7 Peluang Usaha yang Cocok untuk Modal 3 Juta Rupiah

7 Peluang Usaha yang Cocok untuk Modal 3 Juta Rupiah

Memutuskan untuk membuka sebuah usaha merupakan keputusan yang berani. Karena bagaimanapun sebagian besar orang akan mencari pekerjaan dengan bekerja kepada orang lain. Permasalahan modal menjadi salah satu alasan mengapa sedikit sekali yang berani untuk membuka usahanya sendiri. Setiap usaha memang membutuhkan modal, tetapi apakah modalnya harus selalu besar? Tentunya tidak, Anda pun bisa memulai usaha modal 3 juta saja. 

Ya, Anda tak salah baca kalau uang 3 juta bisa Anda gunakan sebagai modal usaha. Poin dari usaha ada pada kegiatan komersial yang menghasilkan uang. Dengan kata lain, asalkan hal yang Anda lakukan berpotensi menghasilkan keuntungan sudah bisa Anda katakan sebagai berbisnis. Bisnis sendiri tak selalu harus jual beli barang yang mewah atau menjual produk buatan tangan yang indah. 

Jadi, Anda bisa sedikit menundukkan kepala dan menilik ke bisnis jual beli barang-barang atau jasa yang sederhana. Bisnis tak harus mampu mendirikan gedung tinggi dan menyulapnya menjadi pusat perbelanjaan yang keren. Berjualan makanan ringan atau berbagai macam masakan di meja depan rumah pun termasuk bisnis. Apalagi alasan yang menunda Anda untuk memulai sendiri usaha dengan modal 3 juta di rumah?

7 Peluang Usaha yang Cocok untuk Modal 3 Juta Rupiah

7 Peluang Usaha yang Cocok untuk Modal 3 Juta Rupiah 2

Untuk memulai bisnis yang sukses Anda tentu membutuhkan peluang usaha yang bagus. Anda harus tahu bisnis-bisnis apa saja yang mungkin Anda mulai dengan modal 3 juta rupiah di tangan. Selain itu, usaha modal 3 juta yang Anda pilih juga haruslah sesuai dengan kebutuhan pasar di daerah Anda. 

Dengan begitulah bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar dan tak terlalu berat di segi promosi. Hal yang paling banyak menggagalkan para pebisnis baru adalah kesalahan baca pasar dan pengaturan bisnis dengan modal yang minim. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh peluang usaha modal 3 juta yang bisa Anda pilih atau jadikan inspirasi. 

Usaha Katering

Peluang usaha yang satu ini tentu sudah tidak asing bagi Anda lagi, bukan? Di mana sih yang tak pernah ada bisnis katering? Pastinya Anda pernah mendapati satu atau dua bisnis katering yang beroperasi di daerah Anda. Alasan mengapa katering merupakan bisnis yang cocok untuk modal kecil adalah Anda sudah punya modal peralatan memasak di rumah. Jadi, modal 3 juta yang Anda miliki bisa untuk pembelian bahan dan kemasan katering. 

Untuk memulai usaha ini tentunya Anda harus punya keterampilan memasak yang bagus. Gandeng rekan yang pandai memasak bila Anda kurang percaya diri untuk meramu dan meracik masakan-masakan lezat di dapur. 

Usaha Jual Kaos Murah

Usaha modal 3 juta yang bisa Anda pertimbangkan adalah usaha jualan kaos dengan harga murah. Kaos merupakan fesyen yang populer di kalangan kaum pria dan para kaum hawa pun pasti punya untuk bersantai di rumah. Jadi, target pasar dari berjualan kaos ini cukup terbuka lebar untuk Anda. 

Anda bisa mencari konveksi untuk memproduksi sendiri kaos-kaos Anda atau mengambil dari produsen secara langsung. Mainkan pada pilihan warna dan kualitas kaos yang Anda jual. Kesampingkan untuk menjual kaos dengan gambar-gambar keren karena ini akan membutuhkan modal yang cukup besar. Setelah bisnis berjalan dengan baik, Anda bisa mulai memikirkan desain kaos yang keren dan khas di toko Anda. 

Dropshipper

Ingin buka usaha tetapi tidak ingin ribet mengurus packing dan pengiriman pesanan? Cobalah berbisnis dropshipper barang-barang yang menurut Anda punya nilai jual yang tinggi. Usaha modal 3 juta sangat cocok untuk para pebisnis pemula karena Anda tidak perlu menyetok di rumah. 

Anda hanya perlu melakukan promosi kepada calon pelanggan mengenai produk-produk dari suatu brand tertentu. Apabila mendapatkan pesanan, Anda tinggal menaruh orderan pada brand tersebut dan sisanya adalah urusan brand. Berhubung tidak harus menyetok, tentunya bidang bisnis satu ini cocok untuk Anda mulai dengan modal 3 juta saja, bukan?

Usaha Kue Kering

Usaha dengan modal 3 juta rupiah berikutnya adalah usaha kue kering. Lagi-lagi ini adalah bidang bisnis bagi Anda yang pandai membuat hidangan-hidangan lezat. Bagi Anda yang sudah berpengalaman tentunya membuat kue kering yang nikmat adalah urusan kecil. 

Anda bisa memilih untuk menggunakan sistem pre-order pesanan kue kering di toko Anda. Hal ini untuk menghindari kue kering kurang laku dan akhirnya menjamur. Sistem pre-order juga membantu Anda untuk menghemat modal karena hanya membuat kue ketika ada pesanan saja.

Usaha Parcel Wisuda

Parcel wisuda merupakan hal yang tak terpisahkan dari kegiatan berkunjung ke kerabat yang sedang wisuda. Guna menghargai kerja keras wisudawan, mereka yang mengunjungi pasti akan membawakan parcel hadiah. 

Anda bisa membuka jasa untuk membuatkan berbagai parcel wisuda. Ada banyak sekali jenis parcel wisuda yang bisa Anda pilih. Usaha modal 3 juta ini hanya membutuhkan ketekunan dan sense of beauty dari pembuatnya. Selera orang memang berbeda-beda, tetapi yang penting sebagian besar orang mengakui bahwa parcel buatan Anda itu bagus. 

Usaha Berjualan Hijab

Hijab merupakan salah satu kebutuhan perempuan yang bisa dibilang tak ada matinya. Bila Anda perempuan, pasti familiar dengan keinginan untuk selalu punya hijab yang cocok dengan warna baju. Masalahnya, setiap baju pasti punya beberapa pilihan warna hijab yang cocok. Oleh karena itu, meskipun sudah punya hijab seorang perempuan akan selalu merasa butuh beli hijab warna lain.

Ini merupakan usaha yang cocok untuk modal 3 juta dan kesempatan bagus bagi Anda yang ingin berbisnis hijab. Hijab jenis Bella Square bisa Anda dapatkan dengan harga kurang lebih Rp 10.000 per helainya. Anda bisa menghitung sendiri ada berapa banyak hijab yang bisa Anda dapatkan dengan modal 3 juta itu. Pastikan Anda punya pilihan warna hijab yang melimpah untuk menarik calon pembeli Anda. 

Usaha Jajanan Anak Sekolah

Rumah Anda secara kebetulan di kawasan sekolah atau universitas? Manfaatkan kesempatan emas itu dengan usaha modal 3 juta jajanan anak atau mahasiswa. Snack, biskuit, dan minuman es bisa jadi pilihan jajanan yang cocok untuk kawasan sekolah dan universitas. Anda juga bisa memilih untuk berjualan telur gulung, makaroni pedas, dan ayam geprek. 

Makanan-makanan seperti itu memiliki peminat yang cukup banyak apalagi bila Anda bisa memberikan cita rasa makanan yang lebih lezat. Anda bisa menjualnya di depan rumah dengan menata meja dan kursi.

Untuk menjangkau sekolah lain, Anda tidak perlu memikirkan mahalnya gerobak dagang karena bisa menggunakan sepeda motor dulu. Selain itu, berjualan dengan sepeda motor memungkinkan Anda untuk berpindah-pindah lokasi berjualan dengan lebih cepat. 

Peluang Usaha Modal 3 Juta yang Bakal Anda Coba?

7 Peluang Usaha yang Cocok untuk Modal 3 Juta Rupiah 3

Setiap usaha di atas memiliki tantangannya dan syarat keterampilannya sendiri. Anda memang bisa menggandeng orang lain untuk berbisnis bersama bila tidak memenuhi keterampilan prasyarat. Namun, hal itu tentunya akan menambahkan beban biaya untuk tenaga orang yang bersangkutan. Oleh karenanya lebih baik memilih jenis usaha yang memang mungkin Anda lakukan dengan baik. 

Dari beberapa contoh peluang usaha modal 3 juta di atas, silakan pertimbangkan dengan baik plus minusnya. Anda pasti akan menemukan usaha yang membuat Anda berpikiran, ‘ini aku banget’ atau ‘ini gampang banget’. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan usaha dengan semangat dan dapat dengan mudah mengembangkan serta menginovasikan usaha yang Anda jalankan tersebut. 

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick