5 Cara Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi, Banyak Manfaatnya!

Cara Tingkatkan Kreativitas

Sikap kreatif dan inovatif sering diperlukan dalam pekerjaan maupun kegiatan sehari-hari. Hanya saja, tidak jarang pikiran kita mengalami ‘mentok’ alias kehabisan ide.

Jangan biarkan situasi tersebut terjadi berkepanjangan hingga kamu kurang semangat bekerja. Nyatanya, ada cara tingkatkan kreativitas yang bisa kita lakukan supaya bisa menyiasati pikiran buntu.

Yuk, cari tahu kiat-kiatnya dan coba kita terapkan. Ternyata banyak manfaatnya, lho!

Cara Tingkatkan Kreativitas

Apa itu Sebenarnya Kreativitas dan Inovasi?

Walaupun sering mendengar kata ini, tahukah kamu apa sebenarnya arti kreativitas itu?

Dilansir dari laman Glints, kreativitas adalah upaya untuk menghasilkan sebuah pemikiran atau ide. 

Menurut Business Insider, kreativitas bisa didapatkan melalui uji coba pikiran dan mengolah segala sesuatu yang diterima oleh pancaindera lalu mewujudkannya dalam bentuk ide.

Kreativitas tidak sama dengan inovasi. Menurut seorang ahli, Andrew H. Van de Ven, inovasi adalah sebuah ide yang telah diterima sebagai sesuatu yang baru dan disetujui untuk diterapkan.

Inovasi bertujuan untuk menemukan penemuan atau produk baru yang lebih baik yang memiliki manfaat lebih besar untuk pribadi maupun lingkungan.

Apa Saja Cara Untuk Meningkatkan Kreativitas?

Sekarang, bagaimana caranya agar kita bisa selalu kreatif dalam menyelesaikan pekerjaan? Tidak dapat dipungkiri, seringkali kita mengalami kebuntuan karena jenuh atau terlalu terpaku pada rutinitas.

Berikut kiat untuk menjaga dan meningkatkan kreativitas yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bekerja dengan cara kreatif

Pancing kreativitas yang buntu dengan metode berpikir yang berbeda dari biasanya. Terbukalah untuk metode seperti mind mapping, snowball, dan six hats.

Selain memancing ide kreatif, cara berpikir terpola seperti itu akan membuat aktivitas berjalan efektif dan lebih cepat selesai.

2. Mengamati lingkungan sekitar 

Cara meningkatkan kreativitas selanjutnya adalah dengan mengambil jeda sejenak dari rutinitas dan amati lingkungan sekitar. 

Luangkan waktu untuk berjalan kaki lalu perhatikan kegiatan rekan kerja, perilaku orang di perjalanan, hingga aktivitas di dekat tempat tinggal. Biarkan pikiran mengalir saat melakukan pengamatan. Buat catatan mengenai apapun yang menarik perhatianmu.

3. Mendengarkan musik dan suara alam

Pilihan aktivitas lain saat mencari inspirasi adalah mendengarkan musik kesukaan. Biasanya, mood akan membaik saat mendengar musik favorit. Bekerja pun jadi lebih semangat.

Jika kamu menyukai ketenangan, kamu bisa coba mendengar suara alam. Misalnya saja suara gemericik air, kicau burung, atau deburan ombak. Tidak perlu pergi jauh, kamu bisa dengarkan berbagai macam suara alam melalui aplikasi di smartphone.

4. Membaca

Membaca adalah salah satu jalan untuk mendapatkan inspirasi. Dari mulai fiksi, non fiksi, hingga buku motivasi yang inspiratif bisa kamu manfaatkan untuk memunculkan ide kreatif.

5. Berdiskusi

Terakhir, kamu bisa sering berdiskusi untuk meningkatkan kreativitas. Diskusi akan memperkaya wawasan dan sudut pandang. 

Selain dengan rekan kerja, kamu juga bisa bertukar wawasan di dalam forum atau komunitas online. Dengan begitu, kamu bisa sekaligus memperluas jaringan sosial. 

Manfaat Kreativitas dalam Kehidupan

Sikap kreatif memang dibutuhkan dalam kehidupan. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, kreativitas memang memberikan manfaat untuk berbagai aktivitas. Apa saja manfaat tersebut?

1. Menciptakan solusi 

Kreativitas membuat kita berpikir dari sudut pandang berbeda. Selain itu, sikap kreatif mendorong orang untuk terbuka pada banyak kemungkinan saat menghadapi masalah. Dengan demikian, solusi pun cenderung lebih mudah ditemukan.

2. Membuat hidup lebih bermakna

Orang yang berpikir kreatif juga lebih bisa melihat peluang dalam berbagai kondisi. Mereka bersifat terbuka pada kemungkinan lain dan bersedia melakukan sesuatu di luar kebiasaan.

Pembawaan tersebut membuat seseorang menjadi lebih bersemangat, tidak mudah putus asa dan tidak mudah bosan. Karena itu, hidup menjadi lebih bermakna.

3. Membuka peluang inovasi

Kreativitas dan inovasi memang berjalan beriringan. Inovasi merupakan bentuk implementasi dari sebuah ide kreatif. Dengan banyaknya manusia yang berpikir kreatif, maka inovasi akan terus bermunculan.

Pembaruan yang menawarkan perbaikan dan manfaat bagi masyarakat tentu selalu dibutuhkan.

4. Meningkatkan peluang kesuksesan usaha 

Apa kaitan antara kreativitas dan kesuksesan? Kreativitas sangat diperlukan dalam pekerjaan. Setiap tahap usaha dari mulai perencanaan hingga pemasaran membutuhkan ide kreatif.

Pemikiran ini akan membuat bisnis memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri. Hal tersebut penting dimiliki mengingat persaingan usaha yang ketat di lapangan.

5. Meningkatkan kualitas hidup manusia

Ide kreatif yang melahirkan inovasi turut berperan dalam meningkatkan kualitas hidup manusia. Hal ini karena inovasi selalu dibuat lebih baik dan lebih bermanfaat dari produk pendahulunya. 

Karena itu, kreativitas diperlukan untuk bisa menjadi awal munculnya pembaruan positif. Dengan kehadiran produk inovasi tersebut, kehidupan masyarakat pun akan terbantu.

Demikian ulasan mengenai cara meningkatkan kreativitas. Terus kembangkan kreativitas tersebut supaya bisa turut serta menciptakan inovasi positif untuk masyarakat. Semoga bisa menjadi inspirasi.

https://www.sodexo.co.id/cara-meningkatkan-kreativitas/

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lewatkan informasi terbaru dari kami. Silakan berlangganan buletin kami.

Recent News

Editor's Pick