6 Contoh Peluang Usaha dengan Modal 5 Juta

6 Contoh Peluang Usaha dengan Modal 5 Juta

Untuk orang yang ingin membuka usaha, modal merupakan hal yang paling sering jadi permasalahan. Bagaimana tidak, membuka usaha tentu berawal dari nol dan butuh beli ini itu agar dapat menjalankan usahanya. Lalu, bagaimana jika Anda ingin mencoba jadi pengusaha dengan modal hanya 5 juta saja? Pada dasarnya usaha modal 5 juta pun mungkin-mungkin saja dan bisa Anda realisasikan.

Berhubung modal yang Anda miliki hanya terbatas di 5 juta saja tentu Anda hanya dapat membuka usaha yang sesuai dengan bujet tersebut. Tidak ada masalah selama Anda mampu memilih sebuah usaha yang dapat Anda bangun dengan modal awal hanya 5 juta saja. 

Sebagai calon pengusaha baru, tentunya Anda membutuhkan banyak referensi usaha apa saja yang cukup dengan modal tersebut. Sehingga, Anda bisa memilih usaha apa yang ingin Anda rintis dan bangun dari nol. 

Membangun usaha memang harus mencari tahu minat pasar terlebih dahulu. Hal ini agar Anda lebih mudah ketika memasarkan barang atau jasa yang Anda miliki. Tentunya ada beberapa opsi pilihan usaha yang bisa Anda lakukan sesuai dengan minat pasar. Pada saat bersamaan Anda juga bisa memilih usaha yang paling Anda ingin lakukan. Dengan begitu, Anda bisa membangun usaha tersebut dengan penuh semangat dan tak kenal lelah.

6 Contoh Peluang Usaha dengan Modal 5 Juta

6 Contoh Peluang Usaha dengan Modal 5 Juta 2

Peluang usaha dengan modal 5 juta tentunya ada banyak sekali dan pastinya salah satu dari peluang usaha tersebut bisa menarik perhatian Anda. Membangun sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah dan bisa sukses dalam waktu sekejap. Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih bidang bisnis yang benar-benar menarik perhatian Anda.

Berikut ini adalah beberapa contoh beserta ulasan singkat mengenai usaha modal 5 juta yang bisa Anda ketahui. Siapa tahu salah satu dari contoh usaha ini bisa Anda bangun dan wujudkan di daerah Anda. 

Usaha Katering Rumahan

Keterampilan meramu bahan makanan menjadi hidangan yang lezat bisa Anda jadikan senjata utama membangun bisnis katering. Anda tidak harus punya lokasi memasak khusus karena bisa Anda lakukan di rumah dulu. Pikirkanlah hidangan yang ingin Anda masukkan ke dalam menu katering rumahan Anda.

Pastikan Anda menguasai dengan baik menu-menu tersebut agar tidak kesulitan ketika memasak. Pertimbangkan pula pemasok bahan baku beserta biaya transportasi untuk menu-menu yang Anda tuliskan. 

Ide usaha modal 5 juta secara mutlak membutuhkan bakat dan kemampuan memasak yang bagus. Bagi Anda yang ingin membuka bisnis katering rumahan tetapi tidak pandai memasak tentunya jadi masalah besar. Karena bila harus belajar dari awal pun akan membutuhkan waktu yang lama dan biaya kursus memasak tentunya. Bisa saja Anda meniru resep dari Google, tetapi Anda harus memastikan bahwa hasil masakan tersebut enak menurut banyak orang. 

Jadi, dalam terbaiknya adalah menggandeng orang yang memang pandai memasak untuk mendirikan usaha katering bersama. Anda bisa mengurusi bagian promosi dan administrasi usaha, sedangkan urusan produksi bisa Anda serahkan pada ahlinya. Usaha katering rumahan ini tidak membutuhkan banyak peralatan tambahan karena Anda bisa menggunakan alat yang ada di rumah dulu. 

Modal usaha modal 5 juta yang Anda miliki bisa Anda fokuskan untuk beli bahan baku masakan, transportasi pengiriman orderan, dan promosi. Tawarkan usaha Anda ke orang-orang terdekat dulu dengan sistem pre-order. Maksimalkan penggunaan media sosial dan masuk ke komunitas di daerah Anda untuk meningkatkan pesanan katering Anda.  

Usaha Tanaman Hias

Bagi Anda yang suka berkebun dan punya lahan cukup luas di rumah bisa mencoba membuka usaha tanaman hias. Nilai kondisi lahan dan kesiapan peralatan berkebun di rumah Anda. Maksimalkan untuk memperbaiki peralatan kebutuhan menanam agar tanaman hias bisa tumbuh dengan sehat dan segar. Sisa alokasi dana bisa Anda belikan bibit, pupuk, dan pestisida.

Namun, bila kondisi lahan dan peralatan Anda sudah sangat mumpuni sebagian besar dana bisa Anda alokasikan untuk pembelian bibit dan kawan-kawannya. Pelajari popularitas tanaman hias di daerah Anda dan fokuskan untuk menanamnya di kebun. Sisanya Anda bisa mencari informasi tanaman hias apa yang sekiranya laku dan mendapat banyak perhatian di daerah lain. Karena pada akhirnya tren tersebut akan sampai di daerah Anda dan bagusnya Anda sudah punya tanaman hias tersebut.

Usaha modal 5 juta satu ini membutuhkan kesabaran karena harus menunggu tanaman Anda tubuh hingga bisa Anda perjualbelikan. Pada proses ini, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengalokasikan sebagian dana untuk mendatangkan tanaman hias yang sudah besar. Dengan begitu proses jual beli di toko tanaman hias Anda bisa segera terjadi dan keuntungannya bisa jadi modal usaha lagi. 

Usaha Jualan Pulsa

Meskipun sekarang masyarakat sudah tidak mengirim SMS, usaha jualan pulsa pun tak akan ada matinya karena pulsa bisa untuk beli paket data. Selain itu, Anda bisa menyediakan berbagai aksesoris ponsel, jual provider, hingga jualan paket data juga. Pulsa merupakan kebutuhan komunikasi masyarakat sehari-hari sehingga peluang Anda di usaha ini cukup besar. 

Anda hanya perlu memastikan untuk bisa memberikan harga produk yang lebih murah bila ada pesaing dan calon pelanggan mengetahui hal itu. Selebihnya, Anda hanya perlu menunggu pelanggan datang dan membeli produk-produk komunikasi Anda. 

Kebutuhan barang untuk mendirikan usaha jualan pulsa pun tak banyak. Anda hanya perlu punya tempat untuk mendisplay produk saja. Untuk tempat jualannya Anda bisa menggunakan teras rumah atau mencari lokasi strategis di sekitar Anda. 

Usaha Jualan Jilbab

Contoh usaha dengan modal 5 juta rupiah berikutnya adalah usaha berjualan jilbab. Kebutuhan jilbab di pasaran cukup tinggi sehingga peluang usaha satu ini juga bagus. Hal yang paling penting dalam bisnis jilbab ini adalah warna dari jilbab itu sendiri. 

Anda harus mampu menyediakan berbagai pilihan warna untuk satu jenis produk jilbab yang Anda miliki. Perempuan cukup sensitif dan pemilih perihal warna jilbab yang akan mereka kenakan. Oleh karena itu, dengan menyediakan begitu banyak pilihan warna dapat menarik calon pelanggan Anda. 

Carilah produsen jilbab yang memberikan penawaran harga murah sehingga Anda bisa menjual kembali dengan tawaran harga yang menarik. Anda tidak perlu membeli begitu banyak stok per satu warna terlebih dahulu. Fokuskan untuk menambah jumlah warna dan jenis jilbab yang Anda miliki.

Usaha Jus Buah

Produk minuman merupakan salah satu jenis usaha yang cukup ramai di berbagai daerah di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Minuman-minuman olahan susu dan kopi begitu populer di kalangan anak muda dan remaja sehingga banyak sekali yang membuka kedai kopi dan susu. 

Namun di sisi lain, mulai bermunculan pula kesadaran untuk hidup sehat dan Anda bisa memanfaatkannya dengan menyediakan minuman jus buah. Jus buah dapat mendukung pola hidup sehat dan memberi opsi pelepas dahaga di siang hari yang terik. 

Usaha modal 5 juta satu ini tentunya akan hadir berbeda dan punya pasarnya sendiri sehingga persaingan usaha Anda tidak begitu ketat. 

Usaha Jualan Mainan Anak

Contoh usaha modal 5 juta yang bisa Anda coba berikutnya adalah usaha jualan mainan anak. Usaha yang satu ini tidak membutuhkan keahlian khusus karena Anda hanya perlu fokus berjualan dan promosi saja. Dengan modal 5 juta tersebut, Anda bisa membeli mainan-mainan anak yang sedang tren dan menjualnya di daerah Anda. 

Bila ingin cepat laku, Anda bisa jemput pembeli ke sekolah-sekolah dengan membawa pajangan mainan di kendaraan bermotor. Anda juga bisa memilih untuk menjual mainan-mainan edukasi dengan memanfaatkan media sosial. Penjualan mainan edukasi memang bisa memberikan keuntungan yang lebih banyak, tetapi juga lebih sulit penjualannya.

Peluang Usaha dengan Modal 5 Juta yang Menarik?

6 Contoh Peluang Usaha dengan Modal 5 Juta 3

Beberapa peluang usaha di atas tentunya punya plus dan minusnya tersendiri. Begitu pula nilai menarik tidaknya suatu usaha di mata calon pelanggan maupun pengusahanya sendiri. Memilih dan membangun usaha yang menarik di mata sebagian besar orang tentu menjadi kelebihan tersendiri. Pasalnya, usaha yang menarik lebih mudah mendapatkan pelanggan di waktu awal pendirian usaha itu sendiri. 

Namun, apakah usaha akan Anda bangun dan rintis harus menarik? Tentu saja tidak karena poin paling penting dari membangun usaha adalah mampu mendatangkan pelanggan dan pada akhirnya keuntungan. Merintis usaha yang tak menarik namun sesuai dengan kebutuhan pasar pun tak kalah bagusnya dengan merintis usaha menarik. Jadi, Anda tidak perlu kebingungan tanya sana sini usaha yang ingin Anda rintis menarik atau tidak. 

Silakan pikirkan dengan baik mana usaha modal 5 juta yang sekiranya cocok untuk Anda bangun dan rintis di lokasi usaha yang Anda tentukan. Siapkan kebutuhan usaha Anda dengan baik dan teliti agar tidak ada yang tertinggal. Perkenalkan usaha Anda ke masyarakat sekitar dengan promo-promo menarik sehingga mereka berbondong-bondong mengunjungi lokasi usaha Anda. 

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick