Mengenal Bisnis Keberlanjutan di Era Digital

Bisnis Keberlanjutan

Makin banyak perusahaan yang memanfaatkan keberlanjutan ke dalam strategi bisnis mereka setelah menyadari bahwa mereka juga akan mendapatkan keuntungan dari berbuat baik. 

Namun, sebenarnya apa makna bisnis keberlanjutan dan bagaimana cara melaksanakannya?

Bisnis Keberlanjutan

Definisi Keberlanjutan di Dunia Bisnis

Dalam bisnis, keberlanjutan berarti strategi perusahaan untuk mengurangi dampak negatif pada lingkungan yang bisa timbul dari kegiatan operasi mereka. Praktik keberlanjutan organisasi khususnya dianalisis berdasarkan metrik lingkungan dan sosial.

Strategi bisnis bertujuan memberi dampak positif, setidaknya pada satu dari dua metrik tersebut. Jika perusahaan gagal menjalankan tangung jawabnya, hal sebaliknya akan terjadi yang mengakibatkan masalah, seperti penurunan kualitas lingkungan, ketidaksamaan, dan ketidakadilan sosial.

Bisnis yang berkelanjutan mempertimbangkan beragam faktor, seperti ekonomi, lingkungan, dan sosial saat membuat keputusan. Perusahaan ini kemudian memantau dampak kegiatan operasional dan memastikan bahwa keuntungan jangka pendek yang mereka hasilkan tidak mengakibatkan kerugian jangka panjang.

Setiap perusahaan memiliki strategi keberlanjutan sendiri yang berbeda satu sama lain karena berhubungan dengan tujuan dan nilai tiap perusahaan. Contoh melaksanakan bisnis keberlanjutan bisa dengan:

  1. Menggunakan bahan ramah lingkungan dalam proses produksi.
  2. Mengoptimasi rantai pasokan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dengan melakukan penggunaan ulang, merancang aliran limbah, dan melindungi sumber daya alam.
  3. Menggunakan sumber energi terbarukan dalam proses produksi dan fasilitas.
  4. Memberikan dana pendidikan bagi para siswa yang tinggal di sekitar perusahaan.
  5. Melakukan pembangunan berkelanjutan dengan menganalsis risiko dan meningkatkan ketahanan serta mematuhi aturan pemerintah dan tujuan pembangunan.

Baca juga: https://archiveindex.org/8-usaha-yang-cocok-untuk-ibu-rumah-tangga-di-desa/ 

Pentingnya Bisnis Keberlanjutan

Penelitian menunjukkan perusahaan yang mengaplikasikan keberlanjutan dalam strategi mereka memiliki utang dan tanggungan lebih rendah. Selain itu, keberlanjutan dapat meningkatkan finansial perusahaan dan mendukung masyarakat.

Artinya, mengintegrasikan keberlanjutan dalam keputusan bisnis bisa memberikan dampak langsung pada perusahaan dalam menghasilkan uang. Itulah alasan yang membuat banyaknya perusahaan melakukan praktik ini; salah satunya perusahaan teknologi Dell.

Untuk lebih jelasnya, berikut alasan praktik ini memiliki nilai etis dan strategis secara finansial:

  1. Pegawai lebih suka bekerja di perusahaan yang memiliki misi dan tujuan ramah lingkungan dan peduli terhadap bumi.
  2. Konsumen mau membayar lebih untuk barang dari merek yang memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan.
  3. Pemerintah, investor, pegawai, dan konsumen meminta tindakan nyata atas tanggung jawab perusahaan pada lingkungan.
  4. Banyak ahli ekonomi dunia yang sudah atau sedang mengembangkan syarat pendirian perusahaan yang berhubungan dengan dampak lingkungan.
  5. Bisnis yang dijalankan dengan praktik ini lebih menarik banyak investor.

Untuk menjaga bumi dan penduduk masa depan, perusahaan harus memenuhi aturan lingkungan dan tenggat waktu pemenuhannya, memilih energi tanpa karbon, dan memperbaiki konsumsi sumber daya.

Manfaat Bisnis Keberlanjutan

Perusahaan yang telah menerapkan praktik keberlanjutan dalam kegiatan operasi mereka menikmati banyak keuntungan. Berikut beberapa keuntungan yang diperoleh perusahaan:

1. Menang Dalam Kompetisi

Sebanyak 55% konsumen mengatakan bahwa tanggung jawab lingkungan sangat penting dalam memutuskan membeli produk dari suatu merek. Memberi tahu konsumen bahwa perusahaanmu telah menerapkan praktik ini bisa meningkatkan brand awareness.

2. Menarik Investor

Meningkatnya permintaan akan tanggung jawab terhadap lingkungan membuat makin banyak investor yang memilih untuk berinvestasi pada perusahaan yang memiliki misi lingkungan.

3. Mendapatkan Pegawai yang Lebih Baik

Banyak pegawai bertalenta yang ingin bekerja di perusahaan yang berkelanjutan dan memiliki tanggung jawab sosial. Dengan membangun reputasi ini, perusahaanmu akan lebih menarik bagi calon pegawai berkualitas.

4. Pertumbuhan Pendapatan

Dengan menerapkan praktik keberlanjutan yang mengurangi konsumsi sumber daya dan mengoptimasi efisiensi operasi, perusahaan yang menerapkan praktik ini akan mendapatkan keuntungan besar di kemudian hari.

Baca juga: https://archiveindex.org/bagaimana-cara-meningkatkan-penjualan-bisnis-online-dengan-cepat-dan-efisien/ 

Langkah-Langkah Menjalankan Bisnis Keberlanjutan

Untuk mengubah tujuan perusahaan menjadi kenyataan, beberapa langkah berikut bisa dilakukan.

1. Menemukan Masalah dan Menentukan Tujuan

Langkah pertama untuk melakukan perubahan adalah mengetahui apa arti keberlanjutan bagi tim, perusahaan, industri, dan klien. Untuk menentukan tujuan, lakukan pendekatan “SMART” yang merupakan singkatan dari specific, measurable, achievable, relevant, dan time-bound.

2. Merencanakan Misi

Misi harus mencakup fokus kerja perusahaanmu. Misi harus menggambarkan nilai dan tujuan perusahaan dan menjadi pengarah perusahaan atas apa yang harus dilakukan. Dengan kata lain, misi harus bisa menjawab pertanyaan 5W.

3. Buat Strategi

Dalam membuat strategi, mulailah dengan kerangka keuntungan, masyarakat, dan bumi. Dengan begitu, kamu bisa membangun strategi bisnis keberlanjutan yang juga menguntungkan. Pasalnya, tidak ada fungsinya berguna bagi bumi tetapi tidak dapat melanjutkan bisnis.

Kamu bisa memulainya dengan pertanyaan “Apakah konsumen mau membayar lebih jika proses produksi dilakukan dengan keberlanjutan?” atau “Apakah proses bisnis yang lebih baik dapat mengurangi emisi gas?” Jika kedua pertanyaan itu dapat dijawab dengan “ya”, kemungkinan kamu bisa mulai menjalankan strategi itu.

4. Jalankan Srategi

Jika bingung bagaimana cara menjalankan strategi ini, mulailah dengan bekerja sama dengan organisasi yang juga memiliki kepedulian lingkungan. Menyamakan misi bersama bisa mendukung perkembangan. Setelah itu, periksa prosesnya secara berkala untuk memastikan tujuan, misi, dan progress berjalan sesuai keinginan.

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick