Jaga Kesehatan Mental dengan 3 Teknologi ini!

Kesehatan Mental

Kesehatan mental kini menjadi isu tersendiri di tengah-tengah masyarakat. Publik semakin sadar bahwa mental health seringkali terabaikan sehingga membawa dampak negatif dalam kehidupan.

Karena itu, sekarang banyak orang tertarik mengetahui lebih banyak tentang kesehatan mental. Sayangnya, tidak semua orang memiliki akses untuk memperoleh bantuan atau sekadar mendapat informasi yang benar. 

Untungnya, saat ini kemajuan teknologi telah menyediakan sarana seperti aplikasi untuk menjaga mental health. Berbeda dari sebelumnya, kamu bisa lebih mudah terhubung dengan penyedia layanan berkat teknologi.

Kesehatan Mental

Manfaat Teknologi untuk Kesehatan Mental

Sekarang, ada banyak aplikasi dan perangkat yang mendukung kondisi kejiwaan. Sebenarnya, apa yang ditawarkan produk teknologi tersebut? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat yang bisa kita dapatkan.

1. Memberi informasi kesehatan

Salah satu keuntungan yang diberikan oleh kemajuan teknologi informasi adalah kemudahan dalam memperoleh informasi kesehatan. 

Ada banyak situs resmi dan aplikasi kesehatan yang bisa kita akses kapan saja dan dari mana saja. Kesehatan mental selalu menjadi bagian dari layanan penyedia tersebut.

Info tentang gejala stress, mengatasi depresi, hingga kontak tenaga profesional dapat kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan mental.

2. Memberi terapi digital

Aplikasi tertentu dibuat lebih personal hingga terasa seperti teman untuk pengguna. Melalui fitur chat yang dibuat mengalir, kita merasa berbicara dengan seseorang mengenai masalah yang sedang dihadapi.

Cara seperti ini cenderung mendorong kita untuk merasa bebas dan lepas untuk berbicara layaknya sebuah sesi terapi. Alur pembicaraan dirancang agar natural dan wajar sehingga kita tidak merasa seperti menggunakan fitur chat dengan robot atau chatbot.

3. Menyesuaikan perawatan sesuai kondisi pasien

Teknologi kecerdasan buatan dapat membantu menyesuaikan perawatan dengan kondisi pasien. 

Fungsi ini bekerja dengan cara memantau sesi perawatan pasien dengan terapis. Ia akan mendeteksi perawatan apa yang sesuai dan perubahan apa yang harus dilakukan.

Tentu saja pengobatan akan berjalan lebih efektif dengan bantuan artificial intelligence ini.

4. Menghubungkan kesehatan fisik dan mental

Kecerdasan buatan juga bisa membantu dokter dalam memberi informasi jika dalam rekam medis pasien ada indikasi gangguan kejiwaan. Misalnya saja, indikasi ketergantungan pada obat penenang dan lainnya. 

5. Menawarkan penanganan yang efisien dan hemat

Teknologi membuat penanganan busa berjalan lebih efisien dan hemat biaya. Pasalnya, pada pertolongan awal, pasien bisa dibantu mendeteksi gangguan sejak dini dan diarahkan untuk pengobatan yang tepat. Alur ini tentu jauh lebih pendek dan singkat ketimbang harus langsung menemui tenaga ahli.

Akses yang mudah melalui jaringan digital juga sangat membantu memangkas biaya perjalanan. 

Contoh Perkembangan Teknologi yang Mendukung Kesehatan Mental

Sebenarnya, teknologi apa saja yang bisa kita akses untuk menjaga mental health? Beberapa yang paling populer di antaranya adalah aplikasi terapi, virtual reality, dan gawai pemantau kesehatan.

1. Aplikasi Kesehatan mental

– Aplikasi meditasi dan relaksasi.

Jika kamu membutuhkan ketenangan, kamu bisa coba menggunakan aplikasi meditasi dan relaksasi. Dengan fitur-fitur yang ditawarkan, aplikasi ini dapat bantu redakan stress dan membuat pikiran lebih rileks.

– Aplikasi konseling online

Aplikasi lainnya menawarkan layanan psikologis seperti curhat dengan sahabat. Fitur andalannya adalah konseling daring dengan tenaga profesional.

Biasanya, aplikasi ini dilengkapi juga dengan konten edukatif tentang kejiwaan dan fitur relaksasi. 

– Aplikasi journaling

Journaling disebut sebagai salah satu kegiatan yang menenangkan. Melalui aktivitas ini, seseorang bisa bebas menuangkan ekspresi dan mengelola emosinya.

Jika dahulu kegiatan ini dilakukan dengan buku harian atau diary, maka sekarang kamu bisa melakukannya lewat aplikasi. Praktis dan pastinya cukup membantu dalam menyalurkan emosi. 

2. Virtual reality

Dirangkum dari laman eraspace, teknologi virtual reality dapat mendukung terapi paparan. Dalam terapi ini, pasien dihadapkan dengan situasi yang berhubungan dengan rasa trauma secara terkendali.

Hal tersebut bertujuan untuk membuat pasien terbiasa dan tidak terlalu cemas saat memori tersebut ada dalam pikirannya.

3. Gawai pemantau kesehatan 

Gawai pemantau kesehatan dapat berupa smart band atau smart watch. Alat ini dapat merekam berbagai aktivitas fisik sehari-hari, termasuk waktu tidur.

Tidur yang berkualitas turut menentukan kondisi psikis yang baik. Dengan bantuan gawai ini, kamu bisa tahu apakah jam dan kualitas tidurmu sudah cukup. Mengabaikan waktu istirahat dan tidur berakibat pada kelelahan dan emosi yang labil.

Gunakan dengan Bijak

Semua teknologi layanan kesehatan mental dalam pembahasan ini bisa kamu akses dengan mudah. 

Tetapi, bila kecemasan dan gangguan lainnya dirasa tidak hilang setelah menggunakan layanan ini, jangan ragu untuk segera menghubungi tenaga profesional. Jangan pernah merasa malu untuk mendapatkan bantuan psikologis lebih lanjut.

Demikian ulasan mengenai teknologi yang mendukung kesehatan mental. Manfaatkan kemudahan akses dan biaya yang terjangkau untuk mendapatkan informasi dan bantuan psikologis yang tepat. Semoga bermanfaat.

https://glair.ai/blog-posts-id/manfaat-dan-kekurangan-artificial-intelligence-untuk-kesehatan-mental
https://www.generali.co.id/id/healthyliving/detail/114/jaga-kesehatan-mental-dengan-bantuan-teknologi
https://eraspace.com/artikel/post/siapa-sangka-4-alasan-ini-yang-membuat-teknologi-mampu-meningkatkan-kesehatan-mental

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick