Peluang Bisnis di Era NFT (Non-Fungible Token) dalam Seni dan Hiburan

Peluang Bisnis di Era NFT

NFT atau Non-Fungible Token menjadi istilah yang banyak kita dengar belakangan ini. Pertama kali ditemukan di tahun 2014, keberadaan NFT makin banyak menarik minat masyarakat. Di dalam industri seni dan hiburan pun, NFT cukup memberikan pengaruh.

Di industri ini, NFT membuka peluang bisnis yang sangat menarik. Bisa dibilang, Peluang bisnis di era NFT memberikan peluang dan tantangan di saat yang bersamaan bagi para seniman. 

Untuk tahu lebih lengkap mengenai popularitas NFT saat ini, dampaknya terhadap industri seni dan hiburan, serta peluang bisnis di berbagai industri hiburan, simak terus artikel ini.

Peluang Bisnis di Era NFT

Maraknya NFT Saat Ini

Selain dunia digital, mata uang kripto, dan metaverse, Non-Fungible Token (NFT) juga menjadi istilah yang banyak dibicarakan saat ini. Di Indonesia sendiri, NFT menarik lebih banyak minat masyarakat setelah Ghozali, pemuda asal Semarang, berhasil menjual foto selfie dirinya lewat NFT dengan harga yang tidak tanggung-tanggung, yaitu Rp1,5 miliar rupiah.

Sejak fenomena Ghozali inilah, banyak orang berlomba-lomba mencoba peruntungan di NFT dengan menjual berbagai karya seni digital mereka, mulai dari gambar, foto, konten, musik, dan banyak lagi. Hanya saja, tidak sedikit orang yang kurang memahami teknologi NFT ini. 

Karena itulah sempat viral beberapa orang yang dengan sengaja menjual foto KTP mereka. Tentu praktik ini bukan sesuatu yang patut dicontoh karena KTP merupakan kartu identitas yang memuat data pribadi kita. Hal tersebut bisa mendatangkan risiko penyalahgunaan.

Peluang bisnis di era NFT memang mengalami pertumbuhan. Hal ini bisa kita lihat dari munculnya berbagai marketplace NFT lokal di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah TokoMall, Enevti, Kolektibel, TokoNFT, Paras Digital, Baliola, dan Artsky. Marketplace NFT ini merupakan karya anak Indonesia. 

Beberapa seniman lebih memilih marketplace lokal karena dipercaya bisa melindungi seniman dalam negeri dan mengurangi risiko transaksi di marketplace luar negeri. Keberadaan marketplace lokal ini tentu mendukung para seniman konvensional maupun digital saat ingin terjun ke ekosistem NFT untuk menjual hasil karya mereka.

Dampak NFT Terhadap Industri Seni dan Hiburan

Tumbuhnya peluang bisnis di era NFT memberikan baik peluang dan tantangan kepada para pelaku seni. Ancaman yang harus dihadapi para seniman adalah tidak adanya kepastian atau perlindungan hukum dari proses menjual hasil karya digital mereka. Di Indonesia pun belum ada kepastian hukum yang mengatur pertumbuhan industri ini.

Tantangan lainnya adalah terciptanya spekulasi yang tinggi. Seperti kasus Ghozali di atas. Dengan adanya berita ini, muncul spekulasi mengenai harga yang berlebihan di pasar. 

Tantangan berikutnya adalah isu lingkungan. Proses penciptaan NFT menggunakan energi yang signifikan. Hal ini memunculkan kekhawatiran terhadap dampaknya pada lingkungan.

Meskipun begitu, ada berbagai peluang yang ditawarkan agar para seniman bisa mendapatkan penghasilan dari karya mereka. Adapun dampak positif dari NFT bagi industri seni dan hiburan adalah:

1. Menghasilkan Pendapatan bagi para Seniman 

Dengan munculnya peluang bisnis di era NFT, pemilik karya seni memiliki pasar atau wadah baru untuk memasarkan hasil karya mereka. Besarnya ekosistem NFT tentu membuka peluang lebih besar bagi para seniman untuk mendapatkan penghasilan.

2. Kepemilikan Suatu Karya Dapat Dibuktikan

Salah satu fungsi dari NFT adalah memberikan jaminan bagi pemilik atas produk atau karya yang mereka bagi di NFT. Kepemilikan ini bisa dibuktikan dengan tanda unik atau identitas unik pemilik.

3. Likuiditas Aset Seni

Likuiditas mengacu pada ketepatan suatu aset bisa diubah menjadi uang tunai tanpa memberikan dampak pada harga pasar. Dengan mudahnya seniman menjual karya di NFT, likuiditas yang ditawarkan tentu lebih besar dibandingkan dengan pasar konvensional.

4. Penyelamatan Hasil Karya

Seniman akan mendapatkan royalti setiap kali karya mereka dijual kembali. Hal ini bisa menjaga pendapatan mereka.

Bagaimana Peluang Bisnis NFT pada Seni Digital, Musik, dan Hiburan

Peluang bisnis di era NFT terutama di industri seni digital, musik, dan hiburan sangat menjanjikan. Berikut ini beberapa peluang bisnis di era NFT yang dapat dijelajahi:

1. Seni Digital dan Koleksi NFT

Seniman digital bisa membuat karya seni digital yang menarik dan unik agar bisa terjual di NFT. Banyak kolektor NFT tidak keberatan mengeluarkan uang untuk produk-produk koleksi yang unik dan langka.

2. Hiburan Virtual

Di NFT, pemain musik atau hiburan bisa menjual tiket NFT untuk bisa mengakses pertunjukan, konser, atau meet-up virtual dengan mereka.

3. Film dan Media

Kita juga bisa menjual cuplikan eksklusif dari film, drama, atau proyek media melalui NFT.

4. Pendidikan

Melalui NFT, guru atau tim pengajar bisa menjual sesi belajar atau kursus bersertifikasi. Guru atau peneliti juga bisa menjual karya tulisan mereka.

Penutup

Peluang bisnis di era NFT terbuka lebar bagi para seniman dan pelaku industri hiburan. Selain mendatangkan tantangan, teknologi NFT juga menawarkan berbagai keuntungan bagi para seniman untuk mengomersialkan karya mereka.

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick