9 Usaha Jangka Panjang di Desa yang Menguntungkan

9 Usaha Jangka Panjang di Desa yang Menguntungkan

Mendirikan usaha baru merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan mengingat lowongan pekerjaan sekarang yang masuk terbatas. Peluang untuk membuka usaha baru terbuka lebar bagi Anda khususnya di daerah pedesaan. Anda yang ingin mulai berbisnis tentu saja berhadap memiliki usaha jangka panjang di desa. Dengan demikian Anda bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi dan berkesempatan mendapat potensi keuntungan yang lebih besar. 

Tidak semua bisnis membutuhkan kecakapan tertentu sebagai modal sehingga Anda tidak perlu khawatir bila merasa tidak ahli dalam bidang tertentu. Hal yang menjadi persyaratan untuk mendirikan bisnis baru adalah memiliki semangat dan tekat yang kuat untuk mempelajari ilmu bisnis. Karena memulai bisnis tidak semudah mengatakannya sehingga Anda harus benar-benar punya keinginan yang kuat untuk merintisnya dari nol. 

Apalagi bila Anda ingin memiliki usaha jangka panjang di desa, tentunya Anda harus benar-benar siap untuk berproses dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis. Mantapkan niat sebulat mungkin agar bisa menghadapi setiap permasalahan bisnis yang muncul dan dapat menyelesaikannya dengan baik. Pelajari kebutuhan masyarakat di daerah Anda agar bisa menentukan jenis bisnis yang tepat. Dengan demikian, Anda bisa menjalankan bisnis dengan lebih mudah karena sesuai dengan permintaan pasar. 

9 Usaha Jangka Panjang di Desa yang Menguntungkan

9 Usaha Jangka Panjang di Desa yang Menguntungkan 2

Untuk mendirikan sebuah bisnis, Anda harus memiliki gambaran mengenai bisnis apa yang ingin Anda mulai. Dari sini Anda bisa mempelajari jenis bisnisnya dan mencari tahu kesesuaian dengan Anda sebagai pebisnisnya dan lokasi bisnis. Bila kedua hal tersebut usah sesuai, maka Anda baru bisa mempersiapkan bisnis tersebut. Membutuhkan pertimbangan yang panjang agar bisnis yang Anda mulai dapat bertahan dan bersaing dengan bisnis-bisnis lain dalam bidang yang sama. 

Memang berat di awal karena ada banyak sekali hal yang harus Anda lakukan dan pikirkan. Akan tetapi, ini lebih baik daripada Anda baru memikirkannya ketika sudah membuka usaha. Bila usaha Anda sesuai tentu akan mudah untuk mengembangkannya, tetapi kalau tidak sudah pasti akan membuat pusing tujuh keliling. Intinya, pertimbangan-pertimbangan ini berkaitan dengan masa depan bisnis sehingga tidak bisa Anda anggap enteng. 

Keseriusan harus Anda miliki dari awal bila ingin punya usaha jangka panjang di desa. Sebagai referensi Anda bisa membaca dulu mengenai beberapa contoh usaha yang punya potensi berlangsung dalam waktu yang lama berikut ini. Dari contoh ini Anda dapat memilih salah satunya atau bisa juga Anda jadikan acuan untuk menciptakan usaha baru. 

Usaha Agen Air Galon

Air galon mungkin masih agak asing di daerah pedesaan yang cukup pelosok. Kebanyakan penduduk desa merebus air minumnya sendiri yang bersumber dari sumur atau kran air. Di daerah pedesaan yang cukup dekat dengan wilayah kota sudah cukup banyak ditemukan penggunaan galon air. Minum air merupakan kebutuhan sehari-hari manusia sehingga membuka usaha di bidang ini sangat menjanjikan. 

Makin seringnya frekuensi kebutuhan manusia terhadap suatu barang, tentu akan makin tinggi pula tingkat penjualan terhadap produk tersebut. Usaha untuk jangka panjang di desa ini awalnya akan cukup sulit bagi Anda khususnya bagi para pebisnis pemula. Potensi usahanya bagus, tetapi Anda harus pandai-pandai mengenalkan dan mempromosikan ke masyarakat. 

Lebih mudah lagi bila masyarakat sudah setidaknya kenal dengan penggunaan galon. Karena bila menggunakan balon tentu mereka harus punya gucci penadah galonnya. Atau, Anda juga bisa memilih untuk sekalian menjual pompa galon elektrik. Dengan begini, konsumsi air masyarakat pedesaan bisa lebih mudah dan praktis. 

Usaha Agen Gas LPG

Hampir semua masyarakat di Indonesia sekarang sudah beralih menggunakan gas LPG untuk kebutuhan memasak. Anda yang ingin memiliki usaha jangka panjang di desa bisa memilih untuk menjadi agen gas LPG di desa. Semua toko-toko penyedia gas LPG akan mengambil stok LPG untuk tokonya di tempat Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menguasai penjualan gas LPG di suatu daerah. 

Mengingat kebutuhan LPG adalah untuk kegiatan memasak sehari-hari, pastinya ini dapat menjadi bisnis berkelanjutan. Selama masyarakat masih menggunakan LPG dan Anda mampu menjadi pemasoknya, maka bisnis Anda bisa berjalan dengan baik tanpa hambatan. 

Meski demikian Anda tidak boleh diam saja menunggu hasil dari bisnis gas LPG Anda. Terus pelajari dunia bisnis di sekitar Anda dan pastikan tidak ada yang berpotensi merusak bisnis yang sudah susah payah Anda bangun. Ingatlah untuk selalu melakukan survei pasar untuk mengetahui kisaran harga LPG di pasaran. Hal ini dapat menghindarkan Anda untuk menjual produk yang tidak sesuai standar pasar. 

Usaha Rental Playstation (PS)

Mencari peluang usaha jangka panjang di desa memang tidak mudah karena persaingan bisnis saat ini sangat pelik dan rumit. Tidak jarang pula orang yang menyerah dari dunia bisnis karena saking rumitnya permasalahan. Bagi Anda yang berniat menyediakan hiburan bagi anak-anak di daerah pedesaan bisa membuka usaha rental PS. Usaha rental ini dapat memberikan hiburan kepada anak-anak yang seharian menghabiskan waktunya di sekolah untuk menuntut ilmu. 

Akan tetapi, Anda harus memberikan batasan bagi mereka yang menyewa PS di tempat Anda. Anak-anak tidak boleh ketergantungan untuk menghabiskan waktunya bermain PS daripada belajar di rumah. Langkah ini juga untuk menjaga agar rental PS Anda menjadi usaha jangka panjang di desa yang menguntungkan. Bila Anda tidak menerapkan peraturan seperti itu, cepat atau lambat Anda pasti akan mendapatkan protes dari penduduk desa. 

Masyarakat pasti akan kesal dengan usaha Anda dan menganggap Anda membodohkan anak-anak mereka dengan membuat mereka ketagihan bermain. Hal ini dapat menyebabkan masalah dan berpotensi permintaan penutupan usaha. 

Usaha Apotek 

Bagi Anda yang punya kualifikasi untuk menyediakan obat-obatan kepada masyarakat bisa memilih untuk mendirikan apotek di daerah pedesaan. Anda tentu mengetahui bagaimana sulitnya masyarakat pedesaan mendapatkan akses ke layanan kesehatan. Hal ini menjadi potensi usaha apotek di daerah pedesaan begitu tinggi dengan minim persaingan daripada di kota. 

Pilihlah lokasi yang strategis sehingga semua penduduk bisa mudah mendatangi apotek Anda untuk mendapatkan obat-obatan. Mendirikan sebuah apotek tentunya tidak sesederhana mendirikan toko sembako atau toko kelontong. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan semua berkas pengajuan pendirian apotek dengan baik.

Sambil mempersiapkan administrasinya, asah pula kemampuan berbisnis Anda sehingga Anda sudah punya perbekalan yang lengkap ketika apotek siap beroperasi. Apotek ini bisa menjadi usaha jangka panjang di desa dengan tingkat keuntungan yang bagus. 

Usaha Jasa Penitipan 

Jenis usaha yang cocok untuk daerah pedesaan berikutnya adalah usaha penitipan. Di usaha ini Anda akan menawarkan kepada masyarakat untuk titip beli barang-barang yang ada di kota. Anda hanya perlu modal mobil pickup sebagai transportasi titipan barangnya. Tentu saja Anda akan mendapatkan biaya untuk jasa penitipan plus biaya barang yang mereka beli. 

Tarik konsumen dengan katalog barang sehingga masyarakat pedesaan punya gambaran barang-barang apa saja yang tersedia di kota. Utamakan untuk memilih barang-barang yang dapat berfungsi membantu kegiatan sehari-hari masyarakat atau kebutuhan hidup. Misalnya, kipas angin, setrika, perabot rumah tangga, dan peralatan bertani. 

Agar menjadi usaha jangka panjang yang menjanjikan di desa, pastikan Anda tidak ikut menawarkan produk-produk yang tetangga Anda jual. Dengan demikian, tidak ada tetangga yang merasa tersaingi dengan adanya usaha jasa penitipan Anda. 

Usaha Playgroup 

Punya modal besar dan memiliki background pendidikan? Cobalah untuk mendirikan playgroup di desa Anda. Biasanya tingkat sekolah di daerah pedesaan cukup minim sehingga playgroup Anda akan menjadi usaha yang menjanjikan. Selain itu, masa depan dari usaha plagroup juga bagus dan dapat menjadi usaha jangka panjang di desa. 

Anda bisa menyediakan lokasi khusus yang strategis tentunya sebagai lokasi playgroup Anda. Usaha ini tentunya akan membantu pendidikan masyarakat di desa dengan biaya yang terjangkau. Jadi, para orang tua bisa fokus bekerja karena anak-anak sedang belajar di playgroup. Sedangkan di sisi lain para anak bisa lebih siap untuk menerima pelajaran ketika duduk di bangku Sekolah Dasar. 

Pertimbangkan untuk mempekerjakan guru tambahan bila sudah punya cukup banyak murid. Sehingga, semua siswa Anda mendapatkan perhatian yang cukup dari para guru di playgroup.

Usaha Jasa Print dan Fotocopy 

Sampai sekarang tentunya Anda sering sekali mendapatkan permintaan atau persyaratan untuk menggandakan dokumen, bukan? Tingginya kebutuhan fotocopy dapat Anda jadikan peluang untuk membuka usaha print dan fotocopy di desa. Usaha-usaha seperti ini biasanya hanya tersedia di daerah kota atau pinggiran kota. Sehingga akan sangat merepotkan dan menguras energi untuk pergi ke kota hanya untuk fotocopy atau print saja. 

Anda bisa membuka jasa fotocopy dan print kecil-kecilan di depan rumah untuk memenuhi kebutuhan salinan dokumen di desa Anda. Tambahkan pula alat-alat tulis untuk anak-anak agar toko Anda lebih ramai lagi. 

Usaha Katering 

Warga desa mata pencaharian paling banyak biasanya menjadi petani atau buruh kerja di usaha tetangganya sendiri. Nah, biasanya para petani ini akan mendapatkan kiriman makanan dari pemilik sawah sebagai konsumsi pada masa kerjanya. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka jasa katering untuk petani. 

Dengan begitu, pemilik sawah tidak perlu repot-repot memasak di rumah dan dapat memaksimalkan waktunya untuk merawat sawahnya. Usaha katering ini tidak perlu terlalu besar dan siap kirim setiap hari. Anda dapat menggunakan sistem pre-order saja agar semua masakan Anda terjamin habis terjual. Pilih menu makanan yang sederhana dan mudah dimakan karena tentu kurang nyaman bila makan di sawah. 

Sediakan pula minuman seperti teh, kopi, dan es buah sebagai teman menu makanan katering Anda. Ini adalah usaha jangka panjang di desa yang punya potensi bagus dengan peminat yang pastinya lumayan banyak. Anda juga bisa menyediakan jasa katering ini untuk masyarakat yang sedang ada acara di rumahnya seperti tahlilan, tasyakuran, dan acara-acara lainnya. 

Usaha Toko Sembako

Di daerah pedesaan memang dekat dengan alam dan banyak yang bilang tak akan kekurangan makanan. Semua kebutuhan makanan bisa masyarakat ambil dari alam dan hanya perlu mengolahnya di rumah. Akan tetapi, untuk kebutuhan gula, beras, dan minyak tentu tidak bisa mereka dapatkan secara instan. Oleh karena itu, usaha toko sembako menjadi usaha dengan potensi yang bagus. 

Anda tidak perlu menyiapkan bangunan toko yang besar karena bisa Anda mulai di teras rumah. Sediakan barang-barang pokok saja sebagai awalan dan pasang harga yang murah agar banyak yang tertarik. Kembangkan usaha dan tambah barang-barang di toko Anda ketika usaha sudah mulai berjalan dan menghasilkan keuntungan bagi Anda. 

Sudah Tahu Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan?

9 Usaha Jangka Panjang di Desa yang Menguntungkan 3

Dari beberapa usaha di atas, apakah ada yang Anda sukai dan menurut Anda punya potensi yang bagus di desa? Silakan pikirkan dengan baik jenis usaha seperti apa yang menurut Anda cocok untuk Anda rintis dan besarkan. Setiap usaha pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga menjadi hal menarik dan tantangan tersendiri. Mulai usaha Anda dengan pertimbangan yang matang agar tidak kesulitan di tengah jalan atau tiba-tiba kehilangan minat menjalankan usaha. 

Demikianlah beberapa ulasan mengenai usaha jangka panjang di desa yang dapat Anda ketahui. Seperti yang Anda ketahui bahwa mendirikan usaha bukan hal yang sepele sehingga harus Anda lakukan dengan penuh tekad dan semangat. Dengan begitulah usaha yang kokoh dengan manajemen bisnis yang bagus dapat tercipta. Teruslah belajar untuk menjadi pebisnis yang andal dan dapat membawa kesuksesan dalam bisnis Anda. 

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick