8 Bisnis atau Usaha Kecil dengan Modal 200 Ribu Rupiah

8 Bisnis atau Usaha Kecil dengan Modal 200 Ribu Rupiah

Anda mungkin adalah salah satu orang yang mencoba peruntungan untuk memulai usaha kecil-kecilan dengan modal minim. Tidak sedikit yang penasaran modal 200 ribu usaha apa mengingat jumlah modalnya yang begitu kecil untuk mulai berbisnis. Sekarang sudah mulai banyak orang yang berkeinginan untuk membuka usaha sendiri.

Bagaimana tidak, lowongan pekerjaan saat ini sangat sulit dan punya persyaratan kualifikasi yang begitu tinggi. Tentu tidak mengherankan bila untuk menyambung hidup orang-orang mulai berusaha untuk membuka usahanya sendiri. Dengan keinginan berbisnis yang kuat dan kemampuan berbisnis yang mumpuni, masalah modal kecil bukanlah penghalang yang berarti. 

8 Bisnis atau Usaha Kecil dengan Modal 200 Ribu Rupiah

8 Bisnis atau Usaha Kecil dengan Modal 200 Ribu Rupiah 2

Usaha dengan modal 200 ribu menjadi solusi usaha yang tepat bagi Anda yang ingin belajar bisnis atau punya modal yang sedikit. Anda tidak perlu berkecil hati karena hanya punya modal 200 ribu saja yang penting Anda punya semangat belajar dan keterampilan. Anda mungkin akan bingung modal 200 ribu usaha apa? Karena mendirikan sebuah usaha bari sangat identik dengan kebutuhan modal yang besar. 

Penting untuk Anda ketahui bahwa sebuah bisnis tidak harus selalu mewah dan membutuhkan modal besar. Hakikat sebenarnya dari bisnis adalah sebuah kegiatan yang pada akhirnya menghasilkan keuntungan bagi pebisnisnya. Nah, sekarang Anda bisa menyimak beberapa contoh ide usaha yang dapat Adna mulai hanya dengan modal 200 ribusaja. 

Usaha Jualan Roti Bakar

Ide bisnis modal 200 ribu yang dapat Anda coba adalah berjualan roti bakar. Anda bisa menata meja dan peralatan memanggang di depan rumah sehingga tidak harus menyewa tempat khusus. Prioritaskan modal Anda untuk membeli kebutuhan usaha seperti selai, roti, margarin, dan susu. 

Untuk pan pemanggang roti Anda bisa menggunakan teflon yang ada di rumah saja. Dengan begitu, Anda sudah bisa memulai usaha berjualan roti bakar tanpa perlu modal yang besar. Pertimbangkan untuk membeli banner kecil sebagai tanda usaha ketika sudah punya keuntungan yang lumayan.  

Usaha Jualan Makanan Ringan

Usaha makanan ringan merupakan salah satu usaha kecil yang punya potensi besar. Banyak masyarakat yang suka mengonsumsi camilan berupa makanan ringan sebagai teman bersantai. Anda dapat memilih makanan ringan yang banyak peminatnya dan mengemasnya dengan label usaha Anda. 

Biasanya, anak-anak muda sangat suka dengan makanan ringan yang punya rasa pedas. Anda juga bisa mengutamakan untuk membeli makanan ringan yang berbau coklat dan stroberi. Kedua rasa makanan ringan sangat populer sehingga Anda tidak kesulitan mencari peminatnya. 

Usaha Kerajinan Barang Bekas

Bagi Anda yang bingung modal 200 ribu usaha apa dan punya keterampilan kerajinan yang bagus dapat mengolah barang-barang bekas. Buatlah bahan-bahan bernilai tinggi dari barang bekas di rumah Anda seperti botol plastik, sedotan dan kertas bekas. Anda bisa mencari inspirasi produk yang dapat Anda buat melalui internet. 

Gunakan modal Anda untuk membeli peralatan kerajinan yang tidak Anda miliki dan kemasan dari produk jadi Anda. Promosikan kerajinan tangan buatan Anda di berbagai media sosial yang Anda miliki dengan menyertakan detail barang secara lengkap. Jangan lupa cantumkan juga harga yang Anda banderol untuk produk kerajinan tersebut. Jadi, orang yang menghubungi Anda nantinya sudah yakin ingin memiliki produk Anda dan bersedia membeli dengan harga yang tertera. 

Usaha Kue Online

Usaha kecil modal 200 ribu yang dapat Anda pertimbangkan berikutnya adalah buka pesanan kue secara online. Jenis usaha ini hanya melayani pesanan yang masuk saja sehingga Anda bisa menghemat modal untuk membuat produk kuenya. Selain itu, Anda juga tidak menanggung risiko kue menjamur karena tak kunjung ada pembeli. 

Sebagai promosi, Anda dapat membuat beberapa sampel menu kue yang Anda layani. Kemudian, Anda bisa memotret dan mempostingnya di media sosial.

Usaha Menjual Frozen Food

Anda tidak perlu bingung modal 200 ribu usaha apa walaupun tak punya keterampilan khusus. Cobalah untuk berjualan frozen food dengan layanan paket tertentu. Bila Anda menjual frozen food perkemasan utuh tentu akan membutuhkan modal yang banyak dalam hal pengadaan produknya. Anda bisa mengakali minimnya modal dengan menyediakan paket steam boat, paket bakaran, dan paket grill.

Setiap paket tersebut isilah dengan frozen food yang berbeda-beda dan sesuaikan dengan tema paketnya. Dengan begitu, pembeli akan mendapatkan jenis frozen food yang bermacam-macam dalam satu paket pembelian. Hal ini merupakan konsep penjualan frozen food yang menarik karena bisa dapat banyak jenis produk dengan harga yang terjangkau.  

Usaha Desain Social Media dan Desain Kemasan

Bagi Anda yang punya kelebihan di keterampilan desain yang bagus dapat mencoba membuka jasa desain media sosial atau desain kemasan produk. Usaha-usaha kecil tentu akan membutuhkan desain kemasan atau label sebagai ciri khas dari usaha itu sendiri. 

Buatlah beberapa desain sampel dan pajang desain Anda di Instagram. Jadikan media sosial Instagram sebagai lokasi portofolio desain Anda. Buatlah desain sebaik mungkin karena portofolio adalah hal yang sangat penting bagi sebuah usaha jasa desain. 

Usaha Dropshipper

Modal 200 ribu usaha apa yang tidak terlalu merepotkan karena masih sibuk kuliah? Anda bisa memilih untuk mencoba berbisnis dropshipper. Bisnis dropshipper hanya membutuhkan promosi saja kepada calon pembeli. Anda tidak perlu repot-repot untuk mengurus pengiriman dan packing barang pesanan pembeli. 

Untuk proses awalnya Anda mungkin akan menghabiskan waktu yang cukup lama karena butuh persiapan. Anda harus menyiapkan akun Instagram atau e-commerce sebagai lokasi penjualan dan promosi produk. Selanjutnya, Anda hanya perlu memantau dan melayani pembeli yang datang kepada Anda. Urusan packing dan pengiriman bisa Anda serahkan kepada supplier produk di mana Anda mengambil barang dagangan. 

Membuka Kelas Online

Anda punya keterampilan tinggi dalam bidang tertentu seperti makeup, menulis, dan Berbahasa Inggris? Buka saja kursus secara online dan promosikan menggunakan media sosial. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari biaya kursus yang murid Anda bayarkan. Buatlah flyer yang menarik sehingga banyak yang tertarik mengikuti kursus Anda. 

Ingin Memulai Usaha Kecil Apa dengan Modal 200 Ribu Rupiah?

8 Bisnis atau Usaha Kecil dengan Modal 200 Ribu Rupiah 3

Usaha kecil-kecilan yang Anda rintis memiliki potensi untuk berkembang menjadi lebih besar bila Anda jalankan dengan baik. Anda bisa memilih ide usaha modal 200 ribu mana yang menarik minat Anda dan cocok dengan lokasi usaha. Pikirkan dengan baik minat pasar dan kompetitor yang ada di daerah Anda agar usaha Anda bisa berjalan lancar. 

Itulah beberapa contoh ide usaha kecil-kecilan sehingga Anda tidak bingung lagi modal 200 ribu usaha apa. Menjalankan usaha kecil dengan modal yang tak kalah kecil tentu harus membutuhkan kesabaran karena Anda mungkin tak punya dana lebih untuk promosi. Jalan satu-satunya adalah memanfaatkan media sosial untuk promosi. 

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick