6 Ide Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar

6 Ide Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar

Ketika menjadi seorang ibu rumah tangga, Anda mungkin akan berpikir sudah terbatasi kegiatannya untuk bekerja. Karena tentu saja Anda harus mengurus rumah, suami, dan anak bila sudah memilikinya. Hal itu tidak sepenuhnya benar karena ada kesempatan usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar. Usaha ini membuka lebar kesempatan untuk Anda mendapatkan penghasilan sendiri tanpa harus bergantung kepada suami.

Membuka usaha memang membutuhkan modal, tetapi nominal modalnya menyesuaikan dengan kemampuan sang pengusaha itu sendiri. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan urusan modal karena yang Anda butuhkan adalah kemampuan berbisnis dan keterampilan khusus dalam suatu hal. Tentu saja Anda akan memilih suatu bidang bisnis dan Anda haruslah punya keterampilan dari bidang tersebut. Bagi pengusaha pemula dan modal kecil, Anda tentu tidak bisa langsung membayar orang untuk mengerjakan bagian yang tidak mampu Anda kerjakan dengan baik.

6 Ide Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar

6 Ide Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar 2

Mempersiapkan semua bisnis dari awal memang melelahkan dan menyita banyak sekali waktu Anda. Sebagai ibu rumah tangga, Anda memang punya waktu luang yang cukup banyak tetapi tidak menentu waktunya. Hal ini terkadang membuat Anda kesal atau bahkan stres karena tidak kunjung membuat kemajuan dalam bisnis seperti yang Anda inginkan. Namun, Anda harus sabar dan tetap mengerjakan semuanya satu per satu agar hasilnya bisa maksimal. 

Anda juga harus mempertimbangkan untuk mencari inspirasi usaha dari ide usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar. Di sini Anda akan mendapatkan informasi mengenai jenis usaha yang dapat Anda mulai dengan modal yang kecil. Silakan simak contoh ide-ide berikut ini karena siapa tahu ada yang cocok atau Anda justru akan mendapatkan inspirasi bisnis baru. 

Usaha Kerajinan Tangan

Usaha sampingan ibu rumah tangga dengan modal kecil yang dapat Anda lakukan salah satunya adalah berbisnis kerajinan tangan. Bagi Anda yang tangannya sudah terampil dan terlatih untuk menciptakan produk-produk kerajinan yang indah tentunya punya kesempatan bagus di sini. Anda tidak perlu lagi repot-repot belajar untuk meningkatkan skill Anda dalam merangkai atau membuat sesuatu. 

Bisnis kerajinan tangan sebetulnya mungkin Anda lakukan dengan modal sekecil apa pun. Semua itu tergantung pada keputusan dan kreativitas Anda sebagai pemilik bisnis. Pikirkan dengan baik dan cari potensi yang mungkin untuk bisnis Anda di sekitaran rumah. Siapa tahu ada bahan-bahan yang bisa Anda peroleh secara cuma-cuma dan menjadi bernilai jual tinggi setelah Anda kreasikan. 

Reseller Produk

Bagi Anda yang ingin instan dalam membuka usahanya ada baiknya Anda mencoba dulu untuk menjadi seorang reseller produk. Sekarang ada banyak sekali produk yang bermunculan di Indonesia dan bisa Anda lihat di media sosial. Nah, produk-produk ini pasti akan membutukan banyak reseller. Peran reseller di sini adalah menjualkan produk-produk dari brand tertentu yang dapat Anda pilih sebelumnya. 

Anda tidak perlu repot-repot untuk mempersiapkan semuanya dari nol karena produk reseller adalah produk siap jual. Usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar satu ini membutuhkan kemampuan bisnis yang cukup tinggi dan kepiawaian dalam menjual produk. Proses pendaftaran reseller ini berbeda tiap masing-masing brand. Sehingga, Anda bisa mencoba menanyakannya sendiri kepada brand yang bersangkutan. 

Laundry

Usaha laundry adalah ide usaha ibu rumah tangga modal kecil yang dapat menjadi jurus terakhir bagi Anda yang bingung mau usaha apa. Kegiatan mencuci, mengeringkan, hingga menyetrika baju tentu sudah tidak asing lagi bagi seorang ibu rumah tangga. Namun, tidak semua ibu rumah tangga sempat melakukannya karena tuntutan pekerjaan di kantor. 

Anda bisa memanfaatkan peluang itu untuk membangun usaha laundry Anda di rumah. Untuk mendirikan usaha laundry ini tidak harus Anda mulai dengan serba baru karena bisa menggunakan produk yang sudah ada. Anda bisa secara perlahan menambah alat usaha setelah mendapatkan hasil usaha dari bisnis tersebut. 

Usaha Katering Makanan Sehat

Anda punya keterampilan meramu bumbu masakan menjadi hidangan yang lezat? Cobalah usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar dengan membuka katering makanan sehat. Konsep kateringnya kurang lebih sama dengan konsep katering pada umumnya tetapi yang berbeda adalah menunya. Makanan sehat menjadi salah satu hal yang banyak di cari karena sudah maraknya kesadaran untuk hidup sehat. 

Anda bisa menargetkan para mahasiswa dan pekerja kantoran untuk mesan produk makanan sehat di sekitar rumah Anda. Mereka pasti tidak memiliki waktu untuk membuat sarapannya sendiri di rumah. Jangankan menu makanan sehat, bisa makan teratur saja mungkin mereka sudah sangat senang.

Usaha Jual Frozen Food

Ingin usaha modal kecil untung besar untuk ibu rumah tangga yang praktis dan mudah? Frozen food bisa menjadi produk jualan yang tepat untuk Anda. Produk ini memiliki masa simpan yang cukup lama dan peminat di pasarannya juga tinggi. Sekarang, masyarakat suka mengonsumsi frozen food karena lebih praktis dan memiliki rasa enak. Karenanya potensi usaha frozen food ini sangat bagus dan patut untuk Anda coba. 

Bila ingin hemat dan terjangkau, Anda bisa mengemas kembali frozen food tersebut per item atau mencampurnya. Terkadang harga frozen food ini membuat calon pembeli maju mundur karena memang tidak terlalu murah. Apalagi, dengan harga itu pelanggan Anda hanya bisa mendapat satu jenis frozen food saja. 

Usaha Bimbingan Belajar

Menguasai mata pelajaran tertentu dan punya skill mengajar? Kenapa tidak mencoba membuka bimbingan belajar saja di rumah? Sekarang, materi pelajaran makin sulit sehingga banyak pelajar kurang mampu memahami setiap materi yang guru mereka sampaikan di sekolah. Anda bisa menawarkan jasa Anda untuk membantu para pelajar tersebut memahami setiap mata pelajaran tersebut. 

Usaha ini hanya membutuhkan peralatan tulis menulis serta meja untuk belajar sehingga murid Anda bisa lebih nyaman. Anda bisa memasang banner di depan rumah agar tetangga mengetahui bahwa Anda membuka jasa bimbingan belajar. 

Memulai Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar?

6 Ide Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar 3

Memulai sebuah bisnis baru merupakan tanggung jawab yang besar dan proses yang cukup panjang. Sehingga, Anda harus memantapkan keputusan dengan sebaik mungkin agar proses bisnis tidak mandek di tengah jalan. Yang ada Anda justru merugi karena tenaga, pikiran, dan modal yang Anda curahkan tidak bisa kembali dalam bentuk keuntungan. Bila Anda merupakan pebisnis pemula, maka Anda harus ekstra sabar menjalani proses perjalanan bisnis yang begitu panjang tersebut. 

Dari sekian banyak ide usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar di atas, tentunya ada salah satu bisnis yang cocok sebagai selingan kegiatan Anda di rumah. Rencanakan dengan baik bisnis Anda agar proses eksekusi bisa lancar dan memiliki backup plan apabila terjadi hal-hal di luar perkiraan Anda. 

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick