Ekonomi Berbasis Platform (Platform Economy): Cara Kerja dan Dampaknya

Ekonomi Berbasis Platform

Pertumbuhan dunia perdagangan online dengan mengandalkan kecanggihan internet dan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) berkembang sangat pesat di beberapa tahun belakangan. Fenomena inilah yang kemudian memunculkan tren ekonomi digital. 

Salah satu dampak dari tren ekonomi digital adalah perubahan dalam perkembangan dunia bisnis dan perdagangan. Dampak yang paling bisa kita lihat saat ini adalah menjamurnya ekonomi berbasis platform atau platform economy. Maraknya ekonomi berbasis platform didukung dengan semakin banyaknya perusahaan start-up yang bisa bertumbuh dengan cukup cepat.

Untuk tahu lebih jelas apa itu ekonomi berbasis platform atau platform economy, cara kerja, dan dampaknya dalam perekonomian global, simak terus artikel ini.

Ekonomi Berbasis Platform

Pengertian Ekonomi Berbasis Platform (Platform Economy)

Pertumbuhan ekonomi berbasis platform berkembang dengan sangat pesat. Selain memberikan manfaat bagi pelaku bisnis, platform economy juga memberikan manfaat dan kemudahan bagi konsumen. Jadi, apa pengertian ekonomi berbasis platform?

Ekonomi berbasis platform merupakan aktivitas perdagangan atau ekonomi yang difasilitasi oleh platform. Platform di sini adalah kombinasi arsitektur perangkat keras dan kerangka kerja software komputer yang dapat menampung kegiatan perdagangan.

Platform menampung layanan yang memungkinkan konsumen, bisnis, pengusaha, dan masyarakat umum untuk bisa terhubung, berbagi sumber daya, dan menjual atau membeli produk. Dalam ekonomi digital, terdapat tiga jenis utama ekonomi platform, yaitu:

  1. Platform Transaksi

Platform transaksi merupakan tempat digital yang berfungsi sebagai pasar virtual atau tempat pertemuan berbagai kelompok orang. Contoh platform transaksi adalah Facebook, Amazon, Etsy, Airbnb, Alibaba, Shopee, Tokopedia, lazada, Blibli, dan masih banyak lagi.

  1. Platform Inovasi

Platform ini memberikan kerangka teknologi kepada pelanggan yang dapat disesuaikan dengan penggunaan individu. Contoh perusahaan platform inovasi adalah Microsoft, Oracle, Salesforce, Outsystem, dan lain-lain.

  1. Platform Integrasi

Platform ini merupakan kombinasi antara platform transaksi dan platform inovasi. Platform ini mirip dengan pasar aplikasi online, misalnya Google Play dan Apple App Store.

Dalam banyak aspek kehidupan, ekonomi berbasis platform perlahan telah menggantikan model ekonomi konvensional. Misalnya saja persewaan video yang dulu dilakukan di toko fisik. Kini, orang tidak perlu repot datang ke toko karena sudah banyak tersedia layanan streaming video seperti Netflix, Vidio, Viu, Youtube, dan sebagainya.

Demikian pula dengan bisnis liburan atau taksi. Pelayanan bisnis liburan dan taksi konvensional kini perlahan sudah tergantikan dengan aplikasi ramah pengguna seperti Airbnb, Gojek, Grab, Uber, atau Lyft. 

Selain dampaknya terhadap bisnis, ekonomi berbasis platform juga memengaruhi sistem tenaga kerja. Banyak peran yang telah terdigitalisasi atau digantikan oleh teknologi.

Platform Ekonomi Berbagi: Model Bisnis Baru di Era Digital

Selain ekonomi berbasis platform, ada juga platform ekonomi berbagi. Sama halnya dengan ekonomi berbasis platform yang kian marak, kini platform ekonomi berbagi juga semakin populer di kalangan masyarakat. Apa itu platform ekonomi berbagi? 

Platform ekonomi berbagi merupakan platform online yang memfasilitasi komunikasi terbuka antar pengguna dan memberi mereka akses terhadap produk dan layanan atau kemampuan untuk menghasilkan uang dengan menyewakan aset mereka. 

Platform ini memungkinkan kita untuk mendapatkan akses terhadap barang atau jasa dengan menyelesaikan transaksi jangka pendek dengan orang lain. Berkat kecanggihan internet dan teknologi saat ini, konsep berbagi barang dan jasa kini semakin mudah. 

Masyarakat yang ingin menawarkan barang atau jasa bisa dengan cepat dan efektif terhubung dan berkomunikasi dengan mereka yang membutuhkan melalui platform online. Contoh yang paling populer dari platform ekonomi berbagi ini adalah Gojek, Grab, Uber, OKHome, KliknClean, Airbnb, dan masih banyak lagi.

Ada banyak sekali layanan platform ekonomi berbagi selain transportasi dan layanan membersihkan rumah seperti contoh barusan. Ekonomi berbagi ini telah membuka kemungkinan kolaborasi yang lebih besar dan menurunkan biaya layanan.

Dampak Platform Berbagi dan Ekonomi Berbasis Platform

Baik ekonomi berbasis platform dan platform ekonomi berbagi telah memberikan dampak yang sangat besar terhadap berbagai aspek kehidupan ekonomi, sosial, dan teknologi. Beberapa dampak yang dari kedua model ini adalah:

  1. Peningkatan Aksesibilitas dan Kemudahan

Pengaruh yang cukup signifikan adalah dalam hal aksesibilitas dan kemudahan. Saat ini sangat mudah dan cepat untuk mendapatkan akses ke berbagai produk maupun layanan. Baik itu produk rumah tangga, transportasi, makanan, akomodasi, dan banyak layanan lainnya. Selain mudah, berbagai layanan ini juga lebih mudah terjangkau bagi konsumen.

  1. Kesempatan Pekerjaan yang Lebih Fleksibel

Dengan adanya ekonomi berbasis platform dan platform ekonomi berbagi, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih fleksibel terbuka lebar. Misalnya saja menjadi mitra pengemudi, freelancer di berbagai platform, atau host Airbnb.

  1. Pertumbuhan Ekonomi Kreatif

Kedua konsep ini juga membuat pertumbuhan ekonomi kreatif berkembang sangat pesat. Terbukti saat ini banyak sekali YouTubers, penulis blog, dan podcaster yang bisa menghasilkan pendapatan dari konten yang mereka buat dan bagi di berbagai platform.

Penutup

Ekonomi berbasis platform dan platform ekonomi berbagi berkembang dengan sangat pesat. Selain keuntungan-keuntungan dan peluang-peluang seperti yang disebutkan tadi, tentu kedua konsep ini juga mendatangkan berbagai tantangan. Misalnya saja regulasi dan kebijakan yang sesuai.

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick