10+ Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan

10+ Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan

Kebutuhan akan bahan pokok yang makin tinggi tentu mengharuskan Anda memutar otak demi memenuhi setiap kebutuhan tersebut. Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan lebih bisa mencoba usaha rumahan di daerah pedesaan. Peluang usaha rumahan di desa ini masih sangat tinggi karena masih jarang ada bisnis yang berjalan di daerah pedesaan. Oleh karena itulah segera ambil peluang ini dan bangun bisnis Anda di daerah pedesaan. 

Untuk membangun sebuah bisnis baru tentunya Anda membutuhkan banyak persiapan dan tidak bisa asal memulianya begitu saja. Karena salah langkah sedikit saja Anda harus menanggung risiko gagal atau bangkrut. Pertama-tama, Anda harus menyesuaikan bisnisnya dengan minat, ketersediaan sumber daya, modal, dan keterampilan Anda sebagai pebisnisnya. 

Keempat hal tersebut saling berhubungan dan Anda harus memastikan semuanya berjalan selaras agar bisnis bisa berkembang dengan baik. Pemula dalam berbisnis tidak perlu buru-buru membangun lokasi usaha tersendiri karena membutuhkan modal yang tak sedikit. Terlebih Anda masih belajar dan belum paham betul mengenai perjalanan bisnis. Cobalah untuk memulai dari usaha rumahan terlebih dahulu sehingga Anda pun bisa sambil belajar dalam prosesnya. 

10+ Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan

10+ Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan 2

Sebetulnya, ada banyak sekali peluang usaha rumahan di desa yang bisa Anda coba dan pikirkan dengan baik. Masing-masing peluang tersebut memiliki tantangan tersendiri serta kebutuhan modal dan keterampilan prasyarat. Anda harus memastikan bahwa setidaknya Anda memiliki keterampilan dalam bidang bisnis tersebut. Karena bagaimanapun Anda sendiri yang akan melakukan semua persiapan bisnis dari awal hingga akhir. Tentu saja akan sulit bila Anda tidak memiliki keterampilan dalam bidang bisnis pilihan Anda. 

Nah, daripada bingung-bingung memikirkan ide usaha rumahan di desa yang dapat Anda lakukan silakan menyimak ulasan berikut ini. Di bawah ini ada beberapa ide usaha yang dapat Anda lakukan di daerah pedesaan dan cocok untuk pebisnis pemula tentunya. Pertimbangkan ide usaha di bawah ini dan pilihlah mana yang menurut Anda cocok dengan minat dan keterampilan Anda. 

Reseller Pakaian

Bagi Anda yang masih ragu untuk membuat produk sendiri bisa mencoba berbisnis reseller pakaian. Bisnis ini hanya fokus pada dua hal saja, yaitu modal awal dan kemampuan untuk promosi produk. Anda bisa memilih brand pakaian mana yang ingin Anda jual lagi di daerah pedesaan. 

Bisnis reseller tidak membutuhkan keterampilan khusus sehingga Anda yang merasa tidak punya kelebihan bisa mulai berbisnis reseller pakaian. Pastikan untuk mencari supplier pakaian yang jujur, amanah, dan punya produk pakaian bagus. Masyarakat di daerah pedesaan lebih suka pakaian berkualitas daripada pakaian yang mengutamakan mode kekinian. Ingat pula untuk memilih produk pakaian yang sesuai dengan daya beli masyarakat di sekitar Anda. 

Usaha Toko Kelontong

Usaha rumahan yang menguntungkan di desa salah satunya adalah toko kelontong. Bagi Anda yang ingin melakukan usaha jangka panjang dan tak masalah dengan untung kecil bisa memilih toko kelontong. Usaha ini menyediakan kebutuhan sehari-hari masyarakat di desa sehingga tidak akan ada matinya. Mau tak mau masyarakat harus membeli kebutuhan sehari-hari untuk terus bertahan hidup. 

Siapa yang tidak mengonsumsi membutuhkan beras, minyak, gula, sabun, dan sebagainya? Tentunya semua masyarakat bahkan yang ada di daerah perkotaan pun membutuhkannya. Carilah supplier kebutuhan sehari-hari yang menawarkan harga murah dan jenis barang yang banyak. 

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sedikit lebih banyak dan tidak rugi di jasa transportasi. Siapkan banner atau tanda usaha lainnya agar masyarakat tahu bahwa Anda membuka toko kelontong. 

Usaha Sewa Alat Pertanian

Peluang usaha rumahan di desa yang wajib Anda pertimbangkan adalah membuka persewaan alat pertanian. Daerah pedesaan masih banyak sawah sehingga penduduknya pun pasti sebagian besar berprofesi sebagai petani. Manfaatkan hal ini untuk mendapatkan keuntungan dari usaha sewa alat pertanian. 

Pilihlah produk-produk vital yang semua petani pasti membutuhkannya seperti mesin untuk membajak sawah, mesin untuk panen, dan diesel untuk pengairan sawah. Mesin-mesin seperti ini pastinya akan mempermudah petani untuk merawat sawahnya dan dengan waktu yang makin singkat pula. 

Sebagai sampingan Anda juga bisa menyediakan penjualan alat-alat pertanian seperti cangkul, celurit, sambit, dan topi petani. Bila memungkinkan Anda juga bisa mengajukan permohonan untuk menjual pupuk. Usaha penjualan pupuk tentu tidak bisa Anda lakukan begitu saja, melainkan butuh perizinan tersendiri. 

Jasa Distribusi Hasil Panen

Masih berhubungan dengan petani dan sawah, contoh usaha rumahan di desa berikutnya adalah membuka jasa distribusi hasil panen. Ketika musim panen tentu saja para petani akan memperoleh berkarung-karung padi atau jagung dari sawahnya. Akan sangat memakan waktu dan tenaga bila harus memindahkan karung-karung tersebut satu per satu. Maka, Anda bisa membeli truk atau mobil pickup untuk mengangkut karung-karung tersebut. 

Beritahukan kepada tetangga bahwa Anda menyewakan truk atau mobil Anda untuk mengangkut hasil panen mereka. Anda juga bisa menjalin kerja sama dengan penadah hasil panen di kota dan menjadi pemasok mereka. Tentunya Anda akan mendapatkan untung lebih banyak bila berhasil mendapatkan partner bisnis tersebut. 

Usaha Warung Kopi

Daerah pedesaan masih kental dengan budaya gotong royongnya sehingga Anda tidak akan jarang melihat penduduk desa berkumpul di satu tempat. Pada waktu malam hari, para penduduk desa tentu sudah tidak punya kegiatan lain selain berdiam diri di rumah. Usaha warung kopi Anda bisa menjadi lokasi untuk mereka menghabiskan waktu dan melepas penat. 

Minum kopi sambil bercengkerama dengan rekan sesama petani tentu akan lebih baik daripada duduk diam di rumah. Peluang usaha rumahan di desa ini punya potensi yang bagus dan tidak membutuhkan modal yang begitu besar. Anda hanya perlu menyiapkan lokasi untuk bersantai berupa meja dan kursi di depan rumah Anda. 

Usaha Bibit Tanaman dan Padi 

Masyarakat di desa biasanya memiliki rumah dengan halaman yang luas. Mereka juga suka menanam bunga atau sayur-mayur lainnya di depan atau samping rumahnya. Hal ini membuka peluang untuk Anda menjadi pengusaha yang menyediakan berbagai bibit tanaman tersebut. 

Anda bisa menjual berbagai bibit sayuran atau buah-buahan yang menjadi konsumsi penduduk desa tersebut. Pilih juga bunga-bunga yang indah sehingga masyarakat tertarik untuk menanamnya di rumah. Sediakan juga peralatan untuk menanam hingga pupuk tanaman agar mereka tidak kesulitan dalam kegiatan berkebunnya. 

Untuk pengembangan usahanya, Anda bisa mencoba menyediakan bibit-bibit padi atau jagung untuk para petani. Setelah musim panen mereka pasti akan membutuhkan bibit agar bisa menggarap sawahnya lagi. Bila Anda menyediakan tentu para petani tidak perlu jauh-jauh ke kota hanya untuk membeli bibit saja. 

Usaha Perkebunan Hidroponik

Bagi Anda yang suka berkebun bisa mencoba untuk membuat perkebunan hidroponik. Usaha untuk hidup sehat sekarang sangat populer di daerah perkotaan dan tak lama lagi tentu akan sampai ke pedesaan. Hasil dari perkebunan hidroponik ini lebih berkualitas dan bergizi sehingga akan menarik bagi calon konsumen Anda. 

Anda tidak membutuhkan lahan yang luas untuk mendirikan usaha hidroponik ini. Apabila usaha Anda sudah cukup besar, Anda juga bisa menjual hasil panen Anda ke luar kota. Ini adalah peluang usaha rumahan di desa yang menjanjikan dan bisa untuk jangka panjang. 

Usaha Koperasi Simpan Pinjam

Usaha yang berbau keuangan biasanya sangat jarang bisa Anda temukan di desa. Palingan para masyarakat memiliki usaha simpan pinjam sendiri di tingkat RT saja. Tentu saja nominalnya tidak banyak dan tidak cukup membantu untuk para petani yang butuh modal besar. 

Anda yang punya modal besar tetapi bingung ingin membuka usaha apa bisa memilih mendirikan koperasi simpan pinjam. Usaha ini mengharuskan Anda untuk pandai dalam urusan manajemen keuangan sehingga bisa mendapatkan untung dari usaha ini. Apabila mungkin Anda juga dapat mengolah hasil usaha simpan pinjam untuk mendirikan usaha lain. Dengan demikian, usaha Anda bisa berkembang dengan pesat dan keuntungannya juga besar. 

Usaha Bimbingan Belajar

Layanan pendidikan masih begitu minim di daerah pedesaan dan sangat kurang bila Anda bandingkan dengan wilayah kota. Tentu saja hal ini membuat kualitas peserta didik berbeda dan menciptakan gap antara kemampuan peserta didik kota dan desa. Bila Anda merupakan orang yang belajar di dunia pendidikan silakan dirikan usaha bimbingan belajar. 

Peluang usaha rumahan di desa cukup bagus karena Anda tidak akan punya banyak pesaing. Selain itu, modal yang harus Anda keluarkan untuk usaha ini juga tidak banyak karena hanya perlu siap meja sebagai alat belajar mengajar. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari biaya bimbingan belajar peserta didik Anda dan juga turut membantu mencerdaskan putra putri bangsa. 

Usaha Penyewaan Kamar 

Tinggal di daerah desa wisata dengan kunjungan dari wisatawan yang tinggi? Ambil peluang tersebut untuk membuka usaha penyewaan kamar di tempat tinggal Anda. Bisa juga Anda membangun kamar kos atau rumah khusus sewa di daerah yang dekat dengan wisata desa Anda. 

Bila ingin menambah untung, Anda juga bisa menyediakan jasa sarapan, makan siang, dan bahkan makan malam. Tambahan berupa fasilitas loundry pakaian juga cocok untuk kawasan wisata karena para pengunjung pastinya kesulitan untuk mencuci pakaian kotor mereka. 

Usaha Bengkel Motor

Membuka usaha bengkel motor di daerah pedesaan punya peluang yang bagus. Hal ini karena sebagian besar bengkel terletak di kota dan membutuhkan usaha untuk membawa motor yang rusak ke kota. Masyarakat pedesaan pasti lebih memilih untuk memperbaiki motornya di bengkel Anda karena letaknya lebih dekat. 

Sudah Tahu Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan?

10+ Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan 3

Jangan sampai Anda justru kebingungan setelah mengetahui begitu banyaknya ide bisnis di atas. Dari semua ide bisnis yang tersedia, apakah Anda sudah punya incaran bisnis yang mungkin untuk Anda lakukan? Silakan membuat rencana bisnis yang mantap dan jangan lupa untuk melakukan riset pasar serta evaluasi persaingan bisnis di sekitar Anda. 

Bisnis dengan persiapan yang bagus pasti berpeluang besar untuk sukses walaupun dijalankan oleh seorang pemula. Peluang usaha rumahan di desa dapat Anda kembangkan dan lebarkan untuk mencakup daerah yang lebih luas lagi. Dengan demikian, potensi keuntungan Anda juga akan meningkat drastis. 

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick