini bisa dilakukan dalam jangka waktu pendek maupun panjang, tergantung kebutuhan dan tujuan finansial investor.

Berbagai instrumen yang bisa digunakan untuk berinvestasi termasuk saham, surat-surat berharga, obligasi, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, selain investasi keuangan, ternyata ada juga yang namanya investasi penampilan. Seperti apa perbedaan keduanya?

investasi menguntungkan

Investasi Keuangan

Investasi keuangan adalah jenis investasi yang menempatkan dana atau modal pada satu atau lebih aset atau instrumen. Penempatan dana dapat dilakukan dalam jangka waktu pendek atau panjang, tergantung kebutuhan dan tujuan finansial investor. Harapannya, hasil investasi akan meningkat sehingga memberikan manfaat lebih bagi investor atau pihak yang akan menerimanya.

Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang paling banyak diminati. Untuk berinvestasi saham, seseorang menaruh modal ke dalam saham perusahaan. Pilihan lain yang juga jadi favorit investor adalah reksadana. Untuk reksadana, seseorang menjadi salah satu pemodal yang dikumpulkan menjadi satu.

Bahkan, kini banyak aplikasi digital yang mendukung investor untuk melakukan investasi keuangan. Mereka yang baru pertama kali menggeluti bidang investasi juga bisa langsung belajar. Tidak perlu takut bila belum punya modal yang besar. Ada beberapa aplikasi digital untuk berinvestasi yang membutuhkan dana sekitar 100 hingga 300 ribu rupiah sebagai modal awal.

investasi keuangan dengan investasi penampilan

Investasi Penampilan

Terutama di era media sosial, makin banyak yang menganggap bahwa penampilan juga termasuk investasi wajib. Jika ingin lebih cepat diperhatikan orang, sebaiknya jangan menelantarkan penampilan. Selain menjaga kesehatan dan tampilan fisik, investasi penampilan juga termasuk memakai barang-barang brand premium yang pasti mahal harganya.

Tidak hanya pakaian, sepatu, dan tas, aksesori seperti perhiasan juga termasuk investasi penampilan bagi perempuan. Meskipun belum tentu bisa dipakai ke berbagai acara (terutama karena faktor keamanan), banyak influencer yang mengandalkan perhiasan untuk menunjang penampilan mereka di media sosial. Perhiasan emas dan berlian masih termasuk investasi yang diminati kaum Hawa untuk penampilan mereka.

Bila Anda termasuk yang senang berinvestasi lewat penampilan, pastikan barang-barang yang dipilih termasuk berkualitas tinggi. Tidak perlu yang selalu mahal, selama cocok dipadukan dengan tepat. Selain itu, hargai hak cipta dengan tidak membeli barang-barang palsu atau bajakan.

Tentu saja, temukan gaya sendiri sebelum asal membeli apa pun untuk menunjang penampilan. Jadi, tidak ada lagi cerita salah kostum atau terlihat norak, meskipun memakai pakaian mahal.

Investasi Penampilan

Investasi Keuangan dan Investasi Penampilan: Mana yang Lebih Penting?

Investasi penampilan belum tentu akan terlaksana bila tidak ada dana yang mendukung. Memang, bisa saja kita meminjam pakaian atau menyewa tas branded agar harganya lebih murah. Namun, mau sampai kapan demikian? Bukankah lebih baik bila memilikinya sendiri?

Investasi keuangan harus menjadi prioritas dalam hal ini. Bila Anda mempunyai dana yang cukup untuk melakukan banyak hal, Anda tidak akan perlu khawatir akan uang. Bahkan, penampilan akan bertambah baik bila didukung modal yang lebih dari cukup.

Namun, ini bukan berarti penampilan tidak penting. Hanya saja, pastikan dahulu Anda mempunyai cukup dana untuk mendukung penampilan maksimal. Jika dana kurang memadai, Anda bisa bersiasat dengan berinvestasi lebih pada aksesori daripada pakaian atau tas. Aksesori dapat dipadukan dengan banyak jenis pakaian. 

Jangan lupa, tren mode atau fashion akan selalu berputar. Apa yang sedang trending saat ini belum tentu akan bertahan di minggu berikutnya. Yang semula dianggap ketinggalan zaman bisa jadi banyak peminatnya kini.

Karena itulah, temukan gaya berpakaian sendiri yang menjadi ciri khas. Anda tidak akan mudah termakan tren, sehingga langsung asal berinvestasi untuk penampilan.Nah, inilah perbedaan antara investasi keuangan dengan investasi penampilan. Agar keduanya bisa berjalan selaras, pastikan Anda sudah mendapatkan hasil yang memadai saat berinvestasi finansial.

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick