Perjalanan Eksplorasi Luar Angkasa Dulu Hingga Kini

Eksplorasi Luar Angkasa

Manusia dengan akalnya selalu ingin mencari tahu berbagai fenomena yang ada di dalam bumi. Malah, misteri di luar angkasa pun tidak luput dari perhatian para ilmuwan. Sejak dahulu, berbagai misi dijalankan untuk menggali ilmu pengetahuan yang ada di sana.

Bahkan sejumlah negara besar giat melakukan eksplorasi dengan kecanggihan teknologi masing-masing. Amerika Serikat, Rusia, hingga China seolah berlomba menjadi yang paling unggul dalam eksplorasi luar angkasa.

Kini, penelitian tentang angkasa sedang menelusuri potensi ruang tersebut untuk menjadi solusi dari berbagai permasalahan di bumi. Mungkinkah hal itu terwujud? 

Eksplorasi Luar Angkasa

Apa Itu Penjelajahan Luar Angkasa?

Menurut informasi pada laman Google Arts and Cultures, jelajah luar angkasa adalah kegiatan eksplorasi secara fisik terhadap benda-benda yang berada di luar bumi.

Jelajah antariksa melibatkan ilmu pengetahuan, teknologi, serta politik yang berkaitan dengan luar angkasa. Beberapa bentuk eksplorasi ini diantaranya adalah misi pendaratan manusia di bulan, peluncuran satelit, dan pembuatan stasiun luar angkasa.

Catatan Eksplorasi Luar Angkasa di Masa Lampau

Tidak lengkap rasanya membahas tentang eksplorasi luar angkasa tanpa mengulas penjelajahan di masa lalu. Manusia telah membukukan catatan keberhasilan dalam bidang ini. Beberapa di antaranya bahkan menjadi bagian penting dalam sejarah ilmu pengetahuan. Apa saja misi tersebut?

1. Peluncuran Sputnik 1

Sputnik 1 diluncurkan ke luar angkasa pada tahun 1957 oleh Uni Soviet. Satelit ini merupakan kebanggaan negara Soviet karena menjadi satelit pertama di dunia yang meluncur ke angkasa. Peluncuran Sputnik dilakukan melalui peluncur Kosmodrom Baykonour di Kazakhtan.  

Keberhasilan ini juga sekaligus menjadi penanda keunggulan negara tersebut dalam misi jelajah ruang angkasa. Sejak itu pula kompetisi antara Uni Soviet dan Amerika Serikat dalam mengeksporasi antariksa dimulai.

Sputnik 1 terbakar di atmosfer empat tahun setelah peluncurannya, tepatnya pada 4 Januari 1958.

2. Manusia pertama di luar angkasa

Uni Soviet kembali menyelesaikan misi eksplorasi antariksa. Seorang kosmonot bernama Yuri Gagarin berhasil menjadi manusia pertama yang sampai di luar angkasa dengan kapsul Vostok 1. Peristiwa bersejarah ini terjadi pada tanggal 12 April 1961.

Misi sulit yang dilakukan Gagarin ini menjadi cikal bakal eksplorasi yang kini dilakukan oleh para antariksawan. Keberhasilan ini juga telah menjadikannya pahlawan di negara asalnya.

3. Pendaratan pertama di bulan

Pada tanggal 20 Juli 1969, tiga orang astronot berkebangsaan Amerika Serikat berhasil menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan. 

Dalam misinya, Neil Amstrong, Michael Collin, dan EdwinAldrin bertugas mengambil citra bulan sekaligus mempelajari jenis-jenis tanah di bulan untuk kepentingan ilmu geologi bulan.

4. Peluncuran teleskop Hubble milik NASA

Pesawat ulang alik Discovery berhasil meluncurkan teleskop Hubble milik NASA. Peristiwa ini terjadi pada 25 April 1990.

Hubble tercatat sebagai salah satu teleskop paling canggih di dunia. Teleskop ini mampu menangkap gambar panorama bumi beserta 15.000 galaksi yang ada. Kemampuan tersebut membantu peneliti untuk mempelajari perkembangan galaksi di masa lalu.

5. Penerbangan pesawat antariksa pribadi pertama

Pesawat Spaceshipone dikembangkan pada tahun 2004 oleh sebuah perusahaan dirgantara asal Amerika Serikat, yakni Scaled Composites.

Spaceshipone menjadi pesawat antariksa pribadi pertama yang berhasil melintasi batas bumi. 

Teknologi ini juga menjadikan pilot Amerika, Mike Melvill, sebagai pilot antariksa komersial yang pertama di dunia.

Perjalanan Eksplorasi Luar Angkasa di Era Modern

1. Peluncuran teleskop antariksa James Webb

Teleskop ini diluncurkan di akhir tahun 2021 dari lokasi peluncuran Pusat Antariksa Guyana. Teleskop ini mampu mendeteksi kandungan atmosfer sekaligus menangkap interaksi antara atmosfer planet dengan cahaya yang berasal dari bintang yang mereka lintasi.

2. Misi eksplorasi Mars

Berbagai misi penjelajahan Mars dilakukan untuk mempelajari kehidupan di sana. Dua di antaranya adalah Perseverance peninggalan sungai kuno berupa sisa-sisa delta. Berikutnya adalah robot penjelajah Eropa yang direncanakan akan meneliti planet merah sembilan bulan lamanya.

Misi robot ini adalah menyelidiki tanda-tanda kehidupan di Mars beserta keadaan airnya di masa lalu.

3. Misi penjelajahan tata surya

Para ilmuwan melancarkan misi eksplorasi tata surya untuk mendapatkan tangkapan gambar yang menakjubkan. Hasil eksplorasi luar angkasa ini dapat membantu peneliti mengungkap proses terbentuknya tata surya. 

Eksplorasi luar angkasa menunjukkan perjalanan yang luar biasa dari kemampuan manusia dalam mendalami ilmu pengetahuan. Hingga kini, para ilmuwan masih terus bereksplorasi untuk mendapatkan penemuan-penemuan luar biasa di antariksa. 

Apakah ruang luar angkasa bisa menjadi solusi dari permasalahan bumi yang semakin padat dan kerap dilanda wabah? Tentu masih perlu dilakukan banyak penelitian yang mendalam untuk menjawab pertanyaan tersebut. Semoga bermanfaat.

https://artsandculture.google.com/entity/m0717w?hl=id
https://internasional.kompas.com/read/2019/01/11/17131731/5-momen-tak-terlupakan-dalam-sejarah-eksplorasi-luar-angkasa
https://www.kompas.com/sains/read/2022/01/01/120100923/misi-luar-angkasa-di-tahun-baru-2022-tak-hanya-eksplorasi-mars

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick