8 Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

8 Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

Terpikir untuk membuat usaha baru di daerah pedesaan karena punya waktu luang sebagai ibu rumah tangga? Hal ini mungkin sekali Anda lakukan karena banyak usaha untuk ibu rumah tangga di desa yang bisa Anda pilih. Memulai usaha baru di daerah pedesaan memiliki persaingan yang relatif rendah daripada di kota. Namun, tentu saja Anda harus bekerja keras untuk menarik minat para masyarakat di pedesaan untuk membeli produk Anda. 

Dengan mendirikan usaha di desa ini, Anda bisa memanfaatkan waktu luang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sayangnya masih banyak para ibu rumah tangga yang merasa takut dan bimbang untuk memulai usahanya. Perasaan takut gagal, takut tidak ada yang membeli, dan takut salah memanajemen usaha memang sangatlah wajar. Apalagi, bila Anda merupakan pebisnis pemula tanpa ada pengalaman bisnis sedikit pun. Perjalanan mendirikan usaha Anda haruslah mulai dari belajar memahami konsep dan pengetahuan mengenai bisnis terlebih dahulu.

8 Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

8 Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga di Desa 2

Sambil mempelajari mengenai bisnis, Anda bisa mencari tahu pula jenis usaha untuk ibu rumah tangga di desa. Informasi ini dapat membantu Anda untuk menentukan usaha seperti apa yang mungkin untuk Anda dirikan di desa. Karena bagaimanapun jenis usaha sangat penting untuk kesuksesan usaha itu sendiri. Jangan sampai Anda salah membaca peluang pasar dan berakhir sepi usahanya. 

Berikut ini adalah beberapa contoh usaha yang bisa Anda pelajari dan pertimbangkan peluangnya di daerah pedesaan. Mungkin saja salah satu usaha buat ibu rumah tangga di desa ini bisa Anda realisasikan. Akan tetapi, jangan pula terpaku pada beberapa contoh ini saja. Karena besar kemungkinan Anda menemukan potensi usaha baru di daerah Anda. 

Usaha Jualan Makanan Sarapan

Di daerah pedesaan banyak sekali terdapat sawah dan perkebunan sehingga masyarakatnya pun bekerja sebagai petani di sana. Para petani di desa akan berangkat bekerja pagi-pagi buta agar tidak harus pulang terlalu larut. Nah, sebelum berangkat sudah pasti mereka membutuhkan sarapan untuk mengisi energi agar bisa bekerja dengan baik. 

Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk mendirikan usaha jualan makanan sarapan. Adanya usaha Anda ini dapat membantu para petani untuk bisa sarapan dengan cepat dan   mudah. Usaha untuk ibu rumah tangga di desa ini membutuhkan keterampilan memasak yang bagus sehingga hidangan memiliki rasa yang nikmat. Pilihlah menu hidangan yang banyak masyarakat pedesaan sukai dan Anda juga bisa menyediakan berbagai minuman di kedai Anda tersebut. 

Usaha Warung Jajanan

Warung jajanan adalah usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa karena usaha ini tidak membutuhkan keterampilan tertentu. Yang Anda butuhkan adalah keterampilan untuk berbisnis dan keterampilan untuk menjual produk dagangan Anda di warung tersebut. Warung jajanan punya potensi usaha yang bagus di daerah pedesaan karena biasanya masyarakat suka sekali ngemil di waktu santai. 

Anda bisa menyediakan berbagai makanan ringan untuk anak-anak sehingga warung jajanan Anda makin ramai. Untuk mendirikan usaha ini sudah pasti Anda membutuhkan bangunan toko dan etalase atau rak-rak untuk wadah dagangan Anda. Modal awalnya memang cukup besar, tetapi setelahnya Anda hanya perlu beli barang dagangan saja. 

Usaha Agen Pulsa, Listrik, dan Air

Di daerah pedesaan sekarang sudah terjangkau oleh jaringan hp, PDAM, dan listrik. Untuk kawasan pedesaan biasanya para penduduk kesulitan untuk melakukan pembayaran layanan tersebut karena jauh dari kota. Nah, ini adalah peluang usaha di desa untuk ibu rumah tangga yang cocok untuk Anda. 

Apabila ada yang menyediakan jasa layanan agen pulsa, listrik, dan air di sekitar mereka tentu masyarakat tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota. Usaha Anda ini bisa membantu masyarakat sekitar untuk mempermudah memenuhi kebutuhan mereka. Anda tidak perlu khawatir terlalu banyak waktu tersita untuk menjalankan usaha. Usaha ini tidak membutuhkan banyak persiapan ataupun modal sehingga sangat praktis dan hemat. 

Usaha Jualan Gorengan

Punya sedikit keahlian memasak dan ingin mendirikan usaha di bidang kuliner? Tentu bisa-bisa saja asalkan Anda memilih produk kulinernya dengan bijak. Dengan kemampuan yang pas-pasan setidaknya Anda bisa membuat gorengan dengan rasa yang nikmat. Jajanan yang satu ini merupakan kegemaran orang Indonesia khususnya yang tinggal di daerah pedesaan. 

Selain itu, usaha untuk ibu rumah tangga di desa ini tidak butuh pula modal yang begitu besar. Anda bisa menggunakan peralatan memasak yang ada di rumah dulu untuk membuat produk-produk gorengan. Untuk lokasi berjualannya, Anda bisa memilih di depan rumah dengan menata meja dan kursi serta pesan banner usaha tentunya. 

Usaha Jualan Kue Kering 

Untuk Anda yang punya keahlian membuat kue tentu akan sayang sekali bila tidak Anda manfaatkan untuk berjualan. Kue-kue kering saat ini peminatnya cukup tinggi khususnya bila ada hari-hari besar. Anda bisa membuka jasa jual kue kering pesanan untuk camilan di rumah atau menjamu acara-acara tertentu. Gunakan sistem pre-order agar Anda tidak perlu merasa khawatir dagangan tidak habis dan berakhir basi. 

Bagi Anda yang tertarik untuk berjualan kue kering bisa mempertimbangkan dulu produk kue kering apa yang memiliki posisi teratas di hati masyarakat. Mencari tahu potensi menu kue kering berpengaruh besar terhadap kesuksesan usaha Anda.

Pasarkan kue-kue kering Anda menggunakan media sosial agar jangkauan pembelinya makin luas lagi. Pertimbangkan untuk menyediakan kue kering khusus untuk hantaran atau hadiah dengan hiasan yang cantik. 

Usaha Toko Sembako

Ibu rumah tangga yang merasa tak punya keahlian tertentu bisa mencoba untuk mendirikan toko sembako. Usaha untuk ibu rumah tangga di desa satu ini tidak mengharuskan Anda untuk punya keahlian di bidang tertentu. Sediakan kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat dengan harga terjangkau. Dengan demikian, masyarakat pedesaan akan memilih berbelanja di toko Anda daripada toko lain. 

Usaha sembako sebetulnya termasuk usaha yang sangat banyak peminatnya. Bila Anda ke kota, Anda pasti akan menemukan banyak sekali toko sembako yang berdampingan. Oleh karena itu, lakukan riset pasar dengan benar dan evaluasi kompetitor sedalam mungkin. Apabila Anda merasa tidak mampu untuk bersaing dengan kompetitor, maka sebaiknya Anda memikirkan usaha lain saja. Dengan begitu, Anda tidak perlu lama-lama untuk mendapatkan keuntungan dari usaha Anda dengan risiko minim. 

Usaha Tanaman Hidroponik 

Sistem tanaman hidroponik merupakan konsep yang unik dan mungkin saja belum ada sama sekali di daerah pedesaan. Bercocok tanam dengan sistem ini dapat menghasilkan produk yang lebih segar dan bernilai gizi yang tinggi. Anda bisa menanam sayur-sayuran, tomat, dan lombok di lokasi hidroponik Anda. Dengan adanya gerakan untuk makan makanan sehat, Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan pelanggan. 

Namun, Anda harus mempersiapkan modal yang tak sedikit karena instalasi atau pembuatan hidroponik tidaklah murah. Anda juga harus mempersiapkan lokasi untuk tanaman-tanaman hidroponik Anda dan tentu lokasi tersebut harus dekat dengan rumah. Potensi usaha untuk ibu rumah tangga di desa ini bagus karena Anda bisa menjadi penjual sayuran hidroponik atau bahkan pemasok ke kedai-kedai makanan.  

Usaha Waralaba Makanan 

Bisnis waralaba adalah jenis bisnis yang saat ini ramai peminatnya karena ringkas dan praktis. Menggunakan jaringan bisnis ini Anda sudah memangkas panjangnya persiapan bisnis hingga siap untuk membuka usaha. Waralaba ini sebenarnya menjual merek lengkap dengan peralatan bisnisnya kepada Anda. 

Jadi, Anda hanya perlu membuka usaha tersebut di lokasi yang Anda inginkan. Karena banyaknya jenis usaha waralaba makanan yang tersedia, Anda harus pandai-pandai memilih usaha yang banyak peminatnya di daerah pedesaan. Bagaimanapun juga peminatan terhadap kuliner di daerah perkotaan akan berbeda dengan daerah pedesaan. Bila Anda berhasil memilih jenis makanan yang tepat, maka Anda tidak akan kesulitan dalam hal penjualannya. 

Ingin Memulai Usaha untuk Ibu Rumah Tangga di Desa?

8 Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga di Desa 3

Bagi Anda yang ingin mendirikan usaha di rumah harus memulainya dari sekarang karena persiapan yang Anda butuhkan tidak sederhana. Anda harus mempersiapkan semuanya dari awal dan dengan hati-hati agar usaha bisa berdiri dengan baik. Pengelolaan usaha sangatlah penting untuk keberlanjutan usaha tersebut. Meskipun usaha kecil harus tetap punya persiapan dan pengelolaan yang matang. Karena dua hal itulah yang akan menjadi penentu bisa tidaknya usaha yang Anda bangun berkembang dengan baik. 

Itulah beberapa contoh usaha untuk ibu rumah tangga di desa yang dapat Anda ketahui. Silakan mendiskusikannya dengan suami kira-kira usaha mana yang dapat dan mungkin Anda dirikan. Tentunya Anda juga harus memikirkan ketersediaan waktu Anda dengan baik untuk usaha tersebut. Sebagai ibu rumah tangga Anda memang punya waktu luang yang lebih banyak. Akan tetapi tanggung jawab Anda di rumah juga tidak kecil apalagi bila sudah punya anak. 

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick