5 Keuntungan Investasi di Indonesia Bagi Investor Asing

investasi dari investor asing

Apakah yang membuat banyak investor asing masih mau berinvestasi di Indonesia, hingga saat ini? Apa saja keuntungan investasi bagi mereka di Indonesia?

Indonesia masih menjadi negara yang diminati investor asing terkait investasi jangka panjang. Investasi adalah usaha serta aspek yang mempunyai peran penting terkait pembangunan nasional. Makin berkembang proses pembangunan nasional, investasi makin banyak dibutuhkan. 

Makanya, ini termasuk keuntungan investasi. Berbagai jenisnya dapat dilakukan oleh para investor. Misalnya: ikut membantu bisnis lokal atau membuka usaha baru dan lapangan kerja bagi para penduduk usia produktif di Indonesia.

Berbisnis dengan instrumen obligasi

Faktor-faktor Utama yang Menjadi Pertimbangan Para Investor Asing di Indonesia:

Apa saja faktor utama yang menjadi pertimbangan para investor asing di Indonesia? Tanpa faktor-faktor tersebut, investor asing belum tentu tertarik untuk berinvestasi di Indonesia. Faktor-faktor tersebut adalah:

  • Sumber daya alam yang melimpah.
  • Minyak bumi.
  • Hasil tambang.
  • Gas alam.

Keempat faktor ini masih menjadi daya tarik utama bagi para investor asing. Namun, yang pasti bukan hanya faktor-faktor ini yang memberikan profit investasi bagi mereka.

keuntungan berinvestasi di indonesia

Jadi, Apa Sajakah Keuntungan Investasi Bagi Para Investor Asing di Indonesia?

Sebagai negara kepulauan, letak Indonesia memang sangat strategis. Banyaknya sumber daya alam, beragam flora dan fauna di alam tropis, dan kekayaan budayanya, menjadi daya tarik banyak investor asing untuk berbisnis di sini. Apalagi, masyarakat Indonesia dikenal sangat ramah pada tamu dan kaya akan budaya gotong royong mereka. 

Makanya, tidak heran bila banyak investor asing yang tertarik untuk berinvestasi di sini. Lima (5) keuntungan investasi bagi investor asing di Indonesia adalah:

  1. Sumber daya alam.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Indonesia negara yang kaya akan sumber daya alam. Dari sektor pertambangan, Indonesia menghasilkan banyak sekali. Misalnya: batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Alam tropis Indonesia yang indah juga sangat menunjang untuk sektor pariwisata.

Tentu saja, kita harus mewaspadai krisis energi yang mungkin terjadi. Selain yang sudah disebutkan, sudah saatnya beralih ke sumber energi alternatif. Misalnya: sinar matahari.

  1. Letak demografis.

Letak demografis Indonesia diramalkan akan mengalami pergeseran struktur serta lonjakan populasi penduduk. Apalagi, masih banyak rakyat Indonesia yang percaya dengan pepatah “banyak anak, banyak rezeki”. Kepercayaan ini memicu mereka untuk mempunyai anak sebanyak mungkin dalam keluarga. Harapan mereka, banyaknya anak akan membantu menambah penghasilan keluarga.

Bagi negara, jumlah anak banyak dalam setiap keluarga berarti potensi angkatan kerja produktif berusia muda. Tenaga kerja usia produktif yang terampil dan siap bekerja menarik perhatian investor asing. Mereka tidak akan kesulitan mencari karyawan yang siap mendukung investasi mereka.

investasi terbaik di indonesia
  1. Baiknya iklim perekonomian dan investasi.

Indonesia termasuk tangguh dalam hal perekonomian dan investasi. Negara ini sudah menyintas dari krisis ekonomi global. Bahkan, Indonesia telah dipercaya sebagai salah satu negara yang menggerakkan perekonomian di kawasan Asia.

Selain geliat bisnis dalam negeri, Indonesia masih menerima investasi dari investor asing. Kedua kombinasi ini dapat memperkokoh pertumbuhan ekonomi negara. Angkatan kerja usia muda lebih banyak punya pilihan lapangan kerja dan dapat mengembangkan potensi mereka.

  1. Situasi politiknya cenderung stabil.

Terlepas dari beberapa kali guncangan politik yang sempat menerpa, Indonesia juga mempunyai situasi politik yang cenderung stabil. Sejak Mei 1998, Indonesia terus memperbaiki sistem demokrasi dalam negeri agar situasi politik aman terkendali. Bila aman terkendali, maka investor asing akan datang dengan senang hati.

Cepat tanggapnya pemerintah Indonesia dalam menangani masalah politik dapat membantu kelancaran investasi dari investor asing.

investasi di indonesia
  1. Peran Indonesia secara global.

Karena lokasinya yang sangat strategis, Indonesia tetap harus berperan secara global. Peran Indonesia secara global adalah menjalin relasi bilateral maupun internasional. Indonesia juga makin terkenal di mata internasional. Salah satu peran Indonesia adalah menggelar acara G-20 bagi seluruh pemimpin negara di dunia.

Tentu saja, peran Indonesia tidak sampai situ saja. Masih banyak yang bisa dilakukan oleh Indonesia, tidak hanya untuk bangsa sendiri – melainkan untuk dunia.Nah, inilah kelima (5) keuntungan investasi bagi investor asing di Indonesia. Semoga investasi dari mereka juga dapat membawa manfaat lebih bagi bangsa Indonesia.

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick