Ini Alasan Pentingnya Belajar Literasi Investasi Sebelum Berbisnis

Manfaat dari Berinvestasi

Anda tertarik untuk berinvestasi? Belum terlambat sama sekali. Kini, sudah banyak sekali sumber pengetahuan untuk belajar investasi. Sebagai pemula, ada baiknya mempelajari banyak hal dasar dahulu sebelum mulai berinvestasi.

Mengapa belajar investasi dahulu lebih penting sebelum langsung melakukannya?

memilih investasi

Pengertian Investasi

Investasi adalah upaya untuk menanamkan modal, baik untuk jangka waktu pendek maupun panjang. Dana yang dijadikan modal diberikan untuk mendukung instrumen-instrumen investasi.

Ada berbagai macam instrumen investasi yang dapat dimanfaatkan, seperti: saham, obligasi, surat berharga, emas, reksadana, dan lain-lain.

Ada yang menyamakan investasi dengan menabung untuk dana darurat. Ada juga yang menyamakannya dengan menabung biasa, padahal asumsi ini kurang tepat. Jika menabung biasa, tabungannya belum tentu akan dapat bertumbuh atau jumlahnya tetap. Ini tidak sama dengan investasi.

Dalam berinvestasi, uang atau modal yang diberikan untuk sumber investasi diharapkan akan bertumbuh menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Manfaatnya dapat dirasakan oleh investor sendiri atau orang-orang yang akan mendapatkannya.

macam investasi

Manfaat dari Berinvestasi

Salah satu dari alasan pentingnya belajar investasi adalah mengetahui manfaat dari berinvestasi. Beberapa manfaat dari berinvestasi termasuk:

  1. Mendapatkan penghasilan pasif atau passive income.

Passive income tidak sama dengan tidak melakukan apa-apa. Untuk mendapatkan sumber penghasilan macam ini, pilihlah jenis investasi yang dipastikan bisa bertumbuh. Sedikit tidak apa-apa, asal rutin dan tidak berhenti. Misalnya: mempunyai usaha sewa properti.

  1. Membantu mencapai tujuan finansial lebih mudah.

Bercita-cita menjadi kaya saja tidak cukup. Bila memilih jenis investasi yang tepat, Anda bisa mencapai tujuan finansial lebih mudah. Misalnya: berinvestasi lewat usaha sewa properti agar dapat membuka jenis usaha lain.

  1. Mempersiapkan dana pensiun.

Siapa yang tidak mau menikmati masa pensiun dengan damai, tanpa perlu mengkhawatirkan soal uang? Apalagi bila disertai ketakutan akan resesi ekonomi global. Untuk itu, mulailah berinvestasi sedini mungkin. Tidak ada kata terlambat untuk memulainya, daripada tidak sama sekali. Pilihlah yang sanggup dilakukan dan membuat Anda merasa senang.

  1. Membantu mewujudkan kemerdekaan finansial.

Banyak yang menganggap cita-cita ini terlalu muluk-muluk, apalagi dengan resesi global mengancam di depan mata. Padahal, bila sudah berusaha mencapainya dari awal, mungkin saja kemerdekaan finansial tercapai. Ingat, yang penting usaha dulu. Jangan berharap hasil instan, karena itulah yang mustahil. Pada saatnya nanti, hasil investasi dapat membantu Anda mencapai kemerdekaan finansial.

  1. Sebagai perlindungan aset dari dampak inflasi.

Inilah yang membedakan menabung biasa dengan berinvestasi. Bila hanya menabung uang di bank, nilainya justru rentan berkurang karena dampak inflasi. Bila dijadikan modal investasi, simpanan akan berkembang menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dalam jangka panjang. Misalnya: simpanan berupa saham, asuransi, obligasi, dan lain-lain.

manfaat investasi

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mulai Berinvestasi

Nah, begitu sudah tahu manfaat investasi, siapkah untuk belajar investasi? Sebelum mulai, ada lagi beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:

  1. Apa tujuan investasi Anda?

Jika tujuan berinvestasi sudah jelas, Anda tidak akan kesulitan saat memilih instrumennya. Jumlah modal yang dikeluarkan juga jelas dan dapat dikelola sesuai aturan yang berlaku.

  1. Seperti apa profil risiko investasi yang dipilih?

Beragam instrumen investasi mempunyai profil risiko masing-masing. Pilihlah dengan cermat dan sesuai kemampuan. Bila ingin berinvestasi pada instrumen berisiko rendah, carilah yang sesuai.

  1. Apa instrumen investasi yang mau dipakai?

Banyak pilihan instrumen yang bisa dipakai untuk berinvestasi. Pertanyaannya, mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda? Pelajari baik-baik. Pilihlah yang dirasakan dapat membantu mencapai tujuan finansial Anda.

  1. Berapa lama jangka waktu investasi pilihan?

Ingin berinvestasi dalam jangka waktu pendek atau panjang? Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Apa aplikasi yang dipilih untuk berinvestasi?

Sekarang sudah banyak aplikasi digital yang bisa jadi pilihan dalam berinvestasi. Masalahnya, belum tentu semuanya legal. Pilihlah yang sudah terdaftar dalam pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Cari juga yang fiturnya lengkap dan praktis saat digunakan.

Nah, inilah pentingnya belajar investasi sebelum mulai melakukannya. Bila sudah tahu manfaat dan hal-hal yang harus diperhatikan, semoga Anda dapat berinvestasi dengan tenang dan merasa aman. Selamat berinvestasi dan semoga menghasilkan yang terbaik.

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick