6 Peluang Usaha Modal 20 Juta Rupiah yang Bikin Untung

6 Peluang Usaha Modal 20 Juta Rupiah yang Bikin Untung

Peluang usaha selalu terbuka lebar bagi Anda yang ingin membuka usaha modal berapa pun termasuk usaha modal 20 juta. Modal sebesar 20 juta merupakan modal usaha yang cukup besar untuk membangun bisnis kecil-kecilan di rumah. Anda bahkan bisa menyewa tempat atau kedai kecil untuk memulai usaha Anda dengan modal sebesar 20 juta tersebut. Nah, untuk memulai sebuah usaha dan mendapatkan untung pada akhirnya tentu ada hal-hal yang harus Anda persiapkan dengan baik. 

Pertama, tentunya Anda harus mencari tahu bisnis seperti apa yang ingin Anda bangun dan rintis dari nol. Pemilihan bisnis ini sebenarnya tidak ada pedoman patennya asalkan sesuai dengan kebutuhan pasar. Anda bisa saja memulai bisnis baru yang unik dan belum populer di daerah Anda, tetapi tentu saja rintangannya akan cukup berat. Bagi pebisnis pemula, membuka bisnis yang menjawab permasalahan di sekitarnya akan lebih mudah. Misalnya, membuka toko sembako di daerah yang jauh dari pasar atau kota. 

Setiap daerah punya potensi dan peluangnya sendiri untuk mendirikan usaha dengan modal 20 juta.  Namun, perlu Anda ingat bahwa modal sebesar 20 juta bukan modal yang terhitung besar pula untuk sebuah usaha. Oleh karena itulah Anda perlu memikirkan dengan baik pengaturan bisnis dan persiapan yang perlu Anda lakukan. Tidak semua hal harus Anda dapatkan secara baru atau keharusan untuk menyewa lokasi usaha tersendiri. Hal terpenting dari sebuah usaha adalah mampu bertahan dan bersaing dalam waktu yang panjang. 

6 Peluang Usaha Modal 20 Juta Rupiah yang Bikin Untung

6 Peluang Usaha Modal 20 Juta Rupiah yang Bikin Untung 3

Pemilihan bidang usaha sering kali membuat pebisnis baru merasa dilema. Bagaimana tidak, tak jarang pemula bisnis menemukan peluang berbisnis pada bidang yang tidak begitu mereka sukai atau kuasai. Sedangkan untuk bidang yang benar-benar mereka inginkan dan sukai sudah tidak memiliki peluang yang bagus. Karena orientasi Anda adalah membuka usaha untuk mendapatkan keuntungan, maka apa pun bidang yang berpotensi haruslah yang Anda ambil. 

Dengan begitu Anda bisa lebih mudah mengelola dan memperbesar usaha yang Anda bangun tersebut. Selanjutnya, Anda bisa mencoba mendirikan usaha yang memang Anda minati dengan modal yang cukup dari keuntungan usaha yang pertama. Berikut ini adalah beberapa contoh peluang usaha yang bisa Anda pilih. Semua peluang usaha di bawah ini merupakan usaha modal 20 juta dan bahkan bisa kurang tergantung manajemen keuangan usaha Anda. 

Bisnis Ayam Petelur

Bagi Anda yang suka berternak dan punya rumah di kawasan jauh dari kebisingan dengan lahan luas akan sangat cocok mendirikan bisnis ayam petelur. Merawat ayam hingga dewasa dan bertelur tentunya tidak begitu sulit karena ayam tak butuh perawatan khusus. Anda bisa memulainya dengan membangun kandang untuk sejumlah ekor ayam yang ingin Anda ternakkan. 

Sebagai awalnya, Anda tidak perlu terlalu buru-buru mendatangkan begitu banyak ayam dulu. Mulai saja dari jumlah yang kecil karena harus mempertimbangkan dari segi pangan, vitamin, dan vaksin hingga ayam bisa bertelur. Proses ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar sampai Anda bisa menjual telur tersebut dan dapat keuntungan. Oleh karena itu, penting sekali menyimpan uang sebagai modal beli pangan selama beberapa bulan.  

Usaha Fotocopy dan ATK

Usaha dengan modal 20 juta rupiah selanjutnya adalah usaha fotocopy dan jual ATK. Di desa maupun di kota usaha ini akan sangat menjanjikan karena kebutuhan fotocopy yang masih tinggi. Pada saat mengurus dokumen masyarakat pasti akan mendapatkan instruksi untuk memfotocopy beberapa dokumen. Untuk menjalankan usaha ini Anda tidak perlu menyewa tempat khusus melainkan bisa di rumah saja. 

Alokasikan uang modal untuk membeli mesin fotocopy, printer, scanner, dan laminating. Untuk ATK-nya sendiri pilih yang paling banyak dibutuhkan seperti kertas, map, pulpen, dan buku dulu. Sambil berjalan, Anda bisa menambahkan produk-produk lain yang punya peluang terjual tinggi. Anda juga bisa menambahkan layanan khusus seperti cetak foto, cetak buku, dan sebagainya.

Usaha Fotografi

Usaha-usaha seperti fotografi merupakan usaha yang cukup jarang ada khususnya di daerah pedesaan. Hal ini karena tren foto ramainya di wilayah kota dan belum sampai ke desa. Masih banyak orang desa yang kurang mementingkan berfoto untuk mengabadikan momen tertentu di hidup mereka. Walaupun demikian, mereka akan tetap butuh foto untuk dokumen-dokumen pendidikan atau kependudukan tertentu. 

Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk mendirikan studio foto kecil-kecilan di desa. Yang harus Anda persiapkan hanyalah studio kecil dengan background standar biru atau merah. Tentunya peralatan foto seperti lighting dan kamera juga harus Anda persiapkan dengan baik. Merintis usaha modal 20 juta satu ini di daerah pedesaan memang tidak akan mudah. Pun kalau Anda mendirikannya di kota Anda juga akan kesulitan untuk bertahan dan bersaing dengan studio-studio besar yang sudah ada di kota. 

Oleh karena itu, Anda harus gencar-gencar berpromosi dan memanfaatkan peluang. Tawarkan jasa Anda kepada tetangga yang ada acara pernikahan atau sekolah yang sedang ada acara tertentu. Manfaatkan pula media sosial untuk mempromosikan jasa dan keahlian fotografi Anda dengan menjadi fotografer panggilan.  

Usaha Fashion 

Berbisnis pakaian merupakan peluang usaha modal 20 juta rupiah yang cukup menjanjikan. Sekarang, siapa yang tak butuh pakaian dan tak suka bergaya dengan pakaian bagus? Baik pria maupun wanita pasti punya ketertarikan terhadap dunia fashion. Ada bisa menyontek model-model baju yang sedang tren di berbagai aplikasi media sosial dan menjualnya di daerah Anda.

Anda bisa menggunakan manekin untuk memajang baru-baru yang sedang tren untuk menarik minat pembeli. Jangan lupa pula sertakan promosi-promosi menarik menggunakan baner yang besar. Buat juga akun instagram untuk memajang dan memamerkan koleksi pakaian-pakaian di toko fashion Anda. Dengan begitu, pembeli bisa tahu model-model baju yang Anda miliki dan bisa memilih secara leluasa. 

Usaha Konveksi

Bagi Anda yang punya keahlian menjahit, usaha modal 20 juta yang cocok untuk Anda adalah usaha konveksi. Ini akan makin sempurna bila Anda punya komunitas menjahit di daerah Anda. Rekan-rekan sesama penjahit tersebut bisa Anda rekrut untuk menjadi karyawan di konveksi Anda. Namun, tentu saja cari dulu pelanggan agar Anda tidak mengeluarkan upah terlalu besar sedangkan pesanan belum terlalu banyak. 

Bisnis konveksi merupakan bisnis yang menjanjikan karena manusia pasti membutuhkan pakaian dan berbagai hal berbahan kain lainnya. Anda juga bisa menawarkan jasa membuatkan pakaian untuk UMKM bisnis fashion yang belum punya pabrik sendiri. 

Usaha Cafe Rumahan

Punya rumah di daerah strategis dengan lokasi yang cukup luas? Bikin saja cafe ala-ala tradisional atau bernuansa nature di rumah Anda. Tema cafe seperti itu cukup banyak peminatnya di kalangan anak muda. Anda bisa menarik pelanggan dengan menawarkan suasana cafe yang nyaman, adem, dan tenang. 

Dengan modal sebesar 20 juta, tentunya akan cukup untuk menyulap rumah Anda menjadi cafe rumahan sederhana. Sisanya bisa Anda maksimalkan untuk membuat menu minuman yang beraneka macam. Lebih bagus lagi bila Anda bisa baking atau punya skill memasak. Bersantai sambil minum-minum tentunya akan kurang lengkap bila tidak ditemani makanan ringan, bukan?

Sudah Tahu Peluang Usaha Modal 20 Juta yang Bikin Untung?

6 Peluang Usaha Modal 20 Juta Rupiah yang Bikin Untung 2

Dari semua peluang usaha dengan bermodalkan 20 juta di atas, Anda pastinya sudah punya gambaran mengenai usaha yang paling mungkin Anda dirikan. Sekarang, Anda tentunya sudah tidak bingung lagi dengan pertanyaan modal 20 juta usaha apa yang bagus, bukan?

Silakan lakukan persiapan sebaik mungkin agar usaha Anda bisa menarik banyak pelanggan dan mendatangkan untung yang besar. Selalu ingatlah untuk memprioritaskan pembelian alat dan bahan yang memang Anda butuhkan dan tanpa alat atau bahan itu Anda bisa kesulitan. 

Demikianlah ulasan mengenai contoh peluang usaha modal 20 juta yang bisa Anda ketahui. Setiap peluang usaha di atas tentu punya tantangan tersendiri yang harus Anda hadapi ketika mulai mendirikan dan menjalankan usaha tersebut. Lakukan yang terbaik agar usaha Anda terus berdiri, berkembang, dan mampu bersaing dengan usaha serupa yang ada di daerah Anda.

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick