9 Ide Usaha dengan Modal 2 Juta yang Menjanjikan

9 Ide Usaha dengan Modal 2 Juta yang Menjanjikan

Memulai sebuah usaha baru adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan di saat sulitnya mencari lowongan pekerjaan. Pastinya banyak yang memikirkan hal ini ketika kiriman surat lamaran tak kunjung mendapat jawaban. Namun, hal yang membuat banyak orang ragu dan mungkin salah satunya Anda adalah masalah modal. Membuka usaha membutuhkan modal yang tidak sedikit. Akan tetapi, apakah Anda percaya bila ada usaha modal 2 juta yang bisa Anda pilih? 

Menjadi pengusaha memang membutuhkan modal, tetapi apakah modalnya harus selalu besar? Tentu saja, tidak karena besar kecilnya modal sangat berpengaruh terhadap bidang bisnis yang ingin Anda rintis dan tekuni. Ada pula cara-cara tersendiri yang dapat Anda aplikasikan untuk menekan pengeluaran awal usaha Anda. Jadi, sangat mungkin sekali untuk membuka sebuah usaha baru meskipun modal yang Anda miliki hanya 2 juta saja. 

Asalkan Anda punya semangat belajar yang tinggi dan kemauan untuk terus berusaha semuanya bisa jadi mungkin. Anda yang tidak punya background di bidang bisnis pun juga bisa mulai membuka usaha sendiri. Tentu dengan syarat harus mau belajar bisnis dari awal dengan baik. Tanpa fondasi pengetahuan dan keterampilan bisnis yang baik, membuka usaha baru sama dengan buang-buang uang. 

9 Ide Usaha dengan Modal 2 Juta yang Menjanjikan

9 Ide Usaha dengan Modal 2 Juta yang Menjanjikan 2

Permasalahan modal yang belum siap tak jarang membuat calon pebisnis jadi ragu dan pada akhirnya membatalkan niatnya untuk berbisnis. Kebanyakan terlalu terpaku menyiapkan modal besar, tetapi tidak mencoba memaksimalkan jumlah modal yang sudah di tangan. Anda harus menendang jauh-jauh pikiran untuk membuka bisnis yang langsung dalam skala besar dan serba mewah. 

Proses bisnis yang berjalan dari nol dari pebisnis pemula tak harus serba beli, serba sewa, dan serba mewah. Mulai usaha modal 2 juta yang sudah Anda miliki dan maksimalkan modal tersebut. Di bawah ini ada beberapa contoh peluang usaha yang bisa Anda coba dengan modal 2 juta saja. Silakan menyimak dengan baik siapa tahu ada peluang bisnis yang sesuai dengan passion dan kebutuhan pasar di daerah Anda.  

Usaha Jualan Gorengan

Ketika mendengar jenis usaha yang satu ini mungkin Anda akan memandang usaha ini sebelah mata. Banyak yang kurang suka dengan usaha jualan gorengan karena dianggap sebagai bisnisnya orang tua dan tidak kekinian. Yah, yang namanya jualan gorengan ya seperti itu memang. Usaha jualan gorengan adalah bisnis modal 2 juta yang sebenarnya cocok untuk pemula karena prosesnya mudah. 

Anda hanya perlu pandai-pandai meracik bumbu-bumbu tepung bahan gorengan Anda. Sisanya tinggal menggoreng dan melayani pembeli yang datang untuk mencoba kenikmatan gorengan buatan Anda. Gorengan termasuk ke makanan yang sudah familiar di kalangan masyarakat sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk melakukan perkenalan produk. 

Usaha Bimbingan Belajar

Bagi Anda yang belajar di bidang pendidikan tentunya dapat mempraktikkan ilmu yang Anda dapatkan di bangku kuliah dengan mendirikan bimbingan belajar. Bimbingan belajar ini termasuk ke usaha modal 2 juta karena tidak membutuhkan banyak keperluan. Anda bisa menggunakan ruang tamu rumah Anda sebagai lokasi belajar murid Anda. 

Agar lebih nyaman, Anda bisa menggunakan modalnya untuk beli karpet, papan, alat tulis, dan meja belajar. Promosi bisa Anda lakukan dari mulut ke mulut dengan bantuan tetangga dan media sosial. 

Usaha Dekorasi Acara 

Menghadiri sebuah acara dengan konsep dekorasi dan hiasan yang indah tentunya sangat menyenangkan dan luar biasa, bukan? Bagaimana jika Anda mencoba usaha dengan modal 2 juta ini untuk mendirikan vendor dekorasi acara? Anda mungkin merasa ragu karena membeli dekorasi tentunya tidak cukup dengan modal yang minim. Tidak sepenuhnya benar, karena masih ada peluang untuk mewujudkan usaha dekorasi dengan modal minim. 

Anda bisa memfokuskan untuk menyewakan tema dekorasi minimalis dan clean. Tema seperti ini sedang booming dan banyak peminatnya sehingga bisa jadi kesempatan yang bagus untuk Anda. Untuk usaha modal 2 juta di bidang dekorasi ini Anda bisa menyasar acara-acara kecil seperti ulang tahun dan acara lamaran dulu. Seiring berjalannya waktu bisa Anda kembangkan dan mulai memandang acara-acara besar seperti pernikahan. 

Usaha Makanan Sarapan

Membuka usaha katering makanan pastinya akan butuh modal besar dan sudah mainstream. Namun, tentu saja bukan berarti Anda tidak bisa mulai merintis usaha di bidang penyediaan makanan ini. Anda bisa mulai dengan usaha makanan sarapan dengan target perorangan. 

Para pegawai kantoran yang harus selalu berangkat pagi biasanya tidak punya waktu memasak sarapannya sendiri. Nah, di sinilah letak kesempatan dan peluang usaha makanan sarapan ini. Anda bisa siapkan menu sarapan yang beragam agar pelanggan Anda tidak merasa bosan makan satu menu saja. 

Usaha Makanan Instan

Usaha modal 2 juta yang menjanjikan adalah usaha jual beli makanan instan. Kegemaran masyarakat memakan makanan yang instan tentu dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk Anda. Jenis makanan ringan yang populer di kalangan remaja adalah mi instan Korea yang terkenal dengan pedasnya. 

Bukan hanya itu saja, makanan instan lain dari Korea juga mendapatkan sambutan yang hangat. Ambil kesempatan ini untuk mencoba peruntungan menjajakan makanan instan di daerah Anda. 

Usaha Makanan Ringan 

Lagi, ide usaha modal 2 juta yang cocok untuk Anda yang punya keterampilan memasak. Sekarang banyak yang gemar jajan baik secara langsung maupun secara online. Anda bisa menggunakan sistem pre-order untuk produk makanan ringan Anda. Dengan demikian Anda tidak perlu bingung makanan buatan Anda jadi basi sebelum laku. 

Anda tidak perlu beli alat masak untuk memulai usaha ini karena Anda bisa memanfaatkan alat masak yang ada. Uang modal 2 juta bisa jadi kecil bila Anda tidak mengaturnya dengan baik. Silakan utamakan alokasi untuk pembelian bahan bahan baku pembuatan makanan ringan saja. Karena bagaimanapun bahan-bahan pembuatan tersebut harus segera ada dan lengkap. 

Usaha Dropship Barang 

Pernahkah Anda dengar sistem usaha dropship yang memungkinkan membuka usaha  dengan modal yang minim? Dengan sistem dropship ini Anda tidak perlu membeli banyak barang untuk menyiapkan stok di rumah. Anda bisa mengoperasikan usaha Anda hanya dengan sebuah ponsel saja. 

Ada pihak yang menangani proses jual beli dan Anda bisa fokus untuk melakukan promosi saja. Modal usaha seperti ini tidak membutuhkan banyak modal karena Anda hanya perlu punya ponsel dan paket data yang mencukupi saja. Pilihlah jenis usaha seperti skincare, fashion, dan aksesoris yang peminatnya banyak sehingga mudah menjualnya. 

Usaha Jualan Kue Basah

Anda yang punya keterampilan membuat kue bisa mencoba berjualan kue basah di pasar subuh. Masyarakat Indonesia masih banyak yang meminati jajanan kue basah tradisional. Selain itu, aneka macam kue basah biasanya menjadi salah satu pilihan jajanan untuk mengisi kotak hantaran acara-acara tertentu. 

Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan mengambil pesanan kue basah untuk acara-acara tertentu. Usaha modal 2 juta praktiknya tidak sulit dan promosinya pun ringan karena merupakan makanan yang sudah banyak dikenal. Anda bisa memanfaatkan status WA untuk menjaring minat rekan-rekan terdekat untuk memesan kue basah pada Anda. 

Usaha Jasa Buket Kerudung 

Tren memberi buket kepada rekan yang baru saja berulang tahun, bertunangan, dan rampung sidang sedang ramai. Untuk merayakan momen bahagia tersebut tentunya orang-orang terdekatnya tidak akan diam saja. Mereka membelikan hadiah untuk merayakan dan memberi penghargaan atas perjuangan yang sudah rekan tersebut lalui. 

Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membuat usaha modal 2 juta berupa jasa pembuatan buket kerudung. Usaha ini memiliki konsep yang sederhana dan tak sulit karena Anda bisa mempelajari cara membuat buketnya di internet. 

Anda perlu menyiapkan sterofoam, kertas cello, dan kerudung sebagai bahan utama pembuatan buket. Semua bisa Anda dapatkan dengan harga murah sehingga bisa menyediakan banyak pilihan model dan warna buket kepada calon pembeli. 

Tawarkan juga model buket lain seperti buket bunga, makanan ringan, dan uang agar lebih meriah pilihan buket di toko Anda. Posting setiap hasil karya buket dengan caption produk yang lengkap untuk menarik pembeli di daerah Anda.

Ingin Mulai Usaha dengan Modal 2 Juta yang Mana?

9 Ide Usaha dengan Modal 2 Juta yang Menjanjikan 3

Ada banyak sekali contoh usaha dengan modal 2 juta di atas. Setelah membacanya dengan baik, Anda tentu sudah punya beberapa incaran usaha yang menarik perhatian. Dari jenis-jenis yang sudah Anda minati tersebut manakah yang paling cocok dan sesuai untuk menjawab kebutuhan masyarakat sekitar? Silakan pelajari dengan lebih mendalam masing-masing usaha incaran Anda tersebut. 

Sampai di sini saja list usaha modal 2 juta yang dapat Anda ketahui. Buatlah daftar kepentingan usaha yang memang butuh keluar uang dan yang tidak. Pastikan Anda tidak mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang sebenarnya bisa tergantikan oleh hal lain. Fokuskan modal usaha pada hal yang penting-penting saja dan gencar-gencar promosi tentunya. 

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick